5 Rumor yang Pernah Mengakibatkan Kepanikan Massal

oleh Tetalogi
08:54 AM on Mar 16, 2016

Berita bohong, hoax atau rumor sering beredar di berbagai tempat. Jika tidak pandai-pandai memilah atau mencari tahu kebenaran suatu berita, maka kita rentan terperdaya oleh berita yang tidak benar tersebut.

Sudah beberapa kali rumor yang menyebar menimbulkan kepanikan. Beberapa diantaranya bahkan sangat parah sampai terjadi kerusuhan gara-gara ulah orang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan rumor tersebut.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Pisang China Penyebab SARS

Pada tahun 2007 di China beredar pesan yang menyebutkan bahwa pisang bisa menyebabkan SARS. Pada saat itu, dunia sudah merasa ketakutan dengan penyakit tersebut yang diberitakan sebagai wabah baru. Industri pisang dengan segera hancur karena rumor tersebut dan penjualan pisang menurun drastis hingga 90%.

Pisang [Image Source]
Pisang [Image Source]
Rumor ini menyebabkan industri buah pisang mencapai kerugian 2,6 juta dollar per hari dan produsen buah pisang menjadi bangkrut. Rumor ini berkembang dengan efektif bisa jadi karena pemerintah China mengontrol media. Agar tidak ketahuan pemerintah China, pesan singkat menjadi media yang dianggap sebagai berita. Tapi sayangnya ini berarti ketika rumor mulai beredar, maka akan sangat sulit untuk menghentikannya.

2. Kerusuhan di Harlem

Tahun 1935, sebuah rumor beredar di jalanan Harlem bahwa seorang anak laki-laki Puerto Rico dipukuli sampai mati oleh seorang polisi berkulit putih. Kenyataannya, anak laki-laki tersebut tertangkap mencuri sebuah pisau lipat murah. Ia kemudian ditangkap dengan tenang dan dilepaskan lagi.

Kerusuhan di Harlem [Image Source]
Kerusuhan di Harlem [Image Source]
Namun, rumor bahwa anak tersebut tewas menyebar tidak terkendali sehingga terjadilah demonstrasi dan kerusuhan. Tiga orang tewas, ratusan orang terluka, dan terjadi kerusakan properti parah yang mencapai kerugian 2 juta dollar. Jika dihitung dengan masa inflasi yang juga terjadi saat itu, maka nilainya kurang lebih sama dengan 35 juta dollar.

3. Ramalan Kiamat Suku Maya

Lebih dari 1000 tahun yang lalu, peradaban Maya membuat kalender yang cukup kompleks. Ketika dihitung, kalender tersebut hanya sampai pada tanggal 21 Desember 2012. Banyak orang ternyata kemudian menerjemahkan berakhirnya kalendes suku Maya tersebut sebagai ramalan akan terjadinya kiamat.

Kalender Maya [Image Source]
Kalender Maya [Image Source]
Kepanikan dengan cepat menyebar luas hingga seluruh dunia begitu tanggal tersebut semakin mendekat. Di Michigan, sekolah ditutup selama 2 hari karena takut munculnya kekerasan akibat panik. Sementara itu di China kelompok religius menyebarkan kepanikan pada siapa saja yang mau mendengarkan yang mengakibatkan pemerintah menindak tegas dan menangkap sebnyak 400 orang.

4. Pesepakbola Penyihir Kongo

Pada tahun 2008, beredar rumor di stadion Democratic Republic of Congo bahwa salah seorang pemainnya menggunakan sihir untuk membantu kemampuan bermain sepakbolanya. Rumor tersebut tidak butuh waktu lama untuk beredar diantara para penggemar yang dengan segera menjadi garang.

Kerusuhan di stadion Kongo [Image Source]
Kerusuhan di stadion Kongo [Image Source]
Mereka marah karena merasa bahwa terjadi kecurangan karena pemain sepakbola menggunakan sihir dalam pertandingan. Polisi kemudian dengan segera menembakkan senjata ke udara demi menenangkan para suporter. Ternyata hal ini malah membuat penonton panik dan berdesakan keluar dari stadion. Setelah kekacauan berakhir, barulah ketahuan 13 orang termasuk anak-anak tewas dalam kejadian tersebut.

5. Hantu Minyak

Pada tahun 2011, rumor beredar tentang keberadaan hantu minyak di Srilanka. Biasanya, hantu ini digambarkan sebagai seorang pencuri yang berlumuran minyak sehingga membuatnya sulit ditangkap. Tapi, sasaran manusia minyak modern ternyata adalah wanita.

Tank diturunkan untuk meredam kericuhan [Image Source]
Tank diturunkan untuk meredam kericuhan [Image Source]
Meski rumor yang beredar tersebut sebenarnya tanpa dasar, hal tersebut tetap membuat panik sehingga orang-orang bergerombol dan mulai main hakim sendiri. Akibatnya, ratusan orang ditangkap dan pemerintah sampai harus menurunkan tank demi mengamankan situasi. Setidaknya ada 30 kasus kekerasan yang berhubungan dengan rumor ini dan 5 orang tewas termasuk seorang polisi.

Terkadang isu atau rumor yang kita dengar atau baca belum tentu benar. Sama halnya berita yang sering beredar di media. Langkah paling bijaksana adalah dengan tidak ikut-ikutan menyebarkan berita yang belum jelas terbukti kebenarannya agar tidak menimbulkan kepanikan masyarakat. Dan kalau ternyata memang terlanjur ikut menyebarkan berita yang tidak benar, biasakan untuk ikut melakukan klarifikasi agar orang yang membaca beritanya dari kita tahu kebenarannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA