7 Ritual Paling Tabu dan Dilarang ini Masih Dilakukan Banyak Kelompok Manusia di Dunia

oleh Adi Nugroho
07:12 AM on Dec 25, 2015

Bumi ini berisi banyak sekali suku bangsa yang memiliki banyak sekali perbedaan dalam cara hidup hingga ritual. Indonesia memiliki beberapa ritual tradisional seperti bersih desa, atau ruwatan untuk membersihkan seseorang dari malapetaka. Ritual-ritual macam ini dilakukan untuk memperoleh suatu kebaikan bagi semua manusia.

Sayangnya, di beberapa daerah di dunia. Ritual justru dilakukan dengan cara yang enggak masuk akal. Bahkan bisa dibilang sangat tabu hingga dilarang banyak sekali orang. Namun, saking banyak pengikutnya, ritual super tabu ini akhirnya tetap dilaksanakan!

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Ritual Kanibalisme dan Necrophagy

Salah satu kelompok di India bernama Aghori yang hidup di sekitar Varanasi gemar sekali melakukan ritual memakan mayat. Mereka percaya jika ketakutan terbesar manusia adalah kematian. Dan untuk menghilangkan kematian itu mereka harus memakannya. Dalam hal ini memakan mayat.

Kanibalisme dan Necrophagy [image source]
Kanibalisme dan Necrophagy [image source]
Biasanya Aghori mendapatkan mayat dari Sungai Gangga. Dalam kebudayaan setempat, ada lima jenis kematian yang tak boleh dikremasi tapi ditenggelamkan ke sungai. Orang itu ada pria suci, anak-anak, wanita hamil, wanita belum menikah, dan orang yang meninggal karena digigit oleh ular. Nah, mayat inilah yang jadi target untuk ritual Aghori.

2. Ritual Melanjutkan Kehidupan

Nyaris sama dengan poin nomor satu di atas. Pada poin ini sekelompok suku di Amazon bernama Yanomami juga melakukan praktik kanibalisme. Bedanya mereka akan melakukan kremasi hingga akan meninggalkan sisa abu. Nah, benda inilah yang nanti akan digunakan oleh mereka untuk ritual suci.

Ilustrasi suku Yanomami Amazon [image source]
Ilustrasi suku Yanomami Amazon [image source]
Abu dari mayat akan dicampur dengan pisang yang telah difermentasi. Setelah semuanya tercampur rata baru semua orang akan memakannya. Memakan abu dari mayat artinya membuat semua yang telah tiada tetap hidup di dalam diri setiap orang yang masih bernapas.

3. Ritual Menikam Tubuh Sendiri

Ritual ini akan menuntut pesertanya menikamkan pisau, pedang, hingga paku tajam ke pipi hingga tembus ke mulut. Tak hanya satu, biasanya akan ada banyak benda tajam yang menusuk muka setiap orang yang melakukan ritual.

Ritual Menikam Tubuh Sendiri [image source]
Ritual Menikam Tubuh Sendiri [image source]
Ritual ini biasanya dilakukan untuk memperingati festival panen tahunan di Phuket, Thailand. Festival ini sangat ekstrem hingga pemerintah Thailand sebenarnya sudah melarang. Namun justru karena festival inilah banyak sekali turis yang datang untuk menyaksikan kengeriannya.

4. Ritual Menari Dengan Mayat

Ada salah satu ritual yang sangat tabu dan aneh di Madagaskar. Ritual ini dilakukan oleh orang-orang yang percaya jika semakin cepat mayat terurai maka semakin cepat mereka ke surga. Akhirnya dalam beberapa tahun sekali mereka akan menggali kuburan orang tercinta lalu mengaraknya dalam tarian.

Menari Dengan Mayat [image source]
Menari Dengan Mayat [image source]
Mengarak mayat keluar artinya membantunya cepat mengurai. Itulah mengapa ritual ini dilakukan degan sukacita. Pasalnya setelah dikubur kembali, semua mayat yang diangkat keluar kubur akan segera menuju surga.

5. Ritual Pemakaman Udara

Ada beberapa ritual aneh dan sangat tabu di Tibet yang masih dilakukan oleh beberapa penganut Buddha di sana. Ritual itu bernama Jhator atau pemakaman udara. Mereka mempercayai adanya siklus kehidupan yang cepat dan menganggap mayat hanyalah sebuah hal tak berguna sebelum dimanfaatkan oleh makhluk lain.

Ritual Pemakan Udara [image source]
Ritual Pemakan Udara [image source]
Akhirnya mereka akan mencincang mayat-mayat lalu menyebar potongannya ke udara. Jika mengenai tanah maka potongan mayat itu akan dimakan oleh hewan buas seperti elang atau mungkin semut. Jika sudah demikian, maka sempurna sudah kematian seseorang.

6. Ritual Menyakiti Diri Sendiri Untuk Menebus Dosa

Salah ritual paling tabu dan dilarang adalah menyakiti diri sendiri seperti yang dilakukan oleh kaum Syiah. Setiap tahun pada bulan Muharam biasanya mereka melakukan penyiksaan pada diri sendiri entah dengan memakai pisau atau bahkan pedang hingga berdarah-darah.

Ritual Menyakiti Diri Sendiri Untuk Menebus Dosa [image source]
Ritual Menyakiti Diri Sendiri Untuk Menebus Dosa [image source]
Ritual ini dimaksudkan untuk menebus dosa dan memperingati kesyahidan Hussein yang merupakan cucu Nabi Muhammad. Praktik ini dilarang di beberapa negara karena dianggap tidak sesuai dengan Islam. Agama ini melarang umatnya menyakiti diri sendiri apalagi sampai berdarah-darah.

7. Voodoo dan Pembangkitan Arwah

Salah satu cabang dari Voodoo di Afrika bagian barat memiliki nama Vodun. Kepercayaan ini kerap sekali membuat banyak pengikutnya menjadi medium makhluk halus yang mereka percaya sebagai Dewa Bumi. Dewa ini dipercaya akan memberikan banyak sekali keberkahan jika membiarkan beberapa orang dirasuki.

Voodoo dan Pembangkitan Arwah [image source]
Voodoo dan Pembangkitan Arwah [image source]
Biasanya mereka akan membawa seseorang yang akan dirasuki oleh Sakpata sang dewa yang dipuja. Setelah orang itu kerasukan, mereka akan menaruhnya di hutan selama tiga hari tanpa makanan dan minuman. Jika bisa kembali artinya sang dewa memberi berkah. Jika tak kembali artinya sebuah petaka akan datang.

Itulah tujuh ritual paling tabu dan dilarang tapi tetap dilakukan. Dari tujuh ritual di atas, mana yang menurut anda paling mengerikan dan sudah sepatutnya dilarang?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA