5 Rencana Jahat Pemerintah yang Bakal Menghancurkan Musuhnya

oleh Tetalogi
09:25 AM on Feb 2, 2016

Dalam situasi perang, pemerintah akan berusaha sekuat mungkin untuk membuat lawan menyerah. Terkadang di saat seperti inilah kemanusiaan seperti telah hilang karena ambisi untuk menguasai lawan. Berbagai rencana kejam pun dibuat untuk mengalahkan lawan.

Beberapa rencana tersebut ada yang berhasil, namun ada juga yang gagal. Seandainya beberapa rencana berikut ini terlaksana, negara lawan mereka pasti akan hancur.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

1. Jepang Mencoba Membakar Amerika Serikat

Sebelum terjadinya Perang Dunia II, Jepang menemukan adanya arus angin yang menyeberangi Samudra Pasifik di ketinggian 9 ribu meter. Ketika akhirnya Jepang berhadapan dengan Amerika dalam Perang Dunia II, mereka berusaha memanfaatkan apa yang mereka ketahui ini.

Salah satu balon bom yang nyangkut di pohon [Image Source]
Salah satu balon bom yang nyangkut di pohon [Image Source]
Dengan menggunakan ribuan balon udara besar yang diterbangkan di Timur Jepang, mereka mencoba membakar Amerika. Ratusan balon tidak berhasil sampai di Amerika, namun beberapa di antaranya berhasil sampai dan menewaskan satu orang wanita dan 5 orang anaknya.

2. Amerika Menggunakan Herbisida dalam Perang Vietnam

Tentara Vietnam punya kemampuan hebat dalam berperang di dalam hutan dan bersembunyi di sana. Ternyata pihak Amerika kewalahan dengan keahlian tentara Vietnam ini. Akhirnya mereka memutuskan untuk menyemprotkan herbisida dengan bahan kimia di hutan Vietnam agar tanaman mati semua.

Pesawat Amerika menyiramkan Herbisida [Image Source]
Pesawat Amerika menyiramkan Herbisida [Image Source]
Untungnya rencana ini tidak sepenuhnya berhasil. Meski sasaranya sangat luas dan teliti, Amerika tidak berhasil membongkar tentara Vietnam Utara yang berhasil mengalahkan Amerika di hutan.

3. Nazi Mencoba Menghancurkan Ekonomi Inggris

Nazi melakukan sebuah operasi rahasia bernama Operation Bernhard untuk menghancurkan ekonomi Inggris. Caranya adalah dengan membuat uang palsu Inggris dan disebarkan di negara tersebut, sehingga menimbulkan inflasi dan mengganggu pendanaan perang Inggris.

Adolf Burger menunjukkan mata uang palsu Inggris yang dibuat Nazi [Image Source]
Adolf Burger menunjukkan mata uang palsu Inggris yang dibuat Nazi [Image Source]
Nazi mencetak lebih dari 100 juta pounds uang palsu yang diberikan kepada mata-matanya untuk digunakan di Inggris. Ternyata Inggris hanya perlu menarik segala pecahan uang yang lebih besar dari 5 pounds dari peredaran. Hal ini menyelesaikan masalah dengan sangat cepat dan rencana Nazi gagal.

4. Organisasi Rahasia Amerika yang Akhirnya Malah Menjadi Teroris

Setelah Perang Dunia II, CIA menciptakan setidaknya satu organisasi rahasia untuk ditempatkan di Eropa. Tujuannya adalah agar mereka bisa mencegah Uni Soviet untuk menguasai Eropa. Peralatan rahasia dirancang untuk para anggota organisasi yang terpisah dari CIA ini.

Lambang CIA [Image Source]
Lambang CIA [Image Source]
Gladio, sebuah jaringan di Italia, pada akhirnya justru berkembang menjadi organisasi teroris karena mereka begitu membenci komunisme. Jaringan ini banyak dihubungkan dengan usaha pembunuhan Paus, pengeboman teroris, serta penyusupan ke pemerintahan tertinggi Italia. Setelah banyak kerusakan yang terjadi, organisasi ini akhirnya dibubarkan.

5. Amerika Memanipulasi Cuaca Saat Perang Vietnam

Selain menggunakan herbisida, Amerika juga mencoba untuk memanipulasi cuaca dalam perang Vietnam. Ini adalah rencana rahasia yang berjalan sejak tahun 1967 hingga 1972. Rencananya sebenarnya cukup sederhana, yaitu memanipulasi awan agar terjadi hujan deras dan memperpanjang musim hujan.

Pesawat Amerika memanipulasi cuaca [Image Source]
Pesawat Amerika memanipulasi cuaca [Image Source]
Tujuannya adalah agar jembatan milik tentara Vietnam hanyut, merusak alur suplai makanan mereka, serta membuat mereka kesulitan berada di gunung dan hutan. Tapi rencana ini tidak berjalan lancar. Selain itu, PBB melarang program ini sebagai metode peperangan.

Itulah tadi sebagian rencana jahat yang untungnya tidak sampai memakan banyak korban. Meski begitu, yang namanya perang memang akan selalu merugikan banyak pihak. Nyawa orang yang tidak bersalah pun menjadi taruhannya demi memuaskan keinginan pemimpin atau pemerintahannya. Semoga saja peperangan yang hanya demi ambisi untuk menguasai wilayah atau negara lain ini tidak terjadi lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA