5 Fakta Mengerikan Seppuku, Ritual Bunuh Diri dari Jepang yang Melegenda

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Feb 6, 2016

Jepang selalu dikenal dengan budayanya yang sangat unik dan aneh. Salah satu budaya yang aneh atau mungkin agak seram adalah seppuku. Ritual bunuh diri yang banyak dilakukan oleh samurai Jepang di masa lalu ini menjadi legenda. Bahkan sering dimunculkan dalam beberapa film dunia yang memiliki setting Jepang.

Baca Juga : Inilah 7 Fakta Hebat dari Anoa, Kendaraan Lapis Baja Buatan Indonesia yang Saat Ini Mendunia

Baca Juga
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Sempat Netizen Geram
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan

Seppuku bukanlah sesuatu yang aneh bahkan melanggar hukum di masa lalu. Justru seppuku adalah sebuah ritual yang sangat besar hingga harus dilakukan dengan baik. OK, langsung saja inilah lima fakta mengerikan dari seppuku yang wajib kita tahu.

1. Tidak Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Orang yang pertama kali melakukan seppuku adalah Minamoto no Yorimasa saat terjadi Perang Uji di tahun 1180. Sejak saat itu seppuku sering dilakukan oleh siapa saja yang menjalani kehidupan bushido atau jalan hidup samurai. Lambat laun budaya seppuku ini terus dikembangkan hingga memiliki upacara tersendiri di awal abad ke-17.

Seppu pertama dilakukan di tahun 1180 [image source]
Seppu pertama dilakukan di tahun 1180 [image source]
Seppuku tidak bisa dilakukan oleh siapa saja, terlebih jika ia hanyalah rakyat biasa. Seppuku hanya dilakukan oleh samurai yang ingin menjaga harga dirinya. Mereka akan memotong perut mereka hingga meninggal dunia dan mempertahankan harga diri yang harganya melebihi nyawa mereka sendiri.

2. Melakukan Seppuku Harus Berdasarkan Perintah

Tidak semua orang bisa melakukan seppuku, hanya mereka yang menjalankan bushido saja yang bisa. Selain itu, samurai pun tak bisa melakukan ritual mengerikan ini secara tiba-tiba. Mereka harus meminta izin terlebih dahulu kepada daimyo atau penguasa yang membawahi para samurai. Jika daimyo mengizinkan, maka mereka akan melakukannya dengan sesegera mungkin.

Seppuku dilakukan atas perintah daimyo [image source]
Seppuku dilakukan atas perintah daimyo [image source]
Daimyo biasanya mengizinkan para samurai melakukan seppuku agar mereka tidak ditangkap musuh. Atau disiksa musuh dengan sangat mengerikan. Para samurai lebih suka membunuh dirinya sendiri daripada kalah dan harus masuk ke wilayah musuh sebagai tahanan. Seppuku bukan perkara memotong perut lalu semuanya selesai. Tapi juga masalah harga diri dan juga ketaatan kepada para pemimpin.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA