5 Ramalan Ini Dipercaya Akan Benar-Benar Terjadi 100 Tahun ke Depan, Bersiaplah!

oleh Rizal
07:00 AM on May 6, 2016

Semua orang sudah semakin pintar hari ini. Mereka takkan pernah mempercayai apa pun jika tidak memiliki dasar yang kuat, termasuk soal ramalan-ramalan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komentar-komentar nyinyir jika ada ulasan yang membahas tentang prediksi dan ramalan. Memang mungkin tidak bisa dipercaya begitu saja, tapi ada beberapa ramalan tentang masa depan yang mungkin boleh dipertimbangkan untuk dipercayai.

BBC beberapa waktu lalu merilis prediksi tentang masa depan, tepatnya hal-hal yang mungkin akan terjadi dalam 100 tahun ke depan. Meskipun kesannya mungkin sama, tapi ramalan ini diambil dari kajian seorang Futurologist terkenal bernama Ian Pearson. Ian tentu tidak asal bicara soal masa depan. Apa yang dikatakannya sudah melalui banyak analisa dan kajian.

Baca Juga
Inilah yang Terjadi Jika Indonesia Menerapkan Hukuman Miskin Seumur Hidup Pada Pejabat Korup
4 Fakta Mengenai Masa Muda Kim Jong Un yang Ternyata Sangat Jauh Dari Kata “Diktator”

Nah, berikut adalah beberapa ramalan yang menurut Ian mungkin akan terjadi dalam rentang waktu 100 tahun ke depan.

1. Lautan Akan Sepenuhnya Bisa Ditanami

Dalam pikiran kita laut mungkin hanya bisa dimanfaatkan dengan mengeksploitasi kekayaan yang ada di dalamnya saja. Padahal, dengan teknologi kita bisa memanfaatkan laut dengan lebih baik lagi. Misalnya memakai luas wilayahnya menjadi lahan pertanian. Terdengar seperti mengkhayal memang, tapi di masa depan mungkin saja hal tersebut benar terjadi.

Teknologi pertanian laut yang sedang dikembangkan [Image Source]
Teknologi pertanian laut yang sedang dikembangkan [Image Source]
Ian sendiri berpendapat jika yang seperti ini pasti akan terjadi. Motivasinya adalah kenaikan jumlah umat manusia yang mungkin di masa depan nanti akan mencapai angka belasan miliar. Makanan tidak cukup hanya ditumbuhkan di daratan saja, dan akhirnya dimanfaatkanlah lautan sebagai lahan. Teknologi pertanian masa depan juga diperkirakan sudah cukup canggih untuk merealisasikan hal tersebut.

2. Otak Manusia Bisa Dihubungkan Langsung ke Komputer

Dari banyaknya hal, komputer adalah bidang yang bisa dibilang paling cepat perkembangannya. Dari tahun ke tahun lompatan teknologinya begitu tinggi. Dengan demikian, maka tak heran jika suatu saat nanti mereka sanggup untuk membaca otak kita.

Menghubungkan otak dengan komputer [Image Source]
Menghubungkan otak dengan komputer [Image Source]
Menurut Ian, hal ini memang sangat mungkin terjadi. Bahkan ia memprediksikan kapan yang macam begini akan mulai marak, yakni di tahun 2050an. Mekanismenya sendiri bisa melalui sebuah transmisi gelombang atau menancapkan sebuah kabel langsung dari kepala ke otak.

3. 8 Persen Penduduk Pria Menikah Dengan ‘Sesamanya’

Hal yang mengejutkan tentang masa depan adalah makin banyak orang yang bakal menikah dengan sesamanya alias same gender marriage. Jumlahnya sendiri diperkirakan bakal mencapai delapan persen dari populasi. Bagi mereka yang mendukung, prediksi ini mungkin menyenangkan, tapi tidak untuk yang sejak awal menolak.

Perkawinan sesama jenis [Image Source]
Perkawinan sesama jenis [Image Source]
Menurut Ian, nantinya orang-orang akan makin terbuka dalam segala hal, termasuk ketertarikan dalam mencari pasangan. Kenapa bisa begini, hal tersebut tak lain karena makin banyaknya negara yang membebaskan tentang hal tersebut. Salah satu momentumnya adalah fenomena rainbow flag yang terjadi beberapa waktu lalu itu.

4. Manusia Sudah Tak Perlu Takut Kematian

Sudah sejak lama manusia ingin hidup kekal, dan sepertinya keinginan ini mungkin akan bisa terwujud dalam seratus tahun ke depan. Diprediksikan nantinya akan muncul sebuah teknologi untuk membuat manusia bisa mewujudkan itu. Salah satunya adalah mengintegrasikan memori otak dengan robotik.

Memori otak bisa disimpan ke media lain [Image Source]
Memori otak bisa disimpan ke media lain [Image Source]
Entah bagaimana mekanismenya, yang jelas akan ada masa di mana otak dan robotik akan tergabung. Otak ini sendiri tak mesti berbentuk organ, tapi bisa data-data yang berisi memori. Jadi, ketika seseorang meninggal, memori otaknya bisa dipindahkan ke media lain. Secara harfiah mungkin mati, tapi tidak soal fungsionalitas sebagai manusia.

5. Antartika Akan Jadi Sebuah Benua Penuh Manusia

Antartika masih jadi misteri sampai hari ini meskipun peneliti sudah melakukan berbagai macam penelitian. Nah, di masa depan nanti diperkirakan akan makin banyak eksplorasi aktif di benua es ini. Rencana ini akan berhasil, dan membuat antartika sebagai daerah teritorial baru manusia.

Antartika akan dipenuhi manusia [Image Source]
Antartika akan dipenuhi manusia [Image Source]
Antartika akan dijadikan tanah hunian. Akan banyak juga eksplorasi tambang di sini. Entah bagaimana caranya, namun dipercaya jika di masa 100 tahun ke depan ini para ilmuan akan menemukan alat yang canggih untuk memungkinkan itu. Antartika sendiri sekarang sudah mulai banyak diperebutkan oleh negara-negara di dunia.

Inilah ramalan-ramalan yang akan terjadi di masa depan nanti. Semuanya hasil analisa yang mendalam. Meskipun begitu, semuanya tetap kembali ke masing-masing orang. Silakan, apakah akan mempercayai ini atau hanya menganggapnya sebagai bualan saja. Lalu, bagimana menurutmu? Apakah semua prediksi ini akan benar-benar terjadi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA