5 Ritual Pengorbanan Hewan dari Seluruh Dunia yang Dilakukan Oleh Manusia!

oleh Adi Nugroho
10:00 AM on Sep 24, 2015

Banyak sekali ritual-ritual yang dilakukan manusia di seluruh dunia untuk mendekatkan diri kepada penciptanya. Mereka melakukan sembahyang di tempat ibadah atau bahkan ada yang melakukan pengorbanan. Di Indonesia atau negara Islam mengenal yang namanya hari raya kurban atau Idul Adha. Orang yang mampu bisa melakukan ibadah kurban setahun sekali sebagai wujud keimanannya.

Di seluruh dunia, ritual atau ibadah yang melalui jalur pengorbanan ternyata tak hanya satu. Berikut beberapa ritual pengorbanan hewan dari seluruh dunia yang layak anda tahu. Mari kita simak bersama-sama!

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Idul Adha atau Hari Raya Kurban – Negara Islam

Orang Islam di seluruh penjuru dunia selalu melakukan ibadah kurban ini setiap tahun. Biasanya ditandai dengan banyaknya orang Islam yang melakukan Ibadah Haji. Berkurban adalah salah satu rukun yang harus dilakukan orang yang telah melakukan ibadah Haji dengan sempurna. Bagi yang tidak menjalankan Haji, mereka bisa berkorban di Masjid atau Mushola dekat rumahnya masing-masing.

Hari raya kurban [image source]
Hari raya kurban [image source]
Hewan yang banyak dikorbankan di Indonesia biasanya sapi, kambing, dan domba. Jika di negara Arab biasanya juga menggunakan unta. Hewan yang dikorbankan ini dipercaya akan membantu orang yang berkorban kelak di hari akhir. Selain untuk beribadah, berkorban juga sarana untuk berbagi rezeki kepada banyak orang. Karena daging hewan kurban akan dibagikan kepada fakir miskin.

2. Gadhimai Mela Festival – Nepal

Berbeda dengan Idul Adha yang dilaksanakan setahun sekali. Festival ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Orang Hindu dari Nepal dan India akan mengumpulkan sapi dan buruk sebanyak mungkin untuk dikorbankan bersama-sama. Mereka melakukan ini untuk menyembah Dewa Gadhimai yang akan mengabulkan apa saja jika mereka mengorbankan hewan.

Gadhimai Mela Festival – Nepal [image source]
Gadhimai Mela Festival – Nepal [image source]
Aktivis hewan di India dan Nepal telah melarang festival pengorbanan yang berlebihan ini. Pasalnya hewan yang dikorbankan mencapai ratusan ribu. Pun cara menyembelihnya juga sangat kejam. Bisa dibayangkan anda melihat lautan manusia menebaskan pedangnya kepada sapi-sapi tak berdosa. Tega enggak?

3. Lamp of God – Beberapa Penganut Kristen di Eropa

Menurut kitab suci umat Kristen, Yesus pernah mengorbankan dua burung dara hingga meninggal dunia. Di era modern, ada beberapa kaum Kristen yang melakukan penyembelihan terhadap domba yang menjadi peliharaan mereka. Domba ini diumpamakan sebagai penebus rasa dosa dan bersalah yang selama ini dilakukan.

Matagh di Eropa [image source]
Matagh di Eropa [image source]
Beberapa desa di Yunani terutama yang Kristen Ortodox mengenal yang namanya koubania. Mereka menggunakan domba, atau ayam jantan sebagai hewan kurban. Selain itu ada juga tradisi bernama matagh yang dilakukan oleh gereja Tewahedo. Mereka menyembelih ayam di pintu masuk gereja sebagai syarat untuk mendapatkan berkah.

4. Korbanot – Pengikut Judaism

Pengikut Judasim yang kebanyakan orang Yahudi banyak yang melakukan Korbanot. Mereka akan menyembelih hewan sebagai ganti dari diri mereka. Para pengikut Judaism menganggap orang yang bersalah yang harus dikorbankan. Namun karena Tuhan terlalu baik dan Maha Pemurah akhirnya mereka mengorbankan hewan seperti domba dan ayam.

Korbanot – Pengikut Judaism [image source]
Korbanot – Pengikut Judaism [image source]
Di beberapa daerah seperti Kapparot, mereka banyak menyembelih ayam jantan sebagai ganti kambing. Orang di sini percaya jika ayam adalah simbol dosa manusia. Dengan menyembelih ayam jantan artinya dosa yang dilakukan selama ini akan perlahan dihapuskan.

5. Pengorbanan Hewan di Agama Tradisional Afrika

Beberapa suku tradisional yang juga memiliki agama lokal banyak yang menjadikan hewan sebagai korban. Mereka biasanya berburu hewan lalu hewan itu digunakan sebagai salah satu syarat ritual. Setelah ritual selesai maka hewan ini akan dibagikan kepada semua orang yang ada di kampung agar mendapatkan berkah.

Pengorbanan Hewan di Agama Tradisional Afrika [image source]
Pengorbanan Hewan di Agama Tradisional Afrika [image source]
Ada juga festival pengorbanan kambing di Afrika Selatan. Suku setempat merobek leher kambing lalu membiarkan kambing mati di tempat. Beberapa Polisi setempat menganggap ritual itu ilegal. Namun masih banyak orang melakukan pengorbanan hewan dengan sangat kejam. Meski mereka hewan harusnya mereka diperlakukan dengan jauh lebih baik.

Itulah lima ritual pengorbanan terhadap hewan yang ada di dunia ini. Sebagian besar, ritual pengorbanan ini dilakukan untuk mendapatkan berkah atau penebusan dosa. Well, pernahkah anda melakukan ritual atau ibadah kurban?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA