7 Roller Coaster Paling Gila yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup Anda

oleh Alfry
10:27 AM on Jul 2, 2015

Untuk semua traveler pecandu adrenalin yang berada di luar sana, ada satu wahana adiktif yang akan menempatkanmu pada sebuah kereta yang meluncur di trek ekstrim dan siap mengocok perut kalian. Beberapa diantaranya lebih berbahaya, sehingga mencoba wahana ini sama halnya dengan menantang maut meski layak untuk dicoba sekali seumur hidup.

Adalah roller coaster, permainan pemacu adrenalin yang bikin jantung serasa copot ini selalu menjadi idola traveler bernyali di setiap taman bermain. Meski harus mengantre berjam-jam hanya untuk merasakan sensasi ngebut di rel semrawut, nyatanya hal ini rela dilakukan karena sebanding dengan pengalaman yang didapatkan. Jika ingin mencoba roller coaster yang paling gila, ini dia 7 daftarnya.

Baca Juga
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga

1. Formula Rossa, Ferrari World Abu Dhabi, UEA

Daftar pertama sekaligus sebagai roller coaster tercepat seantero jagad adalah Formula Rossa. Bisa dikatakan inilah satu-satunya wahana bermain yang memiliki fungsi ganda selain sebagai permainan juga dikatakan sebagai simulasi jet darat dengan mobil F1Ferrari. Bagaimana tidak, penumpang akan dibawa meluncur dengan kecepatan 240 kmpj dalam waktu kurang dari dua detik.

Dengan kecepatan yang luar biasa ini penumpang Formula Rossa diwajibkan menggunakan kacamata pelindung. Gerbong roller coaster ini juga didesain menyerupai mobil balap Ferrari milik Felipe Massa yang terdiri dari empat gerbong. Wahana yang bisa ditemukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini wajib ada dalam daftar traveling Anda minimal sekali seumur hidup.

2. Dodonpa, Fuji-Q Highland, Jepang

Berada di kaki Gunung Fujiyama, Dodonpa merupakan roller coaster yang ada di dalam Fuji-Q Highland Amusement Park di Jepang. Sejak dibuka tahun 2001, wahana ini menjadi primadona di taman bermain tersebut khususnya mereka yang hobi dengan kegiatan ekstrim.

Roller coaster ini dibangun khusus untuk menjadi pemacu adrenalin setiap pengunjung di sana. Dengan mengandalkan tekanan udara, Dodonpa mampu melejit dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam yang artinya menempatkan dirinya sebagai roller coaster tercepat keempat di dunia. Trek yang paling menegangkan yaitu ketika meluncur dari rel di ketinggian nyaris vertikal.

3. Vanish, Cosmo Land, Yokohama, Jepang

Masih berada di dalam negara yang sama yakni Jepang. Sebuah roller coaster bernama Vanish akan memberikan sensasi menaiki kereta luncur dengan rute yang mendebarkan. Tidak hanya trek tanjakan yang berliku namun penumpang akan dibawa melalui rute penyelaman sehingga kereta akan terlihat hilang masuk ke dalam kolam.

Vanish berada di Cosmo Land, Yokohama. Di buka pada tahun 1999, taman bermain ini memiliki banyak wahana permainan, tapi Vanis selalu memiliki tempat tersendiri di hati pengunjung. Selama kurang lebih 2 menit Anda akan diajak melewati rute sepanjang 700 meter lebih. Yang paling mendebarkan adalah saat memasuki kolam yang gelap, para penumpang akan merasakan sensasi menyelam dengan tambahan percikan air.

4. Gravity Max, Lihpao Land, Taiwan

Sesuai dengan namanya, naik roller coaster ini yang berperan untuk menggerakkan kereta adalah gravitasi bumi. Gaya gravitasi hanya bekerja pada sebuah ketinggian. So, sudah bisa ditebak jika wahana ini akan membawa penumpang di ketinggian tertentu. Jika penasaran seperti apa bentuknya, Anda bisa menyaksikannya dalam tayangan video di bawah ini.

Gravity Max adalah roller coaster pertama di dunia yang memperkenalkan trek 90 derajat. Artinya salah satu rute yang dilewati kereta luncur ini berbentuk siku dengan kemiringan 90 derajat alias vertikal. Yang membuat deg-degan saat pertama naik wahana ini adalah pemandangan rel yang buntu. Ternyata di situlah kereta akan seolah-olah patah dan tersambung kembali dengan rel di bawahnya sebelum akhirnya meluncur kembali, wushhh.

5. T Express, Everland, Korea Selatan

Naik roller coaster modern dengan peralatan canggih dan keamanan terbaru saja masih membuat jantung terasa copot, nah di Korea Selatan Anda ditantang untuk mencoba roller coaster tradisional di mana trek yang digunakan sepenuhnya terbuat dari kayu. Berani?

Untuk latihan, Anda bisa melihat tayangan video di atas. Video tersebut menggambarkan betapa ekstrimnya wahana ini diambil dari sudut pandang penumpang yang ada di barisan paling depan. T Express berada di taman bermain Everland yang menyandang sebagai roller coaster kayu paling curam sedunia dengan derajat kemiringan hingga 70 derajat.

6. Eejanaika, Fuji-Q Highland, Jepang

Eejanaika, sebuah roller coaster 4 dimensi yang ada di Fuji-Q Highland, Jepang adalah wahana yang akan membuat perut Anda mual berkali lipat. Bagaimana tidak, kereta ini tidak hanya membawa penumpang berputar melewati rel 360 derajat saja namun bangku tempat duduk penumpang juga dapat berputar mandiri.

Dengan meluncur secepat 130 kmpj di trek mendebarkan, penumpang masih harus menghadapi putaran kursi tempat ia duduk. Butuh keberanian dobel untuk mencoba wahana ini atau Anda akan pingsan saat berada di atas sana.

7. Hidden Anaconda, Happy Valley Theme Park, China

Daftar terakhir roller coaster paling gila di dunia adalah Hidden Anaconda. Seperti namanya yang menggunakan nama spesies ular raksasa yang memiliki lilitan maut, trek yang digunakan roller coaster ini mirip dengan lilitan ular, melingkar membentuk spiral yang tiada habisnya.

Semua loop ini dilakukan di ketinggian 46 meter yang menjadikannya sebagai roller coaster tertinggi di Asia. Penumpang akan dikocok perutnya selama hampir dua menit berputar di udara. Tentu wahana yang ada di Happy Valley Theme Park ini akan memberikan efek samping berupa pusing dan mual. Berani mencobanya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA