in

5 Rumah Tradisional Terunik di Dunia

5. Rumah Warna-Warni Suku Ndebele

Beranjak ke darata Afrika, disana terdapat sebuah suku yang terkenal akan bakatnya dalam bidang seni dan arsitektur. Suku ini berasal dari Afrika Selatan dan juga Zimbabwe yang dikenal dengan nama suku Ndebele. Hal tersebut dapat dilihat dari bangunan rumah tradisional suku ini yang kaya akan corak dan motif artistik berwarna warni. Tradisi melukis rumah warna warni ini sudah ada sejak dahulu ketika suku ini dikenal sebagai prajurit tangguh dalam menakhlukkan kelompok etnis lain.

Rumah Warna-Warni Suku Ndebele (c) panel.mustangcorps.com
Rumah Warna-Warni Suku Ndebele (c) panel.mustangcorps.com

Namun ketika mereka mengalami kekalahan telak dalam peperangan melawan pemukim berbahasa Belanda bernama Boer, orang-orang Ndebele hidup dibawah penindasan suku lain. Maka dari itu mereka mulai menggunakan simbol-simbol ekspresif yang digambar di tembok rumah mereka sebagai alat berkomunikasi dengan orang lain secara diam-diam. Karena orang-orang Boer tidak mengerti maksud dari lukisan itu dan menganggapnya tidak berbahaya maka suku Ndebele tetap bisa melukis corak tersebut hingga sekarang.

Itulah kelima rumah tradisional terunik yang ada di dunia. Kira-kira jika kalian disuruh tinggal di rumah-rumah tersebut, kalian kerasan apa tidak ya?

Written by Alfry

Leave a Reply

festival diwali

Lima Hal Unik yang Hanya Ada di India

Dhani Dan Mulan

Ups, 7 Seleb Indonesia Ini Malah Menikahi Selingkuhannya