Video Reaksi Kocak Para Bule Saat Makan Masakan Khas Indonesia

oleh Centralismo
12:16 PM on Aug 15, 2015

Akibat latar belakang budaya yang berbeda, negara kita memiliki ribuan macam kuliner dari masing-masing daerah. Ini membuat Indonesia sangat kaya akan masakan yang memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Dari Sabang hingga Marauke memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Bagi kita orang asli Indonesia, makanan dari berbagai daerah di Indonesia tentulah cocok di lidah kita. Namun, bagaimana jika para bule yang mencoba makanan Indonesia? Apakah menurut mereka masakan Indonesia sama enaknya seperti masakan negara mereka? Berikut Boombastis sajikan beberapa reaksi kocak para bule dari kantor redaski Buzzfeed yang mencoba masakan khas Indonesia.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Es Doger, Minuman Segar dengan Cita Rasa Beda

Siapa yang tidak kenal es doger? Minuman berbahan dasar kelapa ini memang sangat cocok dinikmati di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Campuran tape, ketan, kelapa dan es membuat minuman ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan penutup. Kali ini, para bule mencoba minuman yang mereka bilang seperti milkshake ini.

Es Doger
Es Doger minuman khas Indonesia

Menurut mereka, minuman ini sangat menyegarkan. Terlebih lagi rasa kelapanya yang sangat eksotis dan hanya ditemui di negara-negara tropis. Ini kali pertama para bule itu memakan es doger. Dan menurut mereka, itu adalah salah satu minuman ternikmat yang pernah mereka coba.

2. Gado-Gado

Biasanya, masakan Indonesia identik dengan aneka goreng-gorengan. Namun, jangan salah, Indonesia juga memiliki kuliner yang sehat yaitu gado-gado. Makanan yang terdiri dari sayur-sayuran ini tambah nikmat lagi dengan kehadiran saus kacang dan kerupuk sebagai pendamping.

Gado-Gado
Bule mencoba makan Gado-Gado 

Salah seorang bule merasa agak aneh, karena dalam gado-gado terdapat telur rebus. Mungkin, dia mengira gado-gado adalah salad yang murni sayuran dan tidak perlu ditambah dengan lauk. Sementara satu bule lain sangat tertarik dengan kerupuk yang mendampingi gado-gado. Semua bule tampak senang dengan gado-gado.

3. Ikan Bakar

Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan garis pantai yang cukup panjang. Tidak heran jika kita akrab dengan makanan laut. Terlebih saudara kita yang tinggal di Indonesia bagian Timur, ikan seperti makanan wajib sehari-hari yang dengan mudah bisa mereka dapatkan. Kali ini, bule-bule yang bekerja di redaksi Buzzfeed ini dihidangi menu ikan bakar.

Ikan Bakar
Mencicipi Ikan Bakar 

Reaksi para bule ini sangat lucu karena mereka kaget dengan penampilan ikan bakar. Wajar saja, di negara Barat, ikan disajikan dengan cara di-fillet atau hanya diambil dagingnya saja. Sementara di Indonesia, kita terbiasa menyajikan ikan dalam keadaan utuh. Meski awalnya agak ragu, namun akhirnya mereka mencoba ikan bakar dan mengakui bahwa makanan itu memang enak.

4. Nasi Goreng

Siapa sih yang bisa menahan godaan nasi goreng? Meski sebenarnya nasi goreng berasal dari Cina, namun nasi goreng Indonesia memiliki bumbu dan cita rasa yang lebih khas. Bahkan presiden Obama, ketika datang ke Indonesia sempat memuji orang Istana atas sajian nasi goreng.

Nasi Goreng
Makanan khas Indonesia, Nasi Goreng 

Para bule ini mengaku bahwa mereka pernah makan nasi goreng sebelumnya, namun rasa nasi goreng dari Indonesia sangatlah berbeda. Ada yang berkata rasanya seperti udang, ada juga yang berkata bahwa bumbunya sangat terasa di lidah. Salah satu bule malah mengatakan bahwa masakan Indonesia adalah masakan kesukaannya yang baru.

5. Rendang

Masakan asal Sumatera Barat ini memang menjadi salah satu primadona masakan Indonesia. Terdiri dari rempah-rempah khas Indonesia dan santan yang kental, daging dimasak hingga empuk dan diresapi oleh bumbu. Tidak heran jika masakan ini digelari salah satu dari 100 masakan terenak di dunia versi salah satu jaringan televisi internasional.

Rendang
Makanan Terenak di Indonesia, Rendang 

Awalnya, melihat bentuk rendang yang tidak meyakinkan, bule-bule ini ragu untuk mencoba. Namun, setelah mencoba sesuap, mereka akhirnya ketagihan. Dagingnya yang lembut dan rempah-rempahnya yang kaya membuat bule-bule ini terkesima. Salah satu wanita bule bahkan mengatakan, “bisa-bisanya aku hidup selama ini, tapi tidak tahu ada masakan seenak masakan ini, masakan Indonesia.”

Kesimpulannya, hampir semua bule ini jatuh cinta pada kuliner nusantara. Tidak heran, karena kita juga sudah membuktikan kenikmatan masakan-masakan di atas. Tapi jangan lupa, imbangi makanan anda dengan sayur dan buah, karena makan enak harus diimbangi dengan makan sehat.

Untuk reaksi yang lebih lengkap, anda bisa lihat video reaksi para bule ini saat makan masakan-masakan tadi. Semoga sehabis ini, masakan Indonesia lebih dikenal lagi di seluruh dunia, ya. (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA