7 Penyebab ‘Kantong Jebol’ dan Cepat Bokek Saat Ramadan

oleh Adi Nugroho
03:00 AM on Jun 26, 2015

Tidak bisa dipungkiri kalau Ramadan bikin kantong kita benar-benar jebol. Jika semula dalam sebulan kita hanya membutuhkan 1 juta untuk biaya hidup, maka saat Ramadan bisa naik jadi dua kali lipat, atau bahkan lebih. Kita cenderung tidak bisa mengontrol pengeluaran yang terus jebol, hingga miris akan datang saat angka-angka di tabungan berkurang drastis.

Baca Juga : Begini Cara Kuliah Sambil Traveling ke Luar Negeri

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Pengeluaran-pengeluaran ini terjadi karena sebagian besar kebutuhan tak bisa dibendung. Namun beberapa hal sebenarnya bisa disiasati untuk ditekan. Nih, 7 penyebab utama kantong kita jebol saat Ramadan. Perhatikan baik-baik, ya!

1. Buka Puasa Pengennya yang Enak-Enak

Saat puasa, kita tidak makan lebih dari 15 jam sehari. Artinya perut benar-benar kosong seharian penuh dari subuh hingga magrib. Dampak dari itu semua adalah nafsu makan kita meningkat dengan drastis. Banyak sekali yang diinginkan untuk dimakan saat bedug maghrib datang dan kita diperbolehkan makan.

Buka Puasa harus Enak [image source]
Buka Puasa harus Enak [image source]
Biasanya kita cenderung pengen buka puasa dengan sesuatu yang enak. Tubuh harus diberi penghargaan atas prestasinya yang kuat menahan lapar. Hasilnya, meja makan akan menumpuk makanan yang kita beli atau buat sendiri. Jika sehari hanya butuh 25 ribu buat belanja, saat puasa bisa lebih. Untuk menyiasatinya, kita bisa masak sesuatu yang kita makan saat hari biasa. Anggap puasa seperti hari-hari biasa, yang spesial kan ibadahnya, bukan makanannya. Ya, nggak?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA