Review Spesifikasi Dan Harga Nexus 6

oleh Alfry
10:27 AM on Oct 17, 2014

Google secara resmi mengumumkan Nexus 6, smartphone seri Nexus yang dibuat bekerja sama dengan Motorola. Nexus 6 ini hadir dengan desain mirip dengan Moto X 2014 dan dilengkapi dengan dual speaker stereo yang dapat memanjakan telinga pengguna. Nexus 6 hadir dengan body yang lebih besar dibanding Nexus 5.

Nexus 6 dibekali dengan layar sentuh berukuran 5,96 inci yang menggunakan resolusi Quad High Definition (QHD), naik dari 5,5 inci pada seri sebelumnya. Demikian juga resolusinya yang sudah 2.560 x 1.440 piksel yang menggunakan teknologi AMOLED dengan kerapatan 496 piksel per inci. Dengan resolusi sebesar itu, gambar Nexus 6 terlibat lebih tajam dibandingkan Nexus 5. Material layarnya menggunakan Gorilla Glass 3 dari Corning.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Varian smart phone Nexus
Varian smart phone Nexus

Nexus 6 ini berjalan di atas sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Antarmuka Android Lollipop berbeda jauh dengan KitKat berkat penerapan desain baru yang disebut Material Design. Google menjanjikan Android Lollipop lebih intuitif dan responsif terhadap sentuhan, dan perintah suara. Salah satu perbedaan paling nyata adalah desain notifikasi aplikasi dan notifikasi panggilan telepon yang terlihat dari atas dalam bentuk jendela kecil sehingga tak akan mengganggu ketika sedang mengoperasikan suatu aplikasi.

Desain kameranya tampak khas karena lampu flash ditempatkan mengelilingi kamera. Sementara itu sudut-sudut dan bezel bodinya dirancang melengkung agar tak terasa terlalu besar ketika digenggam. Nexus 6 menggunakan sensor 13 MP, dual LED flash unik, dan telah dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS) serta menggunakan sensor Sony Exmor IMX 214 dengan aperture f/2.0. Smartphone ini mampu merekam video beresolusi 4K. Bagian depan terdapat kamera 2,1 MP untuk mendukung selfie dan panggilan video.

Tak perlu diragukan lagi, Nexus 6 merupakan salah satu smartphone terkuat di pasar saat ini. Sektor dapur pacu Google Motorola Nexus 6 mengusung spesifikasi yang mirip dengan Droid Turbo yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 805 yang mengusung prosesor quad-core Krait 450 berkecepatan 2,65 GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 3 GB dan didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari Adreno 420.

Konektivitas smartphone Nexus 6 juga cukup lengkap dengan dipersenjatai oleh dukungan WiFi, Bluetooth, GPS/GLONASS, NFC, 4G LTE, 3G HSPA, dan port microUSB. Motorola membekali Nexus 6 dengan baterai berkapasitas 3220 mAh yang diklaim mampu mencukupi kebutuhan daya seharian penuh. Menariknya smartphone ini dilengkapi teknologi Motorola Turbo Charge sehingga bisa mengisi ulang baterai hanya dalam waktu 15 menit saja. Di atas kertas, Nexus 6 diklaim mampu stanby selama 9,5 jam dan 10 jam untuk penggunaan internet melalui wifi dan 4G, video playback hingga 10 jam dan talk time hingga 24 jam.

Nexus 6 ini tersedia dalam dua varian kapasitas penyimpanan yakni 32 GB dan 64 GB tanpa ketersediaan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal serta pilihan warna biru dan putih. Pemesanan Nexus 6 dibuka mulai 29 Oktober dan mulai dipasarkan pada bulan November 2014 mendatang. Harga yang ditawarkan oleh Nexus 6 ini cukup fantastis, yakni mulai USD 649 atau sekitar Rp 7,9 juta.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA