5 Rumah Tradisional Terunik di Dunia

oleh Alfry
08:20 AM on Nov 19, 2014

Kita semua tahu bahwa di dunia ini banyak sekali suku bangsa dengan tradisi yang beraneka ragam. Mereka juga memiliki gaya arsitektur yang unik dalam membangun rumah tradisional mereka. Meski kini zaman sudah modern, namun tidak sedikit dari mereka yang tetap mempertahankan model bangunan tradisional sebagai tempat untuk mereka tinggali.

Baca Juga :Inilah Para Seleb Cantik yang Masuk Agama Islam

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Rumah-rumah tradisional ini biasanya memiliki makna sendiri dalam setiap pembangunannya. Makna tersebut merujuk pada kegunaan, fungsi sosial dan juga arti budaya yang mengilhami pemberian motif dan corak bangunan. Beberapa rumah tradisional di dunia memiliki keunikan dilihat dari segi model, fungsi dan juga bahan-bahan yang digunakan untuk membangunnya. Berikut 5 rumah tradisional terunik yang ada di dunia.

1. Mbaru Niang, Rumah Tradisional di Desa Wae Rebo Flores yang Mendunia

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki lebih dari seribu suku bangsa sehingga tak heran jika di negara ini juga memiliki banyak jenis rumah tradisional. Salah satunya adalah rumah tradisional Mbaru Niang yang berada di desa Wae Rebo, Flores. Rumah ini termasuk rumah paling unik di dunia dan telah mendapatkan penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya dari UNESCO Asia Pasifik pada tahun 2012.

Mbaru Niang, Rumah Tradisional di Desa Wae Rebo Flores (c) mobgenic.com
Mbaru Niang, Rumah Tradisional di Desa Wae Rebo Flores (c) mobgenic.com

Bangunan ini terdiri dari 5 tingkat yang kesemuanya ditutupi atap yang berbentuk kerucut. Tingkat pertama disebut lutur atau tenda adalah tempat tinggal bagi penghuninya. Tingkat kedua, lobo atau loteng digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan barang. Tingkat ketiga adalah lentar yang berfungsi menyimpan benih jagung dan tanaman lain untuk bercocok tanam. Tingkat keempat, lempa rae yaitu tempat menyimpan stok cadangan makanan. Dan tingkat terakhir, hekang kode, yaitu tempat menyimpan sesajian untuk para leluhur.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA