Inilah Rangkaian Pernikahan Gibran dan Selvi Yang Sederhana Namun Istimewa

oleh Febri
10:43 AM on Jun 11, 2015

Mulai Selasa tanggal 9 Juni kemarin, hingga Kamis 11 Juni, tak hanya keluarga besar Presiden Jokowi saja yang berbahagia, tapi segenap masyarakat Indonesia juga ikut merasakannya. Tepatnya pada hari kamis besok akan diadakan resepsi pernikahan Gibran Rakabuming putra dari Presiden Jokowi dengan Selvi Ananda.

Wedding-Gibran&Selvie

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Semua orang pasti penasaran, bagaimana nantinya pesta pernikahan anak dari orang nomor satu di Indonesia tersebut? Perhelatan seperti ini juga pernah terjadi sebelumnya, mengingat mantan Presiden SBY juga pernah mengadakan pesta pernikahan putra-putranya ketika masih menjabat. Lalu bagaimana dengan rangkain resepsi pernikahan yang kabarnya diatur oleh Gibran sendiri tersebut? Berikut ini informasi selengkpanya.

1. Diawali Dengan Lamaran

Prosesi pernikahan Gibran dan Selvi sepenuhnya mengikuti pakem adat pernikahan jawa. Dan tentu saja yang yang menjadi awal dari prosesi tersebut adalah lamaran. Selasa kemarin, Gibran bersama dengan keluarga besarnya melakukan tembungan(lamaran) kepada keluarga Selvi untuk meminta kesediaannya menjadi istri dari Gibran.

Acara lamaran Gibran dan Selvi
Acara lamaran Gibran dan Selvi [imagesource]
Kesederhanaan sudah bisa terlihat bahkan diawal prosesi pernikahan. Tidak ada arak-arakan yang berlebihan, sedangkan keluarga besar Presiden Jokowi cukup berjalan kaki menuju rumah calon besannya. Acara tersebut dimulai pada pukul 19.00 dan Gibran memperoleh jawaban atas lamarannya pada malam itu juga.

2. Siraman

Setelah dicapai kata sepakat baik dari keluarga Gibran maupun keluarga Selvi, maka kedua calon pengantin akan melakukan prosesi siraman di rumah masing-masing. Siraman adalah prosesi yang sarat akan makna penyucian diri bagi kedua calon mempelai.

Siraman
Siraman [imagesource]
Air yang akan digunakan untuk siraman berasal dari tujuh sumber air yang berasal dari Masjid Agung Surakarta, Mloyokusuman, Kraton Kasunanan, Mangkunegaran, Masjid Mangkunegara, air Zamzam, dan air dari rumah Selvi. Rona kebahagiaan terlihat saat Presiden Jokowi mengendong Gibran seusai acara siraman, sesuai dengan tradisi adat Jawa pada umunya.

3. Jualan Cendol

Di lain pihak, keluarga calon besan Presiden Joko Widodo juga melakukan tradisi jualan cendol atau dawet. Prosesi ini bukan berarti menjual cendol untuk mendapatkan uang, karena para tamu yang hendak membeli cendol yang di jual oleh Sri Partin, ibu dari Selvi Ananda harus membayar dengan menggunakan pecahan genteng dan kreweng.

Calon Besan Jokowi Jualan Cendol
Calon Besan Jokowi Jualan Cendol [imagesource]
Prosesi itu melambangkan kewajiban suami-istri dalam hidup berumah tangga, yaitu saling membantu untuk menafkahi keluarga. Sedangkan kreweng atau pecahan genteng adalah simbol dari tanah yang bermakna manusia akan kembali ke tanah saat meninggal.

4. Midodareni

Setelah prosesi siraman, Selvi Ananda menyampaikan permohan doa restu kepada masyarakat, agar pernikahannya dengan Gibran diberikan kelancaran. Mulai lamaran hingga prosesi siraman, tidak ada seserahan yang diberikan kepada keluarga Selvi, barulah di acara midodareni, ia mendapatkan seserahan dari kelurga Presiden Jokowi.

Prosesi Pernikahan Nggak Neko-Neko [Image Source]
Prosesi Pernikahan Nggak Neko-Neko [Image Source]
Dalam prosesi midodareni Selvi akan dirias menjadi seorang pengantin yang cantik sebelum melakukan akad nikah keesokan harinya. Ia berharap semua orang dapat berbahagia dan ikut serta dalam setiap prosesi pernikahannya dengan Gibran Rakabuming.

5. Akad Nikah

Acara puncak dan paling mendebarkan dari rangkaian prosesi pernikahan adalah momen akad nikah. Setiap pasangan pasti akan merasakan deg-degan dan gugup menjelang akad nikah, perasaan seperti itu tentu juga dirasakan oleh Gibran dan Selvi.

Gibran dan Selvi
Gibran dan Selvi [imagesource]
Pasangan bahagia ini akan melangsungkan akad nikah di Graha Saba Buwana, Jalan Letjen Soeprapto, Sumber, Solo, pada Kamis 11 Juni 2015. Rupanya tak hanya calon mempelainya yang gelisah, kepala Kantor Urusan Agama Banjarsari, Mukhtarozi, yang didaulat sebagai penghulu juga mengaku deg-degan menjelang acara akad nikah Gibran dan Selvi.

6. Resepsi Pernikahan

Ribuan tamu undangan dipastikan akan memadati Graha Saba Buana, gedung pertemuan yang nantinya akan menjadi tempat pesta pernikahan Anak sulung Presiden Jokowi tersebut. Seusai akad nikah, keluaraga besar Gibran dan Selvi akan menerima undangan yang akan memberikan selamat kepada mereka.

Graha Saba Buana
Graha Saba Buana [imagesource]
Acaranya sendiri sederhana dan tidak keterlaluan mewah. Tapi walaupun begitu, desain interiornya akan tetap terlihat indah walaupun tidak menggunakan budget yang mahal. Justru kesederhanaan ini yang banyak mencuri perhatian banyak orang. Hidangan akan disediakan oleh Chili Pari, perusahaan catering milik Gibran sendiri, dalam konsep prasmanan.

Pergelaran pernikahan Gibran dan Selvi saakan tak bisa lepas dari sosok Jokowi yang memang menjadi pribadi yang sederhana dan merakyat. Dengan pernikahan Gibran dan Selvi ini Presiden Jokowi menunjukan kedekatan pejabat dengan rakyat seakan tak ada pembatas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA