5 Fakta ‘Repotnya’ Hidup Bertetangga di Indonesia

oleh Rizal
07:05 AM on Jun 22, 2015

Kalau dipikir-pikir dengan semua hal yang dimiliki negeri ini, Indonesia sebenarnya adalah senyaman-nyamannya tempat tinggal lho. Apa sih yang kita nggak punya? Alam dengan vegetasinya beraneka ragam, sumber daya mineral yang melimpah hingga iklim tropis yang bikin Indonesia nyaman banget. Belum lagi kemajemukan penduduknya juga bikin negara ini jadi asik banget buat ditinggali.

Yah, namanya majemuk, selalu aja ada hal yang nggak mengenakkan. Terutama soal hidup bertetangga. Emang masalah klasik sih, tapi sepertinya harus ada perhatian lebih nih. Pasalnya hampir di semua tempat pasti pernah mengalami masalah sama tetangga. Misalnya aja beberapa hal berikut yang bikin hidup bertetangga jadi nggak enak.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Kesenjangan Sosial

Ini jadi masalah serius yang ada di sekitar kita. Kalau di daerah perumahan elit sepertinya hal ini nggak terjadi, tapi kalau di perkampungan padat penduduk biasanya baunya kecium banget. Kamu pasti pernah melihat atau bahkan mengalami fenomena di mana dua orang tetangga yang hidupnya sangat timpang. Satunya miskin banget tapi yang satunya malah sangat berkecukupan.

Satunya miskin satunya kaya, tapi nggak saling mengerti [Ilustrasi Image Source]
Satunya miskin satunya kaya, tapi nggak saling mengerti [Ilustrasi Image Source]
Anehnya, dua tetangga ini nggak akur banget. Si kaya ini bertingkah sombong, sedangkan si miskin nggak berhenti menghujat dan mendoakan yang buruk-buruk. Drama banget sih, tapi hal-hal seperti ini emang sering kejadian. Solusinya mungkin saling introspeksi diri aja biar hidup bertetangga bisa makin nyaman.

2. Hewan Peliharaan

Nah, ini yang emang bikin kesel banget. Udah tahu tinggal di gang sempit kok malah memelihara ayam. Hasilnya udah pasti bikin ribut tuh. Mulai tanaman tetangga yang habis, kotoran bercecer di jalan, hingga bikin phobia bagi siapapun bagi haters si ayam ini.

Gara-gara peliharaan bisa bikin nggak akur sama tetangga [Image Source]
Gara-gara peliharaan bisa bikin nggak akur sama tetangga [Image Source]
Belum lagi baunya yang pasti mengganggu. Well, emang susah sih menghadapi tetangga yang modelnya begini. Dikasih tahu baik-baik pun kadang bisa berakhir nggak saling sapa selama 3 bulan. Penyelesaiannya sih serahkan sama pejabat setempat. Aparat yang berkewajiban menentramkan warganya pasti bisa diandalkan untuk masalah seperti ini. Nah, buat kamu yang pengen memelihara hewan usahakan lihat situasi dan kondisi dulu. Bikin kandang biar nggak lari ke rumah-rumah tetangga dan usahakan nggak mengganggu sama sekali.

3. Rumah Berdempetan

Ini juga jadi masalah pelik hidup bertetangga. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi salah satunya masalah lahan. Nah, karena berdempetan maka sebisa mungkin masing-masing pemilik rumah rumah harus saling menghormati dan sebisa mungkin tahu diri.

Rumahnya padat dan berdempet harus saling mengerti dong! [Image Source]
Rumahnya padat dan berdempet harus saling mengerti dong! [Image Source]
Misalnya aja nggak memutar musik dengan kencang atau berisik sampai larut malam. Problem lain yang berimbas hubungan nggak harmonis adalah masalah talang air. Posisi rumah yang dempet bisa menimbulkan masalah bocor tuh. Hal-hal seperti ini harus dirembukkan dengan baik agar nggak terjadi persinggungan.

4. Gosip Menyebar Sangat Cepat

Lingkungannya yang padat membuat berita apa pun tersebar dengan cepat, bahkan broadcast message BBM pun kalah cepet tuh. Sepertinya udah jadi sifat dasar penduduk negeri ini yang suka penasaran dengan apa pun alias kepo. Kalau berita yang menyebar benar sih nggak masalah, tapi biasanya sangat jarang hal ini terjadi.

Tetangga suka gosip? Udah biasa! [Ilustrasi Image Source]
Tetangga suka gosip? Udah biasa! [Ilustrasi Image Source]
Yup, kebanyakan malah ditambah atau dikurangi sehingga konten aslinya udah nggak original sama sekali. Akibatnya saling sindir menyindir pun terjadi. Kalau udah gini, mau nggak mau harus bikin klarifikasi. Tapi, beberapa orang memilih cuek dengan pemberitaan yang nggak benar tentang dirinya. Namanya, juga hidup bertetangga. Maklum deh!

5. Parkir dan Menjemur Pakaian

Parkir sembarangan juga ikut andil membuat hubungan bertetangga jadi nggak harmonis. Masalah menjemur cucian juga sama, bahkan kadang beberapa orang melakukannya sampai ke tahap ekstrim. Misalnya mengeringkan pakaian di teras rumah tetangganya dan sebagainya. Hal ini tentu bikin kesel dong!

Menjemur pakaian juga ada aturannya, nggak boleh asal taruh aja [Image Source]
Menjemur pakaian juga ada aturannya, nggak boleh asal taruh aja [Image Source]
Pendekatan personal jadi solusi yang bisa dilakukan. Kalau udah keterlaluan sih udah saatnya untuk melibatkan aparat setempat.

Namanya hidup bertetangga emang harus saling toleransi. Sebisa mungkin jangan sampai menimbulkan hal-hal yang menyebabkan gesekan. Kamu juga mengalami masalah di atas? Ada baiknya segera berinisiatif tuh. Biar nggak berlarut-larut dan bikin hidup bertetangga jadi nggak nyaman.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA