Nih, 7 Cara Sahur Tepat Waktu Sebelum Keburu Imsak

oleh Adi Nugroho
07:55 AM on Jun 21, 2015

Beberapa orang sih gampang bangun sahur, terus makan dan balik ngebo lagi. Namun banyak tuh yang bangun aja susah. Boro-boro mau makan sahur, mau minum air saja imsyak sudah berkumandang. Akhirnya gagal sahur, nggak bisa tidur lagi gara-gara kelaperan dan siangnya kayak mayah hidup. Bawaannya lemes terus, pengennya Cuma tidur biar enggak batal puasa.

Nih, ada tujuh hal hebat bisa kita lakuinkalo pengen bangun sahur tepat waktu. Dijamin bakalan melek lebar. Enggak ngantuk lagi dan bisa ngabisin sepiring nasi. Nggak percaya? Nih coba baca dan buktiin sendiri!

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Bagi Yang Jomblo, Cepetan Cari Pacar, Minim Gebetan, lah!

Masalah utama kita nggak bisa bangun tuh karena nggak ada yang bangunin. Terutama orang-orang yang ngekos, atau tinggal jauh dari ortu. Bisa dipastiin, sebulan puasa Cuma beberapa kali bangun sahur, beberapa yang lain keburu imsyak dan cuma bisa nenggak air putih dua gelas buat ganjel.

Jomblo [image source]
Jomblo [image source]
Makanya cari pacar, deh! Minta pacar buat bangunin tepat waktu. Kalau perlu sejam sebelum imsyak, biar pas bangun enggak keburu-buru. Makan kan kudu santai, kalau keburu-buru juga bisa bikin keselek. Kalau nggak punya pacar ya cari gebetan lah, atau adik ketemu gede, atau siapapun yang kalo denger suaranya, rasanya gak pengen tidur lagi. Win-win solution. Hari ini minta dibangunin, besok gantian deh. Kalau tetep nggak bisa? Minta bangunin ibu kos saja sana!

2. Hidupin Semua Alarm, Kalau Perlu Beli Alarm Yang Banyak

Kalau punya tiga hape, coba semua alarmnya dihidupin. Setel semua dengan volume tertinggi. Pilih nada dering yang paling annoying dan ngagetin, kalau bisa suara penyanyi rock yang lagi teriak! Untuk menghindari tangan jahil kita yang main matiin alarm gara-gara nggak sadar. Coba letakkan hape agak jauh dari kasur. Kalau perlu sembunyiin di bawah kasur.

Nyalain Semua Alarm [image source]
Nyalain Semua Alarm [image source]
Cara kuno sih sebenarnya. Sejak jaman baheula cara alarm sering digunakan. Tapi nggak ada salahnya juga kan? Lha pacar dan gebetan nggak ada. Ibu kos killer bener. Yasudah jalan satu-satunya ngagetin diri pake alarm. Kalau masih kurang, beli jam alarm. Kalau masih kurang lagi. Coba dikasih speaker aktif biar langsung nyeprong di telinga. Kalau masih nggak bangun, ke THT saja!

3. Bayar Seseorang Buat Nyiram Air Ke Wajah Kita

Ke dokter THT mahal, bro! Lagian duit THR bisa habis kalau Cuma mau benerin telinga. Oke kita pakai cara lain yang lebih efisien dan memiliki tingkat keberhasilan super duper tinggi. Cara ini diyakini memiliki tingkat keberhasilan 100%. Kebangetan kalau tetep nggak bisa bangun, serius!

Guyur Pakai Air [image source]
Guyur Pakai Air [image source]
Minta deh siapa saja buat nyiram pake air. Kalau di rumah minta ibu atau bapak. Kalau perlu air dari kulkas yang ademnya amit-amit. Kalau di kos minta adik kos atau temen kos nyiram pakai air kram. Bayar mereka kalau mereka nggak mau. Janjiin segeles takjil kek, atau kurma tiga butir. Satu guyur, semua masalah beres! Sadis sih, tapi kalo kita kebangetan nggak bisa bangunnya, ini bisa jadi salah satu opsi terbaik.

4. Berdoalah Sebelum Tidur dan Minta Dibangunin Sama Malaikat

Cara ini mungkin terdengar agak beda dari tiga cara sebelumnya. Tapi sungguh. Kalau kita tidur dengan berdoa. Lalu dalam hati minta dibangunin saat sahur. Viola! Belum waktunya sahur kita sudah bangun. Kayak ada yang bangunin, entah apa. Ya, anggep saja malaikat yang bangunin kita.

Berdoa Sebelum Tidur [image source]
Berdoa Sebelum Tidur [image source]
Sebenarnya tubuh kita itu punya jam tidur dan bangun sendiri. Kita bisa ngatur kok. Misal kita pengen bangun jam 3. Maka jam 3 kurang pasti bangun. Coba saja dan buktiin sendiri kalau nggak percaya. Tapi kalau tetep nggak bangun ya emang dasarnya saja jago ngebo.

5. Nyewa Tukang Ronda Buat Konser di Depan Rumah

Hal khas dari bulan puasa adalah banyaknya tukang ronda dadakan. Padahal pas hari biasa saja males-malesan. Alasannya males lah, adem lah, nggak ada temannya lah. Nah pas bulan puasa, tukang ronda bakalan membanjir. Bahkan baru jam 2 pagi sudah banyak yang heboh pukul-pukul kentongan atau galon.

Kentongan Ronda [image source]
Kentongan Ronda [image source]
Nah, sewalah para tukang ronda itu. Janjiin uang THR kek, atau dibeliin baju nanti pas mau lebaran. Minta mereka buat nabuh kentongan sekeras-kerasnya di depan rumah. Dan jangan suruh berhenti sebelum kita bangun. Dijamin cara ini berjalan dengan baik. Anda bisa cepet loncat dari kasur dan makan dengan lahap. Buktiin!

6. Tidur Deket Dapur Biar Kalau Ada Aroma Nikmat Makanan Hidung Akan Membangunkanmu

Kalau telinga sudah tak lagi memberikan harapan untuk membangunkan kita saat sahur. Maka berikan tanggung jawab itu kepada hidung. Syarat utamanya adalah tidur di deket dapur. Kita pekerjakan hidung mungil kita menjadi alat hebat yang dapat mengenali bau makanan yang sedang di masak di dapur.

Tidur di Dapur [image source]
Tidur di Dapur [image source]
Hidung kita yang hebat bakalan ngirim sinyal ke otak: bangun woy sudah waktunya makan sahur, Emak elu masak ayam goreng pake sambel nih. Nggak bangun habis ntar! Dijamin aroma nikmat akan membangunkan kita!

7. Yasudahlah Pasrah, Nggak Usah Tidur

Kalau apa-apa udah nggak bisa. Yausdah jangan tidur. Habis Sholat Tarawih bisa tadarus dulu di Masjid. Lalu pulang ke rumah buat baca atau nonton TV. Kalau ngantuk ganjel pake kopi atau cuci muka terus menerus. Dijamin kita bakalan enggak telat buat sahur.

Nggak Usah Tidur [image source]
Nggak Usah Tidur [image source]
Namun cara ini nggak disarankan. Karena bikin siklus tidur kita jadi berantakan. Yang ada seminggu puasa kita jatuh sakit gara-gara jarang tidur. Kalau nggak bisa bangun sahur ya, berusahalah buat bertahan di hari puasa yang panas dan menyiksa tenggorokan. Kalau emang niat pasti bisa kok.

Sahur atau pun tidak sebenarnya nggak begitu ngaruh dengan performa kita saat puasa. Yang penting jangan lupa niat. Takutnya udah sahur, sudah laper seharian, eh niatnya kelupaan. Kan jadi rugi. Apa yang kita lakuin seharian nggak dapet apa-apa. Selalulah fokus dan bersungguh-sungguh saat berpuasa. Marhaban Ya Ramadhan!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA