Resep Kue Sagu Keju Gurih untuk Sambut Lebaran

oleh Maya Galuh
10:46 AM on Jul 12, 2015

Hari raya sudah semakin mendekat dan umat muslim sudah mulai bersiap-siap untuk menyambut hari kemenangan. Masyarakat Indonesia biasanya menyambut hari raya dengan melakukan bersih-bersih total serta mengecat rumah. Satu hal yang tidak ketinggalan adalah menyiapkan kue lebaran.

Sagu Gurih
Sagu Gurih [ImageSource]
Sekarang ini memang banyak toko-toko yang menjual kue-kue khas lebaran misalnya kue sagu keju. Tapi, biar lebaran kali ini beda, kenapa tidak mencoba membuat kue sendiri? Nah, yuk simak caranya berikut ini!
Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Pertama kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya dulu sebagai berikut:
– 400 gram tepung sagu
– 100 gram gula bubuk
– 150 gram margarin
– 1 butir telur
– 1/2 sendok teh garam
– 75 gram santan kental
– 100 gram keju cheddar parut
– 30 gram susu bubuk

Nah, kalau sudah siap bahannya, sekarang saatnya mengolah bahan tersebut menjadi kue sagu keju. Pertama, sangrai 400 gram tepung sagu selama 10 menit dengan api kecil, kemudian dinginkan. Sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, siapkan wadah untuk membuat adonan. Masukkan margarin, gula bubuk, dan garam kemudian kocok merata selama kurang lebih 40 menit. Selanjutnya tambahkan telur dan santan, kocok kembali hingga merata.

Langkah selanjutnya, tambahkan keju sambil terus diaduk. Kemudian masukkan tepung sagu yang sudah disangrai dan susu bubuk sambil diayak perlahan-lahan, aduk hingga benar-benar merata. Setelah adonan mengental, sekarang saatnya membentuk adonan dan memanggangnya.

Siapkan loyang, olesi dengan margarin secara merata, sisihkan. Masukkan adonan ke dalam spuit dan semprot dengan bentuk bunga atau sesuai selera di loyang. Kamu bisa membuat beberapa sampai semua bagian di loyang terisi dengan adonan yang sudah dibentuk. Tapi pastikan masih ada sisa ruang di antara adonan, ya. Selanjutnya, masukkan loyang ke dalam oven selama 45 menit dengan api sedang di bawah suhu 130 derajat Celsius. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Nah, jika kue sudah mendingin, kamu bisa mengambil kue sagu keju kemudian simpan dalam toples cantik. Kue sagu keju yang gurih pun siap disajikan untuk menyambut lebaran tahun ini.

Nah, gampang kan cara membuatnya? Yuk di coba resepnya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA