Inilah Makanan Wajib Tentara di Dunia, Punya Indonesia Bikin Ngiler Loh

Beberapa bikin kita pingin nambah tapi berapa malah bikin muntah

oleh Arief Dian
17:00 PM on Apr 3, 2017

Menjadi seorang tentara harus sigap dalam keadaan apapun, terjaga bahkan selama 24 jam. Namun, bagaimana jika lapar datang menyerang di saat bertugas? Tentara bagaimana pun juga tetap seorang manusia, ketika lapar ya makan, termasuk dalam kondisi-kondisi darurat. Tapi, soal makanan, para tentara mempunyai cara yang berbeda. Ya, mereka memiliki yang namanya ransum.

Bicara masalah ransum, satu negara dengan yang lain punya menu yang berbeda. Semua disesuaikan dengan kondisi wilayah dan kultur yang ada. Misalnya di Indonesia, tidak mungkin kalau para tentara diberi ransum roti gandum. Bisa tidak kenyang perut mereka kalau tak ketemu nasi. Mau tahu lebih lanjut mengenai ransum? Berikut beberapa makanan wajib para tentara dari beberapa negara dan beberapa bisa bikin kamu ngiler.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Ransum Perancis, berasa berada di restoran

Ransum Perancis [image source]
Makanan wajib bagi para tentara di negeri ini bak menu di sebuah restoran ternama. Pasalnya ransum milik Perancis tersedia dengan berbagai rasa. Ada kurang lebih 14 menu, tujuh mengandung daging babi dan tujuh lagi merupakan menu halal. Ransum Perancis diberi nama Ration de Combat Individuelle Rechauffable (RCIR), alias ransum tempur individu yang dapat dipanaskan.  Dalam makanannya terdapat  pasta tuna, salmon, hati ayam, ikan makarel, duck mousse, daging rusa, daging kelinci dan menu-menu mewah lainnya. Sedangkan untuk minuman, para tentara bisa mendapatkan kopi, teh bahkan wine dalam ransum tersebut. Kalau ransumnya seperti ini sih bisa dibilang makanan buat kelas atas.

China, seperti makanan biasa

Ransum China [image source]
Kalau ransum dari negeri yang satu ini memang tidak terlalu menarik. Pasalnya, isinya hanya nasi goreng dengan daging babi ditambah satu bungkus saus tomat dan beberapa buah. Bisa dianggap menu milik China ini sangat irit. Mungkin ransum sederhana bertujuan untuk memotong biaya pengeluaran agar tidak terlalu banyak. Namun hasilnya ya sepertinya nafsu makan dari para tentara yang berkurang. Tidak dibayangkan kalau militer China latihan bersama dengan negara lain, bisa iri dibuatnya lihat menu-menu personel lain.

Ransum Rusia, makanan buat orang sakit

Ransum Rusia lihat saja merasa muntah [image source]
Kalau di Indonesia, ransum milik Rusia ini hanya diperuntukkan buat orang sakit. Ransum ini hanya berisi sereal gandum dan jagung. Selain itu sosis roti dan mentega juga ditambahkan sebagai tambahan gizi. Untuk minumnya, kadang digunakan teh, susu atau air putih biasa. Kalau tentara lain ditawari untuk makan ransum dari Rusia ini, jelas tidak ada yang mau. Apalagi kalau ditawarkan pada tentara Perancis, malah muntah semua dibuatnya. Tak hanya itu, militer Rusia juga memiliki menu ransum yang terdiri dari campuran daging, nasi dan beberapa bumbu lainnya. Yang ini juga tak kalah bikin eneg.

Kanada, selalu berganti tema setiap tahunnya

Ransum Kanada [image source]
Mungkin karena kasihan pada para tentara yang terus menerus diberi makanan yang sama, Kanada pun membuat menu yang berbeda di setiap tahunnya. Ransum milik Kanada diberi nama IMP (Individual Meal Pack), pertama kali dikenalkan pada tahun 1981. Menu utama IMP sendiri berubah setiap tahunnya, kadang sup instan, kadang kentang kadang juga nasi.  Kandungan kalori pada ransum ini sangat tinggi, mencapai 1,200 kalori per set menu. Kalori tersebut sudah melebihi apa yang telah ditetapkan oleh NATO. Dengan kalori sebanyak itu, bukannya sehat bisa-bisa tentaranya malah gendut semua.

Indonesia, rasa khas nusantara

Ransum Indonesia

Sudah bukan rahasia kalau masakan Indonesia terkenal karena kelezatannya. Mungkin itulah yang menginspirasi dibuatnya ransum bercita rasa masakan asli Indonesia. Ada yang rasa sate ayam, gulai, rendang dan masakan Indonesia lainnya. Bisa dibilang kalau ransum Indonesia ini adalah yang paling lezat di dunia. Bahkan seorang Youtuber Rusia mengupload video mengenai lezatnya ransum Indonesia saat mereka cicipi. Mungkin ini rahasia dari tentara-tentara kita, masakan yang enak membuat mereka jadi tambah bersemangat. Kalau masalah makanan, Indonesia jagonya.

Ransum awalnya memang dibuat untuk militer, tapi bukan berarti masyarakat umum tidak boleh mencicipinya. Apalagi ransum milik Indonesia, cita rasa khasnya bisa membuat kita ketagihan dibuatnya. Mungkin setelah ini ransum bisa jadi trend makanan instan baru di kalangan masyarakat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA