Saat Ujian Nasional Berakhir, Mau Ngapain Ya?

oleh Rahma Muliani
07:20 AM on May 19, 2015

Meski Ujian Nasional sudah berakhir namun para pelajar masih menyimpan rasa tegang. Karena saat ini mereka masih harus menunggu pengumuman kelulusan. Akan tetapi ada saja beberapa dari mereka yang sudah merayakan berakhirnya masa ujian dengan konvoi atau corat-coret.

Padahal, masih banyak hal yang bisa dilakukan sambil menunggu hari pengumuman tiba. Tentunya ini hal yang lebih positif dibanding corat-coret seragam dan konvoi-konvoi. Apa saja yaa itu? Berikut sudah team Boombastis rangkum di bawah ini.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Bersenang-senang

Dalam mempersiapkan Ujian Nasional, otak kita begitu penuh akan rumus-rumus dan hafalan-hafalan lainnya. Tentunya kita akan merasa begitu jenuh bukan. Maka dari itu, kita harus melakukan sesuatu yang menyenangkan agar fikiran kita segar kembali.

Menghilangkan Kejenuhan Dengan Berkaroke Ria
Menghilangkan Kejenuhan Dengan Berkaroke Ria [imagesource]
Bersenang-senang tidaklah harus berpesta-pesta. Bisa saja dengan wisata kuliner, ke cafe atau ke mall ala remaja metropolitan. Atau yang lebih down to earth dengan main ke pantai, gunung, taman dan wisata alam lainnya.

2. Kerja Sampingan

Saat liburan tiba, biasanya uang jajan dari orang tua juga akan berkurang. Kalau sudah begitu, rasanya mungkin akan sulit jika ingin hang-out bersama teman-teman. Tapi bagaimana ya supaya bisa dapat uang saku lebih tanpa merepotkan orang tua?

Mendapat Uang Tambahan Dengan Menulis
Mendapat Uang Tambahan Dengan Menulis [imagesource]
Kamu bisa mencoba untuk melamar menjadi penjaga toko atau swalayan. Atau jika kamu punya sedikit modal, bisa dicoba untuk membuka sebuah online shop. Di sana kamu bisa menjual apapun yang kamu mau seperti pakaian, pernak-pernik ataupun makanan. Atau jika kamu suka menulis, kamu bisa menjadi penulis artikel di media online. Pekerjaan berbasis hobi biasanya akan lebih menyenangkan dan mengasah passionmu.

3. Diskusi Perayaan Perpisahan

Kurang lebih tiga tahun melalui hari-hari bersama teman, rasanya sangat sulit jika harus berpisah. Pesta perpisahan mungkin bisa menjadi salah satu obat sekaligus bisa menjadi suatu kenangan. Hari itu akan menjadi hari spesial yang tidak akan pernah terlupakan selamanya.

Berdiskusi Bersama Sahabat
Berdiskusi Bersama Sahabat [imagesource]
Agar menjadi hari yang spesial, tentunya harus ada acara yang spesial pula. Untuk membuat suatu perayaan perpisahan yang tak terlupakan, tentu harus dibicarakan matang-matang. Nah di waktu liburan ini saatnya berdiskusi dengan teman seangkatan sekaligus mencari-cari refrensi ingin membuat acara seperti apa nantinya.

4. Mencari Seputar Beasiswa Lewat Internet

Jika kita mempunyai prestasi yang membanggakan, atau setidaknya punya hasrat belajar lebih, hal itu bisa dijadikan modal utama untuk mendapatkan sebuah beasiswa. Begitu banyak sekolah maupun universitas yang menawarkan program beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi ini.

Mencari Beasiswa
Mencari Beasiswa [imagesource]
Di waktu liburan kali ini mungkin bisa jadi waktu yang tepat untuk mencari informasi seputar beasiswa. Kamu bisa mencarinya lewat google, Social Media, bertanya teman atau saudara atau langsung mendatangi sekolah dan universitas itu sendiri.

5. Belajar Lagi, latihan soal-soal SNMPTN

Selain untuk mendapatkan beasiswa, kita juga harus belajar lebih banyak lagi untuk test masuk ke universitas negeri atau biasa disebut SNMPTN. Hal ini karena sainganmu ada baaanyak sekali di seluruh Indonesia. Jadi siapkan ‘alat tempur’ dan banyak latihan soal untuk perang di ujian SNMPTN nanti.

Latihan Soal-Soal SNMPTN
Latihan Soal-Soal SNMPTN [imagesource]
Tak hanya SNMPTN, biasanya beasiswa tidak diberikan secara cuma-cuma. Ada beberapa tes yang harus kita jalani terlebih dahulu. Tes itu bisa berupa ujian tertulis, praktek ataupun dengan membuat proposal. Untuk itu, kita harus mempersiapkannya dengan cara belajar agar bisa meraih beasiswa tersebut.

Ternyata masih banyak kan yang bisa dilakukan setelah ujian nasional berakhir. Masih tetap hal yang seru dan tidak membutuhkan biaya yang berlebihan. Untuk kamu yang habis melalui masa ujian nasional, selamat menunggu hari pengumuman tiba dan semoga lulus yaa…

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA