Resep Kue Nastar Keju Untuk Hidangan Lebaran

oleh Maya Galuh
08:59 AM on Jul 14, 2015

Kue Nastar adalah salah satu kue yang banyak dijumpai di rumah-rumah saat perayaan Lebaran. Kue kering ini memang menjadi favorit tersendiri karena rasanya yang manis dengan isian selai nanas didalamnya.

Asal kata Nastar adalah dari bahasa Belanda yaitu ananas dan taart yang artinya tart nanas. Kue ini berbentuk bulat kecil dengan diameter sekitar 2 sentimeter dengan potongan kismis atau cengkeh diatasnya. Nah, daripada membeli, yuk bikin sendiri kue nastar untuk lebaran nanti.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

Nastar Keju
Nastar Keju [ImageSource]
Tidak perlu khawatir menghabiskan terlalu banyak waktu membuat kue ini. Untuk persiapan, kamu hanya membutuhkan kurang lebih 1 jam dan untuk memasaknya kurang lebih 30 menit. Total, kamu hanya membutuhkan 1 jam 30 menit untuk membuat kue nastar.

Untuk membuatnya, pertama kamu memerlukan beberapa bahan berikut ini:
– 250 gram tepung terigu
– 50 gram gula halus
– 100 gram mentega
– 2 butir kuning telur
– ½ sdm susu bubuk full cream
– ¼ sendok teh vanili
– ½ sdm tepung maizena
– Keju
– Selai nanas
– 2 butir kuning telur, untuk olesan

Nah, setelah bahan-bahan siap, sekarang saatnya membuat kue nastar. Pertama, siapkan mangkuk dan kocok kuning telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga merata. Selanjutnya tambahkan gula halus dan mentega, aduk lagi hingga benar-benar tercampur rata. Setelah merata, baru masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan vanili. Aduk terus hingga merata dan adonan menjadi lembut dan pulen.

Ambil adonan lalu buat bulatan-bulatan dari adonan tersebut, kemudian pipihkan. Setelah semua adonan selesai dibentuk, sisihkan. Isi adonan tersebut dengan selai nanas secukupnya, kemudian bulatkan kembali berbentuk bola.

Nah, setelah semua adonan sudah diberi isian selai dan dibentuk bola, letakkan adonan diatas loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Tapi ingat, jangan terlalu dekat menyusun bola-bola tersebut antara yang satu dengan lainnya. Agar saat kue matang dan mengembang, nastar tidak saling melekat.

Olesi bagian atas adonan dengan kocokan kuning telur secara merata. Taburi bagian atas adonan dengan keju parut. Sementara itu, panaskan oven, kemudian panggang selama 20 menit dengan api sedang agar kue bisa matang secara merata. Setelah matang, angkat kue dan sisihkan agar dingin. Setelah dingin, baru angkat dari loyang dan simpan dalam toples cantik yang tertutup rapat.

Nah… mudah bukan membuatnya? Kini kamu bisa menyajikan kue nastar keju untuk tamu istimewamu. Yuk dicoba!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA