5 Kesalahan Presepsi Yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini

oleh Febri
15:00 PM on Oct 22, 2015

Presepsi atau sudut pandang adalah penilaian seseorang terhadap sesuatu. Bisa orang, bisa suatu kelompok atau mungkin aktivitas manusia. Memang boleh-boleh saja memberikan presepsi sesuai pandangan masing-masing orang berdasarkan isu-isu yang beredar di masyarakat, tapi kita tidak boleh percaya begitu saja tanpa tahu yang sebenarnya.

Karena ternyata, tak semua presepsi yang diyakini kebanyakan orang selama ini, itu benar. Terkadang pendangan orang bisa saja salah dan jauh dari kenyataan. Contohnya seperti beberapa presepsi salah berikut ini.

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

1. Yahudi Itu Israel

Presepsi tentang golongan Yahudi yang sama artinya dengan Israel adalah sebuah pemahaman yang keliru. Karena faktanya, tak semua orang Yahudi adalah orang Israel juga tak semuanya mendukung tindakan-tindakan keji yang dilakukan oleh bangsa Israel.

Yahudi Itu Israel
Yahudi Itu Israel [image source]
Orang Yahudi tidak bisa serta merta diidentikan dengan Israel hanya karena faktor sejarahnya saja. Karena golongan Yahudi sendiri adalah golongan yang tidak diikat hanya dalam satu bahasa dan budaya saja. Penganutnya juga terdiri dari berbagai ras manusia. Dewasa ini ada lebih dari 13 juta orang yahudi yang tersebar seluruh dunia.

2. Teroris Itu Islam

Ini sudah jelas-jelas salah bagi umat Islam. Tapi bagi umat yang beraga lain, pandangan bahwa Islam itu teroris masih saja ada di benak mereka. Hal ini karena adanya oknum-oknum tak bertanggung jawab yang melakukan aksi terorisme dengan dalih jihad di Jalan Allah SWT.

Teroris Itu Islam
Teroris Itu Islam [image source]
Padahal secara tegas Islam melarang aksi terorisme. Islam adalah agama yang mengajarkan tentang kasih sayang dan keselamatan. Rasulullah SAW bersabda, ” Barang siapa tidak menyayangi manusia, Allah tidak akan menyayanginya. (H.R. Turmudzi). Maka sudah jelas presepsi bahwa islam itu adalah agama teroris merupakan presepsi yang salah kaprah.

3. Cewek Kalah Dengan Cowok

Untuk soal kekuatan fisik memang rata-rata para cewek memiliki tubuh yang tak sekuat para cowok. Tapi ternyata cewek tak selalu kalah dengan cowok. Untuk urusan kemauan, cewek memiliki kemauan dan mental yang lebih kuat daripada cowok.

Cewek Kalah Dengan Cowok
Cewek Kalah Dengan Cowok [image source]
Hal itu berpengaruh juga pada ketahanan tubunya. Cewek lebih tahan terhadap suhu yang berubah-ubah, rasa lapar dan haus, termasuk juga paparan penyakit dan radiasi. Bahkan sebagian besar cewek memiliki umur yang lebih lama daripada cowok

4. 8 Gelas Per Hari

Salah satu pola hidup sehat yang sangat dianjurkan adalah dengan banyak minum air putih. Mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang menganjurkan minum air putih minimal 8 gelas per hari demi mendapatkan tubuh yang sehat. Anggapan sehat dengan minum 8 gelas per hari ini mulai dikenalkan sejak tahun 1945 oleh Nutrition Board of the National Research.

Minum Air
Minum Air [image source]
Tapi ternyata yang dimaksud Nutrition Board of the National Research tentang 8 gelas per hari itu bukan hanya dari air putih saja. Tapi termasuk juga minuman kopi, jus, minuman ringan lainnya dan makanan yang mengandung air

5. Minum Es Bikin Pilek

Pernah merasa kecewa ketika orang tua tidak mengijinkan Anda mengkonsumsi es seperti es buah, es jus, maupun es krim dengan alasan takut batuk atau pilek? Tak bisa dipungkiri presepsi bahwa air es dapat menyebabkan pilek masih diyakini oleh sebagian besar masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Minum Es Bikin Pilek
Minum Es Bikin Pilek [image source]
Faktanya hal itu sama sekali tidak benar, karena flu atau pilek dipicu oleh virus RNA yang biasanya menyebar melalui udara. Dan tak ada hubungannya dengan mengkonsumsi air es. Apalagi jika itu adalah es jus atau es krim. Karena logikanya, jus buah yang kaya akan vitamin justru akan membuat daya tahan tubuh miningkat.

Itulah lima kesalahan presepsi yang masih diyakini hingga saat ini. Sekali lagi, memiliki presepsi terhadap sesuatu atau orang lain itu boleh-boleh saja, tapi tidak boleh asal-asalan ya. Presepsi atau anggapan harus berdasarkan fakta, tidak asal percaya dan ikut-ikutan dengan presepsi di masyarakat yang ternyata salah kaprah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA