King Salman Kagumi Bali, Raja Swedia Malah Akan Lakukan Kunjungan Khusus ke Bandung. Istimewa!

Raja Swedia akan menuju Bandung menggunakan kereta api sebelum disambut oleh alunan angklung dan makan siang dengan Ridwan Kamil

oleh Faradina
14:00 PM on May 22, 2017

Senang rasanya mengetahui bahwa sekarang negara-negara asing sudah lebih melirik Indonesia. Salah satu buktinya bisa dilihat dari banyaknya kunjungan duta asing ke Indonesia pada beberapa bulan belakangan. Serta yang paling gres adalah lawatan orang nomer satu di Swedia yang saat ini tengah disorot. Sama seperti utusan negara lainnya, kedatangan sang raja juga membawa misi tak kalah penting.

Raja Swedia Carl XVI Gustav kali ini mengunjungi Indonesia dengan membawa serta sang Ratu Silvia. Mereka beserta rombongan dikabarkan akan berada di Indonesia selama beberapa hari untuk melakukan banyak agenda. Kedatangan Raja Swedia ini ternyata juga membuat banyak masyarakat penasaran. Pasalnya selain ingin membicarakan beberapa kesepakatan dengan Presiden Jokowi, Raja Carl juga dijadwalkan akan menuju kota kembang Bandung.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Raja dan Ratu Swedia tertarik pada masalah lingkungan hidup

Raja Swedia Carl XVI Gustav sebenarnya sudah tiba di Jakarta pada tanggal 21 Mei 2017. Namun kedatangan sang raja saat itu hanya disambut oleh beberapa menteri saja lantaran Presiden Jokowi sedang menghadiri undangan ke Arab Saudi. Dan sudah dijadwalkan bahwa presiden akan menemui raja di Istana Bogor pada tanggal 22 di siang hari. Setelah mengikuti upacara penyambutan kenegaraan, raja dan ratu akan menjalani sesi foto bersama yang kemudian dilanjut dengan jalan kaki di kebun sembari melihat patung tangan tuhan yang merupakan karya seniman Swedia. Tidak lupa juga orang nomer satu di Swedia itu akan melakukan penanaman pohon.

Sampai di Indonesia [image source]
Setelah itu, acara rutin veranda talk atau berbincang di beranda istana akan dilakukan empat mata antara Jokowi dan raja. Barulah kemudian mereka lanjut melakukan pertemuan bilateral yang mengikutsertakan para menteri sampai penandatanganan nota kesepahaman. Dan ternyata presiden kita juga akan memberikan anugerah Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada sang raja. Raja Swedia ini ternyata memiliki ketertarikan khusus pada masalah kehutanan serta terumbu karang di Indonesia. Oleh karena itu sang raja berharap bisa menjalin kerjasama dengan Indonesia.

Raja Swedia membawa serta puluhan pengusaha

Sama seperti raja Salman berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu, dalam lawatan ini sang raja Swedia juga membawa cukup banyak rombongan. Tidak hanya memboyong sang ratu, Raja Carl juga membawa puluhan pengusaha. Setidaknya lebih sekitar 60 pengusaha dari 35 perusahaan terkenal Swedia diboyongnya ke Indonesia. Selain itu beliau juga membawa serta Menteri Luar Negeri dan perwakilan Menteri Kesehatan.

Disambut Menristek [image source]
Ternyata pengusaha-pengusaha ternama itu ikut serta karena memang rombongan akan menghadiri sebuah pertemuan Forum Bisnis Eksekutif Indonesia-Swedia. Rupa-rupanya bukan masalah lingkungan hidup saja yang akan dibicarakan rombongan Swedia ini di Indonesia melainkan juga seputar bisnis. Dan dalam pembicaraan itu sang raja langsung membawa para pelakunya ke tanah air.

Selain Jakarta dan Bogor, Bandung juga akan menjadi tujuan sang raja

Seperti yang sebelumnya sudah dibicarakan bahwa Raja Carl tidak hanya menemui Presiden Jokowi dalam kunjungannya kali ini. Raja juga sudah memiliki jadwal berbincang dan makan siang bersama Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Menurut pernyataan dari Witjaksono Adji, Direktur Eropa II Kemenlu, kunjungan raja ke Bandung akan lebih membicarakan mengenai ristek inovasi. Sementara Duta Besar Indonesia untuk Swedia menyatakan bahwa Bandung dinilai sebagai smart city atau kota pintar oleh Swedia oleh karenanya raja ingin melihat langsung kota tersebut. Bandung juga disebut-sebut sebagai inovator daur ulang sampah untuk dijadikan bahan bakar.

Raja dan Ridwan Kamil [image source]
Sesampainya di Bandung, Raja Carl akan berkunjung ke Institut Teknologi Bandung, makan siang bersama Wali Kota, serta bertandang ke Museum Konferensi Asia-Afrika. Raja Carl memang nampaknya sangat mengagumi kota kembang itu, termasuk sang wali kota. Menurut raja, Ridwan Kamil merupakan salah satu inovator sebagai planologi, arsitek, serta insinyur. Sepertinya sang raja juga harus bersiap dibuat terpukau oleh suguhan kesenian tradisional angklung di Bandung nanti.

Raja akan menaiki kereta menuju Bandung

Raja Carl XVI Gustav sepertinya memang pantas dinobatkan sebagai kepala negara yang sederhana dan tidak neko-neko. Bayangkan saja ternyata orang nomer satu di Swedia ini memilih untuk mengunjungi Bandung dengan menggunakan kereta api. Transportasi tersebut dipilih semata-mata agar raja bisa menikmati keindahan alam Indonesia. Menurut banyak orang perjalanan kereta dari Jakarta menuju Bandung akan menjadi salah satu perjalanan terindah raja.

Kereta api [image source]
Kunjungan Raja Swedia ke Indonesia saat ini ternyata baru pertama kali dilakukan setelah 60 tahun bekerjasama. Sebelumnya memang Raja Carl pernah bertandang ke Jakarta namun bukan sebagai kepala negara melainkan ketua Pramuka. Dan dalam kedatangannya kali ini raja memang membawa serta ratu, namun ternyata ibu negara tersebut juga memiliki agenda terpisah. Ratu Silvia dijadwalkan akan menghadiri seminar tentang perlindungan wanita dan anak-anak.

Setiap kepala negara yang datang ke Indonesia sepertinya memang membawa keunikannya tersendiri. Seperti Raja Carl XVI Gustav yang kali ini mendatangi Indonesia didampingi ratu beserta menteri serta puluhan pengusaha. Uniknya lagi raja akan segera merasakan sensasi menaiki kereta api menuju Bandung di hari terakhir kunjungannya pada 24 Mei nanti sebelum disuguhkan kesenian tradisional di kota kembang. Indonesia memang memiliki cara tersendiri untuk membuat semua tamunya terkesan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA