Sebelum Menyesal, 7 Hal Ini Perlu Dipahami Kamu yang Saldo Tabungannya Sering Kosong di Usia 20-an

oleh Ayu
12:41 PM on Apr 29, 2016

Meski jaman sekarang uang jajan mahasiswa atau freshgraduate terbilang lebih tinggi dibanding beberapa tahun yang lalu, ternyata masih banyak muda-mudi ngenes secara finansial, bahkan sebelum tanggal tua tiba. Kalau dilihat dari gaya hidup masa kini yang cafe menjamur di mana-mana dan beli paketan internet sudah seperti beli air minum, ya nggak heran juga.

Muda-mudi jaman kita juga banyak yang mengalami paceklik akibat saldo tabungan nggak pernah awet. Padahal sudah mati-matian menjaga diri dari hawa nafsu beli gadget sampai upgrade motor.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Nah, biar kamu nggak selalu mengalami penderitaan ini, masih ada waktu kok untuk memperbaiki keadaan dan jadi muda-mudi yang lebih mapan sampai 10 tahun ke depan. Nih, Boombastis kasih tahu caranya.

1. Kamu Harus Tahu, Lebih Mudah Menghabiskan Uang daripada Mencarinya

Buat kamu yang masih ikut orang tua, mungkin hal ini nggak berasa. Tapi kalau setidaknya kamu pernah nyobain freelance, magang yang sambil dibayar atau jadi agen yang jualan di berbagai forum belanja, maka kamu akan tahu susahnya cari duit dan mudahnya duit itu ludes dalam sekejap.

Kamu Harus Tahu, Lebih Mudah Menghabiskan Uang daripada Mencarinya [ Image Source ]
Kamu Harus Tahu, Lebih Mudah Menghabiskan Uang daripada Mencarinya [ Image Source ]
Nah, hal ini masih akan terus terjadi sampai kamu tua nanti. Kalau dari sekarang aja kamu masih sembrono dan tergantung dengan orang lain dalam masalah uang, ngenes deh membayangkan gimana kamu 5 sampai 10 tahun ke depan.

2. Kebutuhanmu Masih Banyak, Jangan Habiskan Uang Agar Tak Gigit Jari

Kuliah, bensin, kesehatan, pacaran, bahkan menikah itu butuh biaya, dan perlu dipikirkan mulai dari sekarang. Menabung itu meski cuma ngumpulin receh di celana setiap kali pulang ke rumah, lama-lama juga jadi banyak kok. Yang penting itu niatnya. Kalau kamu nunggu duit gede yang ditabung, rasanya itu hampir mustahil. Sedikit-sedikit aja, yang penting rutin dan jangan gampang tergoda beli bakso atau gorengan.

Jadi, Menyimpan Uang Itu Perlu, Meski Sedikit demi Sedikit [ Image Source ]
Jadi, Menyimpan Uang Itu Perlu, Meski Sedikit demi Sedikit [ Image Source ]

3. Kalau Mau Menghabiskan Uang, 3 Hal Ini Lebih Penting Buat Didulukan

Menuruti gaya hidup dan tren itu tidak akan pernah ada habisnya. Elektronik, gadget, aksesoris motor, pernak-pernik hobi dan sejenisnya, masih bisa menunggu kok untuk dibeli. Yang harus kamu cari lebih dulu itu ilmu, buku, dan pengalaman. Jadi investasikan uangmu untuk 3 hal itu, misalnya kursus, buka usaha, beli buku tutorial yang berguna. Intinya sesuatu yang bisa menghasilkan dan tidak cuma jadi kesenangan yang berujung kesia-siaan, guys.

Kalau Mau Menghabiskan Uang, 3 Hal Ini Lebih Penting Buat Didulukan [ Image Source ]
Kalau Mau Menghabiskan Uang, 3 Hal Ini Lebih Penting Buat Didulukan [ Image Source ]

4. Coba Kerja Sampingan, Kalau Susah Sendiri Lebih Baik Bersama Teman

Buat kalian yang masih ‘berhati lemah’ buat terjun langsung ke dunia kerja, lebih baik coba kerja sampingan. Jualan pulsa, jasa penerjemah, kurir dan sebagainya. Kalau susah sendirian, jangan malu ajak teman. Pastinya yang bisa diajak kerjasama, agar berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing.

Coba Kerja Sampingan, Kalau Susah Sendiri Lebih Baik Bersama Teman [ Image Source ]
Coba Kerja Sampingan, Kalau Susah Sendiri Lebih Baik Bersama Teman [ Image Source ]

5. Uang yang Disimpan Terus Nggak Akan Berkembang Biak, Coba Dijadikan Modal Usaha

Mau mengumpulkan uang di bank atau di celengan, uang itu nggak akan beranak pinak sendiri. Coba ambil sebagian dan coba bikin ide usahamu sendiri. Jaman sekarang, banyak lho bisnis yang dipelopor kalangan usia 20-an. Kalau kamu sudah mendapatkan ilmu dan pengalaman dari nomor 3, kolaborasikan dengan modal uang yang kamu punya. Awalnya mungkin untuk mencari uang buatmu sendiri. Lama-lama, kamu akan makin banyak pengalaman dan tahu apa tujuan mencari uang sebenarnya.

Uang yang Disimpan Terus Nggak Akan Berkembang Biak, Coba Dijadikan Modal Usaha [ Image Source ]
Uang yang Disimpan Terus Nggak Akan Berkembang Biak, Coba Dijadikan Modal Usaha [ Image Source ]

6. Jangan Lupa Berbagi, Itu Tidak Akan Mengurangi Rejeki

Karena mencari uang itu tidak akan ada habisnya, coba deh kamu pikirkan, mau dipakai apalagi uang itu selain untukmu sendiri. Tidak ada salahnya lho berbagi dengan orang lain, justru rejekimu akan bertambah. Dan entah bagaimana, nominal uang yang sepertinya nggak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan, nyatanya cukup untuk digunakan. Buat kamu yang muslim, jangan lupa sholat dhuha juga ya. Ibadahnya ringan, tapi bisa menambah

Jangan Lupa Berbagi, Itu Tidak Akan Mengurangi Rejeki [ Image Source ]
Jangan Lupa Berbagi, Itu Tidak Akan Mengurangi Rejeki [ Image Source ]

7. Lebih Baik Nggak Makan Rendang, Daripada Sengsara karena Utang

Well, kalimat di atas cuma perumpamaan sih. Karena rendang itu enak banget, jadi ya tetep dimakan lah kalau ada. Yang dimaksud adalah, usahakan jangan hutang atau pinjam-meminjam uang. Apalagi kalau cuma untuk urusan lifestyle seperti makanan kekinian, gadget dan sejenisnya. Percayalah, utang itu mungkin awalnya kecil, tapi seringnya berujung bagai benang kusut kalau nggak kuat iman.

Uangmu habis kebanyakan karena beli game dan pernik lainnya [Image source]
Uangmu habis kebanyakan karena beli game dan pernik lainnya [Image source]
Nah, semoga beberapa poin di atas bisa jadi inspirasimu untuk menabung sejak dini dan menghindarkanmu dari masa depan yang tercekik karena utang atau kehabisan uang. Semoga bermanfaat ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA