5 Pemimpin Dunia Ini Ternyata Adalah Sahabat Baik Soeharto

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 23, 2016

Di masa jayanya, Bung Karno adalah tokoh yang bisa dibilang punya pamor mendunia. Tak hanya disegani karena wibawa, kata-kata beliau juga sangat diperhatikan dan dianggap penting oleh semua orang. Makanya, tak heran jika dengan pengaruhnya yang seperti itu, sang presiden ini pun punya banyak teman-teman dekat orang-orang hebat. Macam John F. Kennedy sampai Che Guevara.

Baca Juga :4 Fakta Ini Jadi Bukti Kalau Soekarno Adalah Presiden Indonesia Paling Miskin

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Kalau dilihat dari aspek ini, sepertinya memang hanya Bung Karno yang paling mencolok dari semua presiden kita. Kesannya mungkin seperti itu, tapi nyatanya ada satu lagi nama yang juga dianggap memiliki sahabat orang-orang hebat dalam hal ini adalah pemimpin-pemimpin kenamaan dunia. Bukan , bukan Jokowi, melainkan si Bapak Pembangunan Indonesia, HM. Soeharto. Mungkin tidak banyak yang tahu, tapi presiden kedua kita ini memang dekat dengan banyak pemimpin kelas dunia.

Lalu, siapa saja orang-orang hebat yang punya hubungan spesial dengan Soeharto? Simak ulasannya berikut.

1. Lee Kuan Yew, Pemimpin Hebat Sahabat Soeharto

Perlu diketahui jika dulu di masa awal-awal kemerdekaan, hubungan Indonesia dan Singapura bisa dibilang tidak harmonis. Alih-alih menjalin kerjasama, keduanya malah terlibat konflik yakni soal perebutan Serawak dan Sabah. Lalu seiring dengan lengsernya Soekarno, hubungan kedua negara ini berangsur membaik.

Lee Kuan Yew dan Soeharto [Image Source]
Lee Kuan Yew dan Soeharto [Image Source]
Ya, pada akhirnya antara Soeharto dan Lee Kuan Yew, saling membuka diri untuk menjalin hubungan. Bahkan tak hanya sekedar teman, keduanya pun menjadi sahabat baik. Hal ini dibuktikan dengan begitu pro aktifnya Singapura membantu Indonesia selama masa kepemimpinan Soeharto. Ketika Sang Smiling General turun, terlihat Singapura perlahan tapi pasti mengurangi keintimannya dengan Indonesia.

2. Mahathir Muhammad, Sang Pemimpin Malaysia Teman Baik Soeharto

Seperti yang kamu tahu, di masa Bung Karno hubungan antara Indonesia dan Malaysia pernah sangat buruk. Jangankan berhubungan, Indonesia bahkan terlibat beberapa konflik militer dengan negara semakmuran Inggris ini. Ajaibnya, beberapa waktu setelah Soekarno lengser, Malaysia seperti menunjukkan sikap yang sama sekali berbeda dan terlihat sangat bersahabat.

Mahathir Muhammad [Image Source]
Mahathir Muhammad [Image Source]
Ya, hal ini dikarenakan Soeharto ternyata telah berteman baik dengan Mahathir Muhammad, sang perdana menteri Malaysia. Memang agak canggung awalnya, tapi setelah pertemuan demi pertemuan, keduanya makin akrab dan akhirnya bersahabat. Makanya, ketika terjadi satu dua gesekan antara Malaysia dan Indonesia, keduanya akan langsung bertemu secara pribadi. Setelah itu, semuanya dipastikan akan beres seketika.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content