5 Ciri Sahabat Sejati Dunia dan Akhirat

oleh Sofia Fitriani
09:22 AM on Apr 18, 2015

Manusia memang terlahir untuk menjadi makhluk sosial. Allah menciptakan hambaNya tak bisa lepas dari orang lain, mereka tidak bisa melakukan semuanya sendirian dan pastilah membutuhkan pertolongan atau bantuan dari orang lain di sekitarnya. Namun masih banyak di antara kita yang sombong dan merasa tidak membutuhkan orang lain. Padahal ketika kita baru dilahirkan saja, kita membutuhkan bantuan orang lain yang membantu proses persalinan Ibu kita.

Kemudian ketika kelak kita mati, kita membutuhkan orang lain yang mau memandikan kita, merawat dan mengkafani jenazah kita, bahkan sampai menyolatkan dan menguburkannya. Karena tidak mungkin kita bisa sholat sendiri atau mengubur diri kita sendiri bukan?

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Itulah mengapa, sebuah fitrah atau manusiawi jika kita merasa kesepian saat kita sedang merasakan kesedihan, masalah yang rumit, atau bahkan untuk sekedar berbagi kebahagiaan yang kita miliki, kita membutuhkan seseorang yang ada di samping kita. Ya, itulah seorang sahabat. Orang yang kita anggap lebih dari teman dekat dan bukan dari keluarga, yang mampu memahami kita dan selalu ada di samping kita untuk menemani.

Namun apakah benar sahabat kita itu adalah sahabat sejati yang tak hanya akan menjadi sahabat kita di dunia saja namun juga di akhirat kelak? Atau jangan-jangan kita salah memilih sahabat yang justru bisa menjerumuskan kita pada neraka? Nah, ini dia ciri-ciri sahabat sejati yang bisa menemani kita tak hanya di dunia namun juga di akhirat kelak:

1. Setiap Melihatnya Kita Teringat Allah

Sungguh Maha Cinta Allah, yang menciptakan perasaan cinta begitu suci dalam diri dan jiwa setiap manusia. Jika kemudian ada yang menyeleweng, itu bukanlah cinta, namun itu adalah nafsu. Karena sejatinya cinta yang sejati adalah yang semakin mendekatkan kita kepada Allah, bukan malah menjauhkan.

Ingat Allah (c) dakwatuna
Ingat Allah (c) dakwatuna

Begitu juga dengan sahabat. Jika kita merasakan bahwa setiap kita melihat sahabat kita, entah senyumnya, entah marahnya, semua yang dia lakukan membuat kita semakin teringat Allah dan semangat untuk mendekatkan diri padaNya, inshaa Allah dia adalah sahabat yang baik untuk kita.

2. Selalu Berusaha Mengajak Kita Pada Kebaikan

Dengan siapa kita bersahabat sejatinya itulah bagaimana orang lain memandang kita. Maka, pilihlah sahabat atau teman yang bisa membantu kita berjalan pada kebaikan dan semakin dekat kepada Allah.

friendship
friendship

Seorang sahabat sejati yang baik adalah dia yang selalu mengingatkan kita untuk semakin mendekatkan diri pada Allah dan selalu berusaha berbuat kebaikan di dunia ini, banyak menceritakan tentang balasan di akhirat kelak sebagai pengingat kita kelak, tidak hanya fokus pada memperbaiki dirinya namun juga selalu mengajak kita untuk berubah menjadi lebih baik.

3. Selalu Mendorong Kita Melakukan Kebaikan Tanpa Meminta Balasan

Ibaratnya, dia selalu menjadi pahlawan di balik layar kita. Dia tak suka menjadi populer atau menebeng popularitas kita hanya karena sering mendorong dan memberikan dukungan pada setiap kebaikan yang kita lakukan.IMG-20120926-WA0009

Sahabat sejati akan selalu menyemangati dan mendorong kita kala kita merasa bahwa kita kurang percaya diri kita mampu melakukan sesuatu, mengingatkan kita bahwa Allah pasti akan menolong hambaNya yang menolong agamaNya, serta tak pernah melepaskan kita sendiri dan siap memberikan bantuan tanpa harus diminta terlebih dulu.

4. Selalu Menyebut Kita Dalam Setiap Do’anya

Do’a yang baik untuk orang lain adalah ketika orang yang dido’akan tidak mengetahuinya. Sahabat sejati adalah dia yang selalu mengiringi langkah kita dalam do’a-do’anya yang tak pernah dia pamerkan di hadapan kita.

Sahabat Sejati (c) anneahira
Sahabat Sejati (c) anneahira

Dalam setiap sujud dan do’anya selalu tersebut nama kita agar Allah selalu lindungi dan berikan keberkahan untuk kita.

5. Akan Sangat Marah Saat Kita Bermaksiat Kepada Allah

Seorang sahabat sejati yang benar-benar mencintai dan memperdulikan kita, tak hanya akan baik saja kepada kita, namun dia juga bisa bersikap marah dan akan mengingatkan kita dengan keras saat kita melakukan hal yang salah, apalagi saat kita sengaja bermaksiat kepada Allah.

sahabat sejati (c) tumblr
sahabat sejati (c) tumblr

Bentuk marah dia berupa marah yang penuh cinta, karena tak ingin kita menjadi seorang pendosa yang membuat Allah murka. Dia akan benar-benar memarahi kita dengan caranya dan berusaha membuat kita sadar dan bertaubat kepada Allah.

Masya Allah, itulah lima ciri sahabat sejati yang tak hanya akan menemani kita di dunia saja, namun kelak di akhirat dia juga yang akan menjadi salah satu saksi kita di hadapan persidangan Allah. Bagaimana kita bermuamalah (bersosialisasi) dengan orang lain, dan bagaimana sahabat yang ada di sekitar kita, itu tergantung juga pada keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Semakin kuat kadar keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah, maka Allah akan hadirkan orang-orang yang baik pula untuk menemani kita berjalan di jalan kehidupan ini. in shaa Allah. (sof)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA