in

5 Sajian Sambal Khas Indonesia yang Pedasnya Bikin Mata Melotot

cover sambal
cover sambal

Siapa yang suka makan sambal? Rata-rata orang Indonesia memang sangat menyukai sambal. Buktinya sering sekali masyarakat Indonesia yang saat makan selalu mencari-cari sambal. Rasanya seperti ada yang hilang jika makan tanpa ada rasa pedas-pedasnya.

Karena itulah, di Indonesia ada beraneka ragam jenis sambal. Keberagaman tersebut datang dari berbagai daerah, yang tentunya masing-masing mempunyai citarasa tersendiri. Dan berikut telah team Boombastis rangkum sambal-sambal yang populer di Indonesia.

1. Sambal Terasi

Sambel Terasi terbuat dari cabai merah, cabai rawit, tomat, garam, bawang merah, bawang putih dan tidak ketinggalan yakni terasi itu sendiri. Bahan-bahan tadi kemudian diuleg lalu ditumis sebentar, tapi ada juga yang tidak di tumis.

Sambel terasi yang paling populer
Sambel terasi yang paling populer [imagesource]
Di beberapa daerah ada yang menambahkan gula ke dalam campurannya. Sambal Terasi merupakan sambal yang paling populer di berbagai daerah. Karena memang, dari proses membuatnya terbilang sangatlah mudah. Kalau rasanya sih sudah tak perlu diragukan lagi deh, apalagi kalau dimakan bersama lalapan.

2. Sambal Bajak

Kalau yang satu ini berasal dari daerah Jawa Tengah nih. Bahan-bahan yang menjadi campuran sambal ini hampir sama dengan bahan untuk membuat sambal terasi. Tapi ada beberapa bahan tambahan seperti lengkuas, serai, daun salam, asam jawa dan juga gula merah.

Sambal bajak, sangat pedas dan nikmat
Sambal bajak, sangat pedas dan nikmat [imagesource]
Bahan-bahan dalam sambal bajak, setelah diuleg biasanya akan digoreng terlebih dahulu. Rasa pedasnya benar-benar menggoyang lidah. Paling nikmat sih kalau disantap bersama nasi panas lauk tahu, tempe dan juga ayam goreng.

3. Sambal Lado Hijau

Sambal Lado Hijau ini berasal dari Sumatra Barat. Sambal ini dapat kamu temui dengan mudah hampir di setiap warung nasi padang. Sambal ini tidak terbuat dari cabai merah, melainkan dari cabai hijau dan tomat hijau yang diuleg kasar beserta bawang merah dan juga garam.

Sambal lado mudo, berbahan dasar cabai hijau
Sambal lado mudo, berbahan dasar cabai hijau [imagesource]
Meskipun warna hijaunya kurang menarik dan terasa sedikit bau langu, akan tetapi nikmatnya Sambal Lado HIjau atau juga disebut Sambal Lado Mudo tidak hilang. Sangat cocok dinikmati bersama nasi panas dan masakan khas Sumatra Barat seperti gulai ataupun rendang.

4. Sambal Kecap

Ya, sesuai namanya sambal ini berbahan dasar kecap. Di dalamnya terdapat potongan bawang merah, cabai merah, cabai rawit hijau, tomat dan juga jeruk nipis. Akan ada percampuran rasa antara pedas dan juga manis saat memakannya.

Sambal kecap, bahannya hanya dipotong-potong
Sambal kecap, bahannya hanya dipotong-potong [imagesource]
Sambal ini cocok banget buat kamu yang tidak terlalu kuat dengan rasa pedas. Biasanya, Sambal Kecap sangat enak jika dinikmati bersama ikan goreng, ikan bakar dan juga sate. Kamu pernah mencoba sambal yang satu ini tidak readers?

5. Sambal Mangga

Apa rasanya ya, jika sebuah sambal dicampur dengan buah Mangga? Tentunya sangat nikmat dong. Jika pada sambal kecap ada percampuran rasa pedas dengan manis, kalau pada Sambal Mangga akan ada percampuran rasa pedas dan juga asam.

Sambal mangga, berbahan dasar mangga muda
Sambal mangga, berbahan dasar mangga muda [imagesource]
Buah mangga muda akan dipotong tipis-tipis, kemudian dicampur dengan cabe rawit, gula merah dan terasi bakar yang telah diuleg sebelumnya. Cocok banget dimakan dengan seafood seperti udang bakar, cumi bakar ataupun ikan bakar.

Itulah tadi beberapa sambal yang ada di Indonesia. Rasanya pedas, manis, gurih, asam dan yang pasti sangatlah nikmat. Kalau dari daerah readers sendiri, sambal apa lagi nih yang rasanya tak kalah nikmat dengan aneka sambal yang ada di atas?

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

7 Diktator Paling Gila Sepanjang Masa

5 Rider MotoGP ini jadi Saingan Paling Berat Valentino Rossi Sepanjang Karirnya