Rekaman isi CVR Air Asia QZ8501 yang Beredar, HOAX!

oleh venny
10:25 AM on Jan 16, 2015

Beredarnya rekaman pembicaraan dari kokpit Air Asia QZ8501 di masyarakat ditanggapi oleh Tim Investigasi komite Nasional Keselamatan Transpotasi (KNKT) yang memastikan bahwa rekaman tersebuta adalah Hoax!

Ketua Tim Investigasi Mardjono, yang merupakan dosen teknik mesin dan kedirgantaraan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menegaskan, bahwa isi dari Cockpit Voice Recorder (CVR), baik suara maupun transkrip lengkap, bukanlah untuk konsumsi publik. Ia meminta kepada masyarakat untuk bersabar menunggu laporan akhir dari tim investigasi.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

CVR Air Asia QZ8501
CVR Air Asia QZ8501

“Jangan ikut meresahkan masyarakat. Rekaman itu tak akan boleh bocor, dibocorkan atau disiarkan,” kata Mardjono di kantor KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (15/1/2015)

“Tunggu laporan akhir KNKT. Itu (laporan) boleh dibahas dan dibaca secara bebas setelah diterbitkan. Tapi bukan transkrip seluruhnya, suara apalagi. Kenapa seperti itu? karena untuk melindungi supaya tidak ada tafsiran liar,” terang Mardjono.

Sepekan ini tersebar rekaman di tengah masyarakat yang berisi suara seseorang yang diduga pilot air Asia QZ8501 berasal dari ruang kemudi. Kapten Irianto, pilot QZ8501, terdengar beberapa kali mengucap kata takbir sebelum pesawat berpenumpang 155 orang dan 7 awak pesawat itu jatuh di laut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA