7 Fenomena Unik Ini Jadi Tanda-Tanda Ramadan Akan Berakhir

oleh Rahma Muliani
15:52 PM on Jul 13, 2015

Tak terasa, sudah hampir satu bulan kita menjalani puasa di bulan Ramadan. Hari Raya Idul Fitri pun hanya tinggal menghitung hari. Kita tentu sedih, harus berpisah dengan bulan yang penuh ampunan dan berkah ini.

Biasanya, ada beberapa fenomena yang menjadi tanda berakhirnya bulan Ramadan. Jika beberapa tanda ini mulai bermunculan satu-persatu, itu berarti Hari Raya Idul Fitri sudah ada di depam mata. Lalu seperti apa yaa tanda-tandanya? Kita simak yang di bawah ini yuk.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Shaf Tarawih Semakin Maju

Ya, pada awal bulan puasa masjid akan dipenuhi oleh para jamaah. Bahkan sampai ke halaman masjid tersebut. Tapi saat menjelang lebaran, shaf terlihat semakin maju karna jumlah jamaahnya berkurang.

Jamaahnya Sangat Sepi
Jamaahnya Sangat Sepi [ImageSource]
Para jamaah yang tidak hadir ke masjid itu, mungkin karena mereka sedang sibuk membereskan rumah menjelang Hari Raya, jadi mereka melaksanakan tarawih di rumah saja. Atau diantara mereka, ada juga yang sedang dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.

2. Menu Sahur dan Buka Semakin Biasa Saja

Yang berikut ini juga sering sekali terjadi pada akhir bulan Ramadan. Jika biasanya di awal Ramadan, kita sahur dan berbuka dengan begitu banyak makanan, di akhir Ramadan ini menunya bisa terbilang sangat simple.

Sederhana Namun Tetap Nikmat
Sederhana Namun Tetap Nikmat [ImageSource]
Bahkan, ada beberapa diantara kita yang menunya hanya makanan instan saja. Tetapi dengan menu makanan yang seadanya ini, kamu harus tetap bersemangat untuk berpuasa yaa readers. Jangan sampai iman kita goyah, hanya karena menu sahur dan berbukanya tidak mewah.

3. Mall-mall Ramai Pengunjung

“Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya”

Lirik lagu ini begitu melekat di otak kita. Saat Hari Raya Idul Fitri kebanyakan orang akan memakai sesuatu yang baru, termasuk pakaian. Beberapa hari sebelum lebaran, mereka sudah mulai membelinya di mall atau pasar terdekat.

Banyak Pengunjung Yang Berdesak-Desakan
Banyak Pengunjung Yang Berdesak-Desakan [ImageSource]
Maka dari itu, beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, mall-mall dan pasar-pasar sangat ramai akan pengunjung. Ditambah lagi, biasanya pusat perbelanjaan itu sering mengadakan diskon besar-besaran. Siapa yang tidak tertarik jadinya kan..

4. Harga Tiket Kendaraan Semakin Mahal

Nah, yang ini juga selalu terjadi nih. Saat menjelang Hari Raya Idul Fitri begitu banyak orang yang ingin merayakannya di kampung halaman. Apalagi bagi orang yang merantau, pulang kampung bisa dibilang wajib bagi mereka.

Harganya Sangat Mengejutkan
Harganya Sangat Mengejutkan [ImageSource]
Dari sinilah, seluruh harga tiket kendaraan mudik, mulai dari bus, kereta, kapal laut sampai pesawat semuanya naik. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan harganya bisa mencapai dua kali lipat dari harga normal. Luar biasa..

5. Jalanan Macet

Mahalnya harga tiket kendaraan mudik itu, membuat beberapa diantara pemudik lebih memilih untuk naik kendaraan pribadi. Selain hemat, naik kendaraan pribadi juga sangat nyaman dan kita lebih bebas dalam waktu, karna tidak ada jam keberangkatan.

Macet Dimana-Mana
Macet Dimana-Mana [ImageSource]
Akhirnya, begitu banyak kendaraan yang bertebaran di jalanan. Mulai dari kendaraan umum dan kendaraan pribadi, semuanya memadati jalur mudik. Macetpun juga terjadi dimana-mana. Semoga saja tetap bisa berlebaran di kampung halaman nih.

6. Munculnya Iklan-iklan dengan Tema Mudik

Lebaran memang begitu identik dengan mudik. Saat menjelang lebaran, jika kita menonton televisi begitu banyak iklan yang mengangkat tema mudik. Biasanya itu adalah iklan provider kartu telepon, iklan biskuit dan iklan sirup.

Pesan yang disampaikan dari iklan-iklan itu biasanya tidak jauh-jauh dari tips kelancaran mudik, yang kemudian dilanjutkan dengan promosi produk mereka. Biasanya kita jadi suka menonton iklan, padahal saat temanya bukan tema mudik, iklan itu terasa membosankan untuk ditonton bukan.

7. Munculnya Tukang Kulit Ketupat

Suasana Hari Raya Idul Fitri tidak lengkap rasanya tanpa hadirnya ketupat dan opor ayam. Ketupat bisa dibilang menu wajib saat lebaran bagi sebagian masyarakat. Rasanya sangat gurih dan nikmat, apalagi jika menyantapnya bersama keluarga besar.

Para Pedagang Kulit Ketupat
Para Pedagang Kulit Ketupat [ImageSource]
Sebelum Hari Raya banyak sekali pedagang kulit ketupat. Kulit ketupat ini berbahan dasar dari daun kelapa yang kemudian dirangkai hingga membentuk belah ketupat. tapi ada juga pada pedagang yang menjual daun kelapa yang belum dirangkai, jadi kita bisa merangkainya sendiri.

Itulah beberapa fenomena yang terjadi saat bulan Ramadan akan berakhir, serta Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Fenomena ini begitu terkesan dan membuat kita selalu rindu akan bulan Ramadan. Selamat Hari Raya Idul Fitri buat kamu yang merayakan yaa. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. 🙂

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA