5 Alasan Kenapa RX King Masih Tetap di Hati Para Biker Indonesia

oleh Rizal
14:00 PM on Jan 21, 2016

Berisik, kenalpot nyaring, asap tebal dan begal, adalah kata-kata yang sudah sangat melekat dengan motor satu ini. Ya, si raja jalanan, siapa lagi kalau bukan Rx King. Meskipun julukannya tidak begitu bagus terdengar, tapi motor satu ini tetap menempel di hati banyak orang Indonesia. Buktinya, hingga hari ini masih banyak King-King berkeliaran di jalan-jalan.

Di tengah maraknya motor-motor baru yang lebih keren dan mutakhir, sang raja masih bisa tetap bertahan. Bahkan, makin banyak orang-orang yang mulai mencari motor tua ini untuk dijadikan tunggangan harian atau koleksi. Sampai hari ini, hampir tidak ada motor yang bisa menyaingi RX King soal eksistensi.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Lalu, apa alasan orang-orang begitu menyukai motor ini? Berikut ulasannya.

1. Tentu Saja Tarikannya yang Asoy

Para pemotor tentu punya alasan dong kenapa memilih salah satu jenis motor. Bagi mereka yang ingin nyantai pasti pilih matic, sedangkan yang ingin terlihat sporty dan gaul, pilihnya motor sport ber-fairing. RX King pun demikian, para penggunanya punya alasan khusus kenapa menjatuhkan pilihan kepada motor satu itu. Jawabannya, tak lain adalah karena tarikan dan akselerasinya yang oke banget.

Nggak hanya jago di jalan, muat kayu gelondongan seperti ini pun oke [Image Source]
Nggak hanya jago di jalan, muat kayu gelondongan seperti ini pun oke [Image Source]
King terkenal dengan tarikannya yang maut, bahkan kalau diadu pacu lawan motor-motor kekinian, King lebih banyak diunggulkan. Memang masih dua tak, tapi soal performa jangan diragukan. Mungkin gara-gara hal ini, begal pun tertarik untuk menjadikannya sebagai kendaraan operasional.

2. Perawatannya Gampang Banget

Bikin motor selalu enak seperti inrayen bisa kok, asal kita mau merawatnya. Bahkan tak peduli motor tua sekalipun, kalau kita rajin menjaga performance-nya, ya akan awet enaknya. Setiap motor punya tingkat perawatannya sendiri, ada yang susah ada yang gampang. Kabar baik bagi peminat RX King, motor ini luar biasa gampang untuk perawatannya.

Gampang dirawat juga jadi alasan kenapa RX King tetap diminati [Image Source]
Gampang dirawat juga jadi alasan kenapa RX King tetap diminati [Image Source]
Mungkin karena masih sederhana mesinnya, jadi perawatannya juga tidak terlalu rumit. Kalau pun kita tak sanggup, bengkel akan siap melayani. Bahkan katanya, tidak ada bengkel motor yang tidak bisa memperbaiki King. Ditambah lagi, spare part motor ini juga sangat banyak. Jadi, benar-benar tak perlu khawatir soal perawatan.

3. Harga RX King Murah?

Motor ini bisa dikatakan murah, tapi juga mahal. Biasanya tergantung dari kondisi. Kalau standar apa adanya dan dirawat, RX King bisa laku cukup tinggi. Bahkan menurut orang-orang King adalah motor dua tak seken jadul paling mahal sampai hari ini.

Kalau masih mulus RX King bisa laku mahal lho [Image Source]
Kalau masih mulus RX King bisa laku mahal lho [Image Source]
Beda lagi kalau kondisinya mulus. Seorang kolektor King bisa menggelontorkan uang di atas Rp 15 jutaan. Ini sebenarnya adalah fenomena langka dan hanya dialami oleh King. Padahal motor ini sudah sekian lama bahkan lebih dari 20 tahun, tapi harga jualnya masih sangat stabil.

4. RX King Identik Dengan Cowok Keren

Pertama kali muncul, motor ini adalah dambaan remaja seluruh Indonesia. Mungkin statusnya kalau sekarang ya sama naked-bike yang keren-keren itu. Entah Vixion atau CB 150. Makanya, hukum ala anak muda pun berlaku terhadap motor ini. Konon katanya, barang siapa yang menaiki motor ini, maka aura kegantengannya meningkat drastis.

Sejak dulu sampai kini, RX King memang sudah identik dengan cowok keren [Image Source]
Sejak dulu sampai kini, RX King memang sudah identik dengan cowok keren [Image Source]
Bertahun-tahun berlalu, motor ini pun seakan enggan tua. Percaya atau tidak, masih cukup banyak lho pemuda yang kepincut dengan King. Aura keren King seolah tetap bertahan. Ditambah lagi fakta mudahnya King dimodifikasi, membuat motor ini tidak pernah sepi peminat.

5. Tampilan yang Bertahan Hingga 25 Tahun

Rumor kalau pemotor Indonesia itu hanya kepincut model nampaknya harus dikaji ulang. Pasalnya, ada lho motor yang tidak mengalami perubahan yang signifikan secara kemasan, tapi tetap bisa menggaet hati. Ya, siapalagi kalau bukan si raja satu ini.

Bentuknya tetap, RX King tidak sepi peminat [Image Source]
Bentuknya tetap, RX King tidak sepi peminat [Image Source]
King sejak awal kemunculannya sudah begitu rupanya. Namun, uniknya, rilisan beberapa generasi berikutnya, wajah sang raja pun masih tetap sama. Yamaha hanya sedikit melakukan rombakan kecil, dan tetap mempertahankan mayoritas dari bentuk lamanya. Ini jadi bukti kalau King adalah motor dengan konsistensi bentuk terlama di Indonesia, dan tentu saja masih diminati.

RX King, si tua tak tergantikan ini memang bakal susah disaingi pamornya. Bolehlah banyak motor-motor baru super keren dan canggih bermunculan, namun sang raja akan tetap punya tempat di hati para penggilanya. Dan kalau dipikir-pikir lagi, memang belum ada motor yang selengkap RX King dalam memuaskan peminatnya. Sudah cepat, ringan, tangguh, mudah perawatan lagi. Benar-benar spesial deh!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA