Resep Mudah Kue Kastengel Keju

oleh Maya Galuh
11:49 AM on Jul 15, 2015

Setelah menjalani bulan puasa selama satu bulan penuh, maka umat Muslim akan bersiap untuk merayakan hari Raya Idul Fitri. Nah, saat ini hari raya lebaran sudah ada di depan mata dan setiap keluarga tentu sudah menyiapkan beragam menu spesial untuk sajian keluarga dan tamu di hari spesial ini.

Salah satu sajian yang bisa kamu temui hampir di setiap rumah adalah sajian kue kering. Rasanya yang manis, dan ada juga yang gurih selalu menjadi santapan yang dinikmati oleh setiap orang baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang-orang tua.  Kue Kastengel merupakan salah satu jenis kue kering yang banyak disukai. Jadi, jangan lupa untuk menyediakannya di rumah kamu ya. Cara membuatnya juga tidak sulit kok, ikuti saja resepnya berikut ini.

Baca Juga
Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri
5 Kuliner Pedas di Yogyakarta Ini Bakal Membuatmu Rela Antri Berjam-Jam untuk Menikmatinya

Resep Mudah Kue Kastengel Keju
Resep Mudah Kue Kastengel Keju [ImageSource]
Untuk membuat Kue Kastengel Keju, pertama kamu perlu menyiapkan beberapa bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang kamu butuhkan antara lain:
–    Tepung Terigu yang sudah diayak 300 gram
–    Kuning Telur 3 butir
–    Roombutter 15 gram
–    Margarine 185 gram
–    Keju cheddar parut 75 gram
–    Keju tua 150 gram
–    Kuning telur untuk olesan 2 butir

Setelah semua bahan sudah siap, sekarang saatnya membuat kue kastengel keju. Pertama, kocok margarine dan roombutter hingga tercampur rata dan menjadi lembut. Sambil terus dikocok, masukkan 3 butir kuning telur satu persatu hingga semua tercampur rata, kemudian matikan mixer. Selanjutnya, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil mengaduk adunan dengan sendok kayu. Terus aduk hingga adonan tercampur rata, kemudian masukkan keju tua sambil terus diaduk rata.

Setelah adonan tercampur rata, sekarang saatnya mencetak kue. Siapkan plastik segitiga dan masukkan adonan kue ke dalam plastik tersebut. Potong ujung plastik dengan diameter kurang lebih 1 cm. Semprotkan adonan yang ada dalam plastik segitiga dengan ukuran memanjang. Kemudian potong adonan dengan panjang 3 cm.

Sementara itu, siapkan loyang kemudian olesi dengan margarine secara merata.  Tata adonan kue yang sudah dicetak di atas oven tersebut. Olesi permukaan adonan yang sudah dicetak tersebut dengan kuning telur yang sudah dikocok dan taburi dengan keju cheddar parut.

Setelah semua adonan yang dicetak sudah diolesi dengan kuning telur dan taburan keju, panggang adonan dalam oven bersuhu 160 derajar celcius. Tunggu hingga matang selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin terlebih dulu sebelum disimpan dalam toples.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA