Resep Panjang Umur Paling Aneh dari Mereka yang Berusia Lebih dari 100 Tahun

oleh Tetalogi
15:00 PM on Aug 10, 2015

Banyak orang menginginkan punya umur yang panjang. Terbukti dari ucapan selamat ulang tahun yang selalu diikuti dengan kata-kata ‘semoga panjang umur’. Tapi karena kita tidak pernah tahu usia seseorang, yang bisa dilakukan agar bisa punya umur panjang dan selalu sehat adalah dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat dan lebih baik.

Kebanyakan orang akan setuju bahwa rahasia hidup sehat dan panjang umur adalah hidup bebas dari stres dan mengonsumsi makanan sehat. Tapi orang-orang yang berusia lebih dari 100 tahun ini justru punya rahasia hidup sehat yang agak ‘ajaib’. Apa saja?

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Merokok, Minum Anggur, dan Makan Cokelat Membuat Wanita Ini Hidup Hingga Berusia 122 Tahun

Usia terpanjang dalam hidup manusia yang pernah tercatat jatuh pada Jeanne Calment yang berusia 122 tahun. Menurutnya, rahasianya punya umur panjang adalah dengan mengonsumsi makanan dengan minyak zaitun (ia juga mengoleskannya di kulit), minum anggur, dan makan kurang lebih 1 kg cokelat setiap minggu. Ia juga ternyata seorang perokok sejak usia 21 tahun (1896) hingga 117 tahun (1992).

Jeanne Calment [Image Source]
Jeanne Calment [Image Source]
Jeanne menikah dan terus hidup bahagia sepanjang hidup. Ia juga tidak punya masalah kesehatan serius selama ia hidup hingga saat ini. Ia ikut kelas anggar di usia 85 tahun, dan terus bersepeda hingga berusia 100 tahun. Meski begitu, ia menyebutkan bahwa dirinya bukanlah seseorang yang begitu serius memikirkan kesehatannya.

2.  Wanita Berusia 104 Tahun Ini Rajin Minum Dr Pepper

Wanita asal Texas, Elizabeth Sullivan mengaku bahwa rahasia umur panjangnya adalah Dr Pepper, sejenis minuman bersoda. Menurutnya, ia jatuh cinta pada minuman ini saat berusia 60 tahun. Meski sudah diperingatkan oleh para dokter bahwa minuman tersebut akan membunuhnya, ia tidak peduli. Apalagi melihat kenyataan bahwa para dokternya justru sudah meninggal sementara dia masih hidup, membuatnya semakin percaya bahwa minuman itulah yang membuatnya panjang umur.

Elizabeth Sullivan [Image Source]
Elizabeth Sullivan [Image Source]
Selain minum Dr Pepper tiga kali sehari, menurutnya rahasia panjang umur adalah dengan menikmati hidup. Ia merasa bahagia dan selalu bersyukur ia masih berada di dunia dan tinggal di rumah, bukan di panti jompo. Ia juga bersyukur masih bisa membaca buku, menonton televisi, dan banyak orang-orang yang selalu datang dan menyapanya.

3. Wanita 110 Tahun yang Berterima Kasih Pada Bir Untuk Usianya yang Panjang

Agnes Fenton yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 110 tahun pada Juli lalu mengungkapkan bahwa Miller High Life, sejenis bir, adalah rahasia umur panjangnya. Menurutnya, setelah ia didiagnosis memiliki tumor jinak bertahun-tahun lalu, dokter menyarankannya untuk minum Miller High Lifes tiga kali sehari. Jadi selama 70 tahun terakhir hidupnya, ia rajin minum bir tersebut yang terkadang juga ia selingi dengan minum scotch.

Agnes Fenton [Image Source]
Agnes Fenton [Image Source]
Fenton yang sudah semakin tua tersebut kini semakin sedikit makan. Akhirnya para perawat melarang Fenton minum alkohol. Namun ketika ditanya apakah para perawat akan membiarkannya menikmati segelas bir di hari ulang tahunnya, ia berkata, “sebaiknya begitu”.

4. Wanita Berusia 108 Tahun yang Hidup Selibat

Clara Meadmore adalah seorang perawan tertua dengan usia 108 tahun. Menurutnya, keputusannya untuk hidup selibat (tidak menikah) adalah rahasia ia bisa panjang umur hingga sekarang ini. Clara menyebutkan bahwa ia tidak pernah melakukan hubungan seksual karena ia terlalu sibuk untuk menjalani hubungan. Menurutnya punya pasangan itu merepotkan, sehingga sejak muda ia memilih untuk lebih fokus bekerja.

Clara Meadmore saat masih muda dan kini [Image Source]
Clara Meadmore saat masih muda dan kini [Image Source]
Pensiunan sekertaris ini menyebutkan bahwa di masa mudanya sekitar tahun 1920an dan 1930an, seks berarti pernikahan, sementara ia tidak tertarik untuk menikah. Jadi, ia juga tidak pernah mencari pacar, sebaliknya Clara mengisi waktu dengan membaca, berkebun, dan mendengarkan radio. Wanita ini meninggal pada tahun 2011.

5. Wanita Berusia 105 Tahun yang Mengaku Bacon Adalah Rahasianya Panjang Umur

Pearl Cantrell mengaku bahwa kecintaanya pada bacon atau daging babi asap adalah yang membuatnya bisa panjang umur. Ia sangat suka bacon dan mengonsumsinya setiap hari dengan digoreng kering agar renyah.

Pearl Cantrell [Image Source]
Pearl Cantrell [Image Source]
Berita kecintaan Pearl Cantrell terhadap bacon sampai ke telinga perusahaan yang memproduksi bacon, Oscar Mayer. Perusahaan ini kemudian memberikannya suplai bacon seumur hidup serta mengajaknya jalan-jalan berkeliling di tempat tinggalnya, Richland Springs, Texas dengan mobil sosis perusahaan tersebut.

6. Wanita Berusia 100 Tahun Mengaku Minuman Keras Adalah Rahasia Panjang Umurnya

Pauline Spagnola mengatakan bahwa minum bir adalah rahasianya bisa memiliki umur panjang. Minuman favoritnya adalah Stegmaier yang dibuat di Lion Brewery, Wilkes-Barre. Untuk usianya yang ke-100 tahun pada Juni 2015 lalu, perusahaan tersebut memberinya kejutan dengan memberinya minuman favoritnya tersebut, juga bir musim panas dan root beer.

Pauline Spagnola [Image Source]
Pauline Spagnola [Image Source]
Pauline minum beberapa gelas bir sehari. Satu di siang hari, satu untuk sore hari, dan satu lagi sebelum tidur. Menurutnya minuman tersebut akan membantunya tidur nyenyak di malam hari.

7. Rahasia Panjang Umur Wanita 116 Tahun: Bacon, Telur, dan Tetap Single Seumur Hidup

Susannah Mushatt Jones adalah seorang pecinta bacon dan telur. Menurutnya, makanan tersebut adalah rahasianya bisa mencapai usia hingga 116 tahun seperti sekarang ini. Selain itu, sepanjang hidupnya ia selalu hidup sederhana. Tanpa pesta, tidak merokok, serta tidak minum minuman beralkohol.

Susannah Mushatt Jones [Image Source]
Susannah Mushatt Jones [Image Source]
Wanita ini juga tidak pernah memakai makeup atau mewarnai rambutnya. Ia tidur 10 jam sehari dan tidak menikah yang menurutnya juga merupakan beberapa rahasia ia bisa hidup panjang. Jones tidak pernah memiliki anak atau suami, tapi ia masih memiliki keluarga besar di sekitarnya yang merawat, mendukung, dan memberikan kenyamanan untuknya.

Itulah beberapa orang tertua yang memiliki rahasia umur panjang yang cukup nyeleneh. Kesimpulannya, kita tidak pernah tahu berapa lama usia manusia dan apa saja faktor yang bisa membuat mereka panjang umur. Namun, alangkah baiknya jika kita menjaga pola hidup agar selalu sehat setiap saat.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA