Ngebleng, Ritual Puasa Ekstrem Ala Jawa yang Katanya Bisa Bikin Sakti

Puasa bagi pelaku spiritual ibaratnya seperti jogging bagi para atlet sepak bola. Sangat familiar dan jadi kegiatan yang begitu sering dilakukan. Puasa bagi sebagian orang dinilai sebagai suatu cara untuk bisa memudahkan diri dalam menggapai sesuatu. Lantaran konteksnya spiritual alias gaib, tujuannya jelas selalu berhubungan dengan itu.

Soal puasa yang berhubungan dengan hal gaib, ternyata hal tersebut ada banyak jenisnya. Ada Mutih, ada Pati Geni, Ngeluwang, Ngebleng, dan masih banyak lainnya. Kalau kita bicara mana puasa yang paling kuat dan katanya memberikan efek luar biasa, maka jawabannya adalah Gebleng. Alasannya nggak lain karena Gebleng prosesinya jauh lebih berat.

Katanya nih, mereka yang melakukan Ngebleng maka akan diberikan banyak kehebatan. Nggak hanya bakal terkabul permintaan, tapi juga kekuatan-kekuatan lainnya. Masih tentang puasa khas Jawa ini, berikut adalah fakta-fakta soal puasa Ngebleng yang mungkin belum kamu tahu.

Puasa Ngebleng Nggak Mudah Dilakukan

Pada dasarnya sih antara puasa biasa seperti Senin-Kamis dan puasa-puasa Kejawen itu nggak ada bedanya. Kecuali tentu saja niat serta amalan-amalan yang dilakukan di dalamnya. Tapi, kalau Ngebleng, ia berbeda dari kebanyakan puasa, terutama dalam hal prosesi.

Puasa Ngebleng sangat berat [Image Source]
Puasa Ngebleng sangat berat [Image Source]
Nggak seperti puasa biasanya yang hanya menahan lapar dari subuh sampai magrib, Ngebleng memakan waktu seharian penuh alias 24 jam. Jadi, kalau kita mulainya jam 12 malam, maka berakhirnya sehari kemudian atau 12 jam malam keesokan harinya. Berat tentu saja, apalagi yang nggak biasa. Bisa-bisa langsung kena maag akut ketika melakukannya, serius.

Tingkatan dalam Puasa Ngebleng

Puasa Ngebleng memiliki semacam tingkatan yang dilihat dari lama berpuasanya. Menurut para pakarnya nih, ada tiga level puasa Ngebleng, yakni satu hari, tujuh hari, dan empat puluh hari. Semua tingkatan ini dilakukan dengan cara yang sama yakni tak berbuka sesuai waktunya. Jadi kalau tujuh hari puasa Ngebleng maka ia nggak boleh makan minum sampai 7 hari itu. Begitu pun dengan 40 hari.

Puasa Ngebleng ada tingkatannya [Image Source]
Puasa Ngebleng ada tingkatannya [Image Source]
Tujuh hari tanpa makan sih masih agak logis ya, lha bagaimana dengan 40 hari tanpa asupan makan dan minum? Kita pasti beranggapan ini akan membuat seseorang mati. Mungkin iya sih kesannya, tapi ternyata nggak begitu. Katanya dulu banyak orang yang Ngebleng selama 40 hari tapi bisa tetap hidup.

Rumor Soal Kesaktian Gara-Gara Ngebleng

Melakukan tirakat berat selalu diyakini akan membawa manfaat besar. Termasuk Ngebleng ini di mana seseorang yang melakukannya bakal mendapatkan kesaktian dan kelebihan tertentu. Menurut para ahli, hal tersebut memang benar dan tak terbantahkan.

Kesaktian puasa Ngebleng [Image Source]
Kesaktian puasa Ngebleng [Image Source]
Ketika seseorang melakukan Ngebleng, maka katanya ia bakal memiliki aura luar biasa yang membuat makhluk gaib takut dan tunduk. Mereka juga katanya mampu menangkap pusaka-pusaka gaib dengan gampang. Tak hanya itu, katanya lagi seseorang yang melakukan puasa Ngebleng akan mudah mendapatkan keinginannya, apa pun itu.

Syarat-Syarat Khusus Melakukan Ngebleng

Nggak hanya menahan diri dari makan dan minum, Ngebleng juga memiliki syarat-syarat tertentu dalam prosesinya. Misalnya saja adalah harus menyendiri dan jauh dari hingar bingar. Kalau dulu sih para pelaku puasa ini biasanya pergi ke gunung-gunung atau gua biar nggak terganggu sekitarnya.

Ngebleng harus menyendiri [Image Source]
Ngebleng harus menyendiri [Image Source]
Nggak hanya harus menyepi, selama proses Ngebleng seseorang juga wajib melakukan amalan-amalan khusus. Amalannya sendiri seringnya adalah melafalkan mantra-mantra tertentu yang katanya bisa disesuaikan sesuai hajat dan keinginan. Syarat dalam puasa Ngebleng ini hukumnya wajib dan nggak boleh dilanggar.

Ngebleng Bisa Bikin Seseorang Kaya Raya

Ada banyak tujuan orang melakukan Ngebleng, salah satunya adalah untuk kekayaan. Rumornya, selama ini banyak orang yang melakukan Ngebleng lantaran ingin kaya, biasanya mereka memasukkan puasa ini dalam rangkaian ritual pesugihan.

Ngebleng bisa bikin kaya [Image Source]
Ngebleng bisa bikin kaya [Image Source]
Lantaran syarat tirakatnya berat apalagi Ngebleng-nya dilakukan sampai 7 bahkan 40 hari, katanya kekayaan seperti diguyurkan begitu saja. Berbeda kalau tirakatnya ecek-ecek, proses jadi kaya secara gaib pasti akan lama sekali. Nggak hanya untuk pesugihan, Ngebleng katanya juga ampuh untuk pelet.

Perkara gaib macam begini memang nggak pernah bisa dilogika. Bagi kita yang nggak terjun ke dalamnya mungkin menganggap Ngebleng hanya menyiksa diri. Tapi, bagi para pelaku spiritual, Ngebleng memiliki nilai yang luar biasa serta berkhasiat dahsyat.

Mau tulisanmu tayang di boombastis.com? Kirim artikel keren mu ke noormannidya@gmail.com