Inilah 4 Negara Berpengaruh yang Menjadi Sahabat Dekat Korea Utara

oleh Adi Nugroho
08:52 AM on Mar 30, 2016

Korea Utara adalah negara paling dibenci di dunia. Negara ini banyak sekali melakukan hal aneh-aneh seperti ancaman nuklir hingga membuat warganya sendiri menderita. Korea Utara yang dipimpin oleh keluarga Kim menjelma menjadi negara paling berbahaya hingga tak ada negara yang mau mendekat. Mencari-cari negara yang bersahabat dengan Korea Utara sama halnya mencari jarum di dalam jerami.

Meski negeri ini dikenal sangat berbahaya. Bahkan membuat negara di sekitarnya ketar-ketir, Korea Utara masih punya negara sahabat. Korea Utara masih memiliki hubungan bilateral yang cukup baik dengan beberapa negara yang masih sepaham dengan mereka. Dan inilah 4 negara berpengaruh yang menjadi sahabat dekat dari Korea Utara.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Rusia

Rusia adalah salah satu negara yang menjadi sahabat baru dari Korea Utara yang sangat mengerikan itu. Pada tahun 2015, kedua negara ini mendeklarasikan “a year freindship” yang cukup meriah. Rusia adalah negara pengganti Tiongkok yang dalam beberapa tahun terakhir mulai memiliki konflik dengan Korea Utara dalam beberapa bidang yang vital.

Rusia dan Korea Utara [image source]
Rusia dan Korea Utara [image source]
Korea Utara mulai mengembangkan hubungan diplomasi, bisnis, dan kontrak budaya dengan Rusia. Hubungan yang baik antara kedua negara ditandai dengan pengurangan beberapa utang Korea Utara sebanyak 10 miliar dolar dan penanaman modal sebesar 20 miliar dolar di sektor infrastruktur negeri ini. Hubungan dengan Rusia ini membuat Korea Utara sedikit terbantu karena dalam beberapa tahun mengalami kemerosotan ekonomi yang cukup parah.

2. Bulgaria

Korea Utara dan Bulgaria memiliki hubungan yang sangat baik sejak dahulu kala. Hubungan baik ini diresmikan pertama kali pada tahun 1948, lalu pada tahun 1970 terjadi persetujuan budaya dan juga ilmu pengetahuan. Pada zaman Kim Il-sung menjabat, negeri ini telah dikunjungi olehnya lebih dari satu kali. Bahkan menjadi sekutu resmi Korea Utara di dataran Eropa.

pertandingan persahabatan Korea Utara dan Bulgaria [image source]
pertandingan persahabatan Korea Utara dan Bulgaria [image source]
Saat paham komunis sudah runtuh di Eropa bagian timur, dua negara ini masih berhubungan dengan baik. Bahkan Korea Utara sengaja membentuk departemen Bahasa Bulgarian untuk menghormati hubungan baik ini. Dua negara ini terus melanjutkan hubungan baik itu sampai sekarang (terutama dalam bidang olah raga) meski Korea Utara memiliki banyak musuh di dunia.

3. Tiongkok

Kedua negara ini bida dibilang memiliki hubungan yang cukup baik di masa lalu. Bahkan Tiongkok adalah pendukung saat negeri ini melawan Amerika. Tak sedikit bantuan yang diberikan oleh Tiongkok ke negeri ini, apalagi Tiongkok punya misi tersembunyi terhadap hubungan Korea Selatan dan Amerika. Membantu Korea Utara sama halnya melancarkan misi mata-mata.

Korea Utara dan Tiongkok [image source]
Korea Utara dan Tiongkok [image source]
Sayangnya hubungan baik Korea Utara dan Tiongkok akhir-akhir ini agak merenggang. Ibarat sahabat, sedang ada percekcokan yang cukup parah. Hal ini bisa terjadi karena Korea Utara mengembangkan program senjata nuklir secara masif. Protes yang diberikan oleh Tiongkok pun dianggap sebagai angin lalu.

4. Kuba

Hubungan baik antara Kuba dan Korea Utara sudah terjadi pada tahun 1960. Bahkan Kuba meniru beberapa hal dari Korea Utara untuk diterapkan di negaranya. Kesamaan ideologi komunis membuat dua negeri ini berteman dengan baik. Bahkan pada tahun 1986, Fidel Castro mengunjungi Korea Utara untuk semakin mendekatkan diri kepada sahabat jauhnya.

Perayaan hubungan diplomasi Korea Utara dan Kuba [image source]
Perayaan hubungan diplomasi Korea Utara dan Kuba [image source]
Setelah berpuluh-puluh tahun, hubungan baik kedua negara masih terjalin dengan baik. Bahkan pada tahun 2013 silam, sebuah kapal Korea Utara berlayar menyeberangi kanal Panama sambil membawa senjata dari Kuba. Diperkirakan senjata ini akan diperbaiki di Korea Utara lalu dikembalikan ke Kuba.

Inilah empat negara yang sampai sekarang masih menjadi sahabat baik Korea Utara. Meski konflik kerap menyertai terutama masalah senjata nuklir, Korea Utara sepertinya masih dipandang sebagai negara yang kuat hingga wajib diperhitungkan. Oh ya, bagaimana hubungan Korea Utara dengan Indonesia ya sobat Boombatis?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA