Gunung Kemukus di Jawa Tengah, Lokasi ‘Ritual Dewasa’ Demi Kekayaan yang Terkenal Sampai Luar Negeri

Aktivitas di Gunung Kemukus sudah dimuat di laman-laman beken luar negeri

oleh Nikmatus Solikha
16:00 PM on Aug 31, 2017

Mungkin kalian pernah dengar sedikit tentang ragam ritual dewasa aneh di pelbagai belahan dunia. Sebut saja Siberia Timur, yang memiliki kepercayaan bertukar istri demi mengusir roh jahat, atau wanita suku Kreung yang ‘mencoba’ beberapa pria sebelum memutuskan untuk memilih pria yang akan dinikahinya. Beberapa ritual tersebut mungkin bikin kita geleng kepala. Namun ternyata, nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di Indonesia sendiri juga ada ritual dewasa yang nggak kalah aneh.

Ritual tersebut berasal dari Desa Pendem, Sumber Lawang, Sragen, Jawa Tengah. Di tiap malam Jumat Pon dan Jumat Kliwon, beberapa orang akan datang ke Gunung Kemukus untuk melakukan ritual tukar pasangan. Tukar pasangan? Yuph! Para orang-orang yang telah menikah justru datang untuk melakukan hubungan intim dengan orang lain. Selengkapnya tentang ritual tersebut, berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Melakukan hubungan dengan orang yang bukan pasangan

Dipercaya bahwa ritual tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang yang telah menikah. Namun, saat melakukan ritual dewasa, orang tersebut harus berhubungan dengan ‘lawan’ yang bukan pasangan sahnya. Itulah yang membuat ritual satu ini tidak semudah yang dibayangkan.

Gunung Kemukus [image source]
Karena untuk memulai, dibutuhkan keberanian untuk mengawali perkenalan. Para peziarah juga harus jeli untuk memilih pasangan yang akan diajak melakukan ritual dewasa di Makam Pangeran Samudro, Gunung Kemukus. Wajar saja, karena di antara orang yang benar-benar ingin melakukan ritual, ada juga lelaki iseng yang hanya ingin ‘bermain-main’ dan memuaskan nafsu, ada juga beberapa PKS berkeliaran di sekitar lokasi yang sengaja mengecoh para lelaki.

Melakukan ritual dengan tujuan ngalap berkah

Setiap ritual yang dilakukan seseorang tentu memiliki tujuan, tentu saja dengan ritual yang dilakukan di Gunung Kemukus. Konon, kepercayaan di Desa Pendem ini sudah ada sejak berabad-abad lalu. Tujuannya sendiri untuk ngalap berkah, alias berharap mendapat keberuntungan, kekayaan dan kesuksesan. Sebut saja Suhandi, salah seorang peziarah yang melakukan ritual di Gunung Kemukus sejak usahanya hancur karena diguna-guna orang.

Lokasi menuju Gunung Kemukus [image source]
Ia mengaku sudah tiga kali melakukan ritual tukar pasangan, dan mulai bisa membedakan antara peziarah asli dan kupu-kupu malam. Memang, dalam kepercayaan tersebut, tidak ada hukum tertentu dengan siapa peziarah harus berpasangan, namun yang jelas peziarah harus memiliki pasangan dan melakukan hubungan di tempat tersebut hingga tujuh kali tanpa berganti dengan yang lain. Jadi, para pelaku ngalap berkah memang berusaha menghindari PSK dan orang iseng lainnya.

Gunung Kemukus di Sragen sudah dikenal dunia

Bukan hanya Indonesia, media luar negeri juga kerap membahas Gunung Kemukus karena keunikan ritual masyarakatnya. Bahkan, situs-situs besar luar negeri seperti Dailymail.co.uk, Metro.co.uk dan ynaija.com juga pernah membahas soal ritual dewasa yang dilakukan di Gunung Jawa Tengah tersebut. Saat ini, lokasi tersebut sangat populer, bahkan sampai mengundang para wisatawan untuk datang.

Banyak dibahas oleh media asing [image source]
Ironisnya, pemerintah setempat justru menarik pungutan pada siapapun yang memasuki wilayah tersebut. Bahkan, media asing juga mengungkapkan jika yang dilakukan oleh pemerintah sangat kontradiksi. Daily Mail mengungkapkan jika pemerintah mengetahui ada perzinahan, namun mengabarkan sesuatu yang berbeda dan menutup mata, sehingga tokoh agama dan pemerintah seolah membiarkan adanya prostitusi berkedok ritual Gunung Kemukus.

Asal-usul ritual dewasa Gunung Kemukus

Dari hasil penelusuran, ritual dewasa yang ada di Gunung Kemukus berasal dari kisah abad ke-16, di mana ada seorang pangeran muda yang memiliki hubungan cinta dengan ibu tirinya sendiri. Berawal dari perasaan masing-masing, akhirnya mereka melakukan hubungan intim di puncak Gunung Kemukus. Namun sayang, saat mereka tengah bercinta, kelakuan keduanya tertangkap basah.

Ilustrasi Ritual Gunung Kemukus [image source]
Keduanya akhirnya dibunuh dan dikubur di sana. Lambat laun, puncak gunung tersebut malah dianggap sebagai tempat ‘suci’ bagi mereka yang ingin mendapatkan kemakmuran, kekayaan dan kemajuan hidup. Bahkan, saat ini bukan hanya masyarakat biasa saja yang melakukan ritual, bahkan rumornya pejabat juga pernah melakukan ritual di Gunung Kemukus.

Beberapa pihak memang keberatan dengan adanya ritual tersebut, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurutnya, adanya makam Pangeran Samudro seharusnya hanya untuk berziarah, bukan melakukan tindak asusila. Untuk kedepannya, ia juga meminta pada Bupati Sragen untuk menindak tegas orang-orang yang datang dengan tujuan melakukan ritual dewasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA