7 Sajian Rujak Khas Nusantara yang Bikin Liur Menetes-netes

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Oct 18, 2015

Siang hari dengan cuaca yang panas memang paling pas menyantap kuliner yang manis dan juga segar. Seperti contohnya adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari berbagai macam buah ataupun sayuran yang dicampur dengan bumbu ataupun kuah. Apalagi kalau bukan Rujak namanya.

Berbicara soal rujak, di Indonesia ada banyak sekali jenis rujak yang dapat kita nikmati. Bahkan ada satu jenis rujak yang tidak hanya terdiri dari campuran buah saja, tetapi juga ada irisan daging di dalamnya. Berikut pemaparan selengkapnya.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Rujak Manis

Buah-buahan yang ada di dalam Rujak Manis ini biasanya ada bengkuang, kedondong, jambu, mangga, pepaya, dan juga nanas. Buah-buahan tersebut kemudian dipotong tipis-tipis dan disajikan dengan sambal kacang yang rasanya manis dan juga pedas.

Rujak Manis, yang Paling Populer di Kalangan Masyarakat
Rujak Manis, yang Paling Populer di Kalangan Masyarakat [imagesource]
Rujak Manis merupakan salah satu rujak yang paling populer dan begitu diminati. Kamu pun pasti sudah pernah mencoba kuliner yang satu ini bukan. Di berbagai daerah biasanya ada penambahan buah-buahan, seperti timun, belimbing, ubi jalar merah, apel dan juga jeruk Bali.

2. Rujak Bebeg

Kuliner yang satu ini berasal dari Kota Cirebon. Buahan-buahan yang ada di dalam Rujak Bebeg hampir sama dengan Rujak Manis. Hanya saja pada Rujak Bebeg ada penambahan buah yang menjadi ciri khasnya, yakni pisang batu atau mengkudu muda.

Rujak Bebeg, Disajikan dengan Daun Pisang
Rujak Bebeg, Disajikan dengan Daun Pisang [imagesource]
Cara pembuatannya, Rujak Bebeg juga hampir sama dengan Rujak Manis. Hanya saja setelah diiris, buah akan di beubeuk atau di tumbuk bersama dengan bumbu rujak dalam suatu wadah. Penyajiannya cukup unik, yakni dengan menggunakan piring dan sendok yang terbuat dari daun pisang.

3. Rujak Gobet (Serut)

Masih dengan buah dan bumbu yang sama, Rujak Serut juga tak kalah diminati oleh berbagai kalangan. Namun pada rujak ini ada satu tambahan buah lagi yang rasanya sedikit pahit, yakni jeruk Bali. Meski begitu rujak ini masih tetap terasa nikmat dan juga segar.

Rujak Gobet, Sering Hadir dalam Tradisi Tujuh Bulanan
Rujak Gobet, Sering Hadir dalam Tradisi Tujuh Bulanan [imagesource]
Sesuai dengan namanya, buah-buahan akan diserut kemudian baru dicampur dengan bumbu rujaknya. Kuliner yang satu ini berasal dari Kota Malang. Rujak Serut sering hadir dalam suatu tradisi di tanah Jawa, yakni pada acara Nujuh Bulan wanita yang sedang hamil.

4. Rujak Petis

Rujak yang satu ini dapat kita temui dengan mudah di bagian timur Pulau Jawa. Selain buah, ada  bahan lain yang dicampur dalam sajian nikmat yang satu ini. Di antaranya ada kecambah atau tauge, kangkung dan juga tahu yang di sudah goreng.

Rujak Petis, Bumbunya Dicampur dengan Petis Udang
Rujak Petis, Bumbunya Dicampur dengan Petis Udang [imagesource]
Satu hal lagi yang membuat rujak ini berbeda adalah bumbu kacangnya dicampur dengan petis udang. Bumbu petis tadi membuat rujak ini semakin lezat dan disukai banyak masyarakat. Biasanya akan ada kerupuk dalam penyajian Rujak Petis ini.

5. Rujak Kuah Pindang

Lagi-lagi masih dengan campuran buah yang sama dan perbedaannya hanya ada pada bumbunya. Jika biasanya pada rujak lain disajikan dengan bumbu kacang, kalau pada rujak yang satu ini disajikan dengan kuah kaldu ikan pindang.

Rujak Kuah Pindang, Khas dari Bali
Rujak Kuah Pindang, Khas dari Bali [imagesource]
Rujak Kuah Pindang yang mempunyai nama lain Rujak Gelogor ini merupakan sajian khas dari Bali. Kuliner yang satu ini mempunyai cita rasa yang unik, campuran antara gurih, asam, pedas dan sedikit amis. Kuliner ini kerap menjadi sajian primadona untuk para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

6. Rujak Cingur

Rujak yang berasal dari Surabaya ini berisi buah-buahan, sayur-sayuran, lontong, tahu dan juga tempe. Ada satu bahan lagi yang akan dicampurkan dalam Rujak Cingur ini, pastinya adalah yang utama dari Rujak Cingur, ya apalagi kalau bukan cingur.

Rujak Cingur, Ada Tambahan Cingur Sapi di Dalamnya
Rujak Cingur, Ada Tambahan Cingur Sapi di Dalamnya [imagesource]
Cingur dalam bahasa Jawa berarti ‘mulut’. Irisan daging sapi bagian mulut yang telah direbus akan dicampurkan ke dalam sajian yang satu ini. Rujak Cingur disajikan dengan bumbu kacang dan juga petis udang. Kenikmatannya sih tak perlu diragukan lagi deh.

7. Rujak Es Krim

Berkunjung ke Yogyakarta, kamu akan menemukan sajian kuliner segar yang terkenal dengan nama ‘Rujak Es Krim’. Buah-buahan yang menjadi bahannya antara lain kedondong, mangga, mentimun, pepaya, bengkuang dan juga nanas.

Rujak Es Krim, Nikmat dan Segar
Rujak Es Krim, Nikmat dan Segar [imagesource]
Rujak Es Krim ini disajikan dengan sambal yang terbuat dari campuran gula jawa, cabai, asam jawa, kencur dan sedikit air. Ada bahan pelengkap yang menjadi khas utama dari rujak ini, ya sesuai namanya apalagi kalau bukan es krim atau es puter. Kebayang deh segarnya seperti apa.

Nah itu dia beberapa rujak yang populer di berbagai daerah. Kuliner yang satu ini memang pas disantap saat cuaca panas. Apalagi jika dinikmati bersama teman-teman, pasti acara makan rujak kamu akan semakin seru. Oiya, kalau di daerah kamu ada jenis rujak yang lain gak nih? 🙂

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA