5 Raja Kuis Indonesia yang Dulu Sering Wara-Wiri di Layar Kaca, Bagaimana Kabarnya Sekarang?

oleh Tetalogi
07:06 AM on Apr 1, 2016

Sejak akhir tahun 90an hingga awal tahun 2000an lalu, pemirsa Indonesia dihibur dengan berbagai macam acara kuis yang dulu banyak tayang di TV. Mulai dari kuis yang menguji konsentrasi, hingga ilmu pengetahuan. Hadiah yang ditawarkan juga menarik dan acaranya jelas mendidik.

Kesuksesan acara-acara kuis tersebut juga tidak lepas dari peran pembawa acaranya. Karena sering wara-wiri di layar kaca, tidak heran jika mereka akhirnya juga meraih kepopulerannya dalam dunia entertainment. Kira-kira, bagaimana ya kabar mereka sekarang?

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

1. Sonny Tulung

Pria bernama lengkap Sonny Valentino Tulung ini pertama kali dikenal masyarakat luas lewat kuis Famili 100. Sejak membawakan acara kuis tersebut, kepopulerannya terus melesat hingga ia kembali muncul di beberapa acara kuis lainnya. Selanjutnya, ia juga sempat menjadi pembawa acara beberapa acara kuis lain seperti Teka Teki TPI, Betul atau Salah, serta News Boom!

Sonny Tulung [Image Source]
Sonny Tulung [Image Source]
Sayangnya, Sonny Tulung beberapa kali sempat berurusan dengan pihak berwajib. Pada Oktober 2009, ia ditangkap atas tuduhan pengeroyokan terhadap Gamal Putra. Kemudian pada 21 April 2011, ia terlibat masalah kredit sehingga merelakan rumahnya disita bank. Namun muncul berita bahwa presenter kondang itu disebut-sebut telah berhutang dan dikejar-kejar debt collector sehingga ia merasa nama baiknya tercemar. Karena masalah ini, Sonny Tulung kemudian melaporkan media yang menulis pemberitaan tersebut dengan tuduhan pencemaran nama baik.

2. Ricky Jo

Pria bernama lengkap Bernard Ricky Johannes ini cukup populer di dunia entertainment di Indonesia. Pada tahun 1980-1990an, ia pernah tergabung dalam sebuah vokalis grup yaitu Emerald. Ia juga sempat menjadi penyiar radio sebelum akhirnya didapuk menjadi pembawa acara kuis Piramida menggantikan Roni Sianturi. Ia juga muncul sebagai pembawa acara kuis Bintang Pariwisata dan Kuis Piramida Baru.

Rikcy Jo [Image Source]
Rikcy Jo [Image Source]
Kesuksesannya sebagai pembawa acara terus menanjak. Ia juga mulai merambah dunia olahraga dengan menjadi komentator sepakbola dan pembawa acara olah raga. Ia bahkan menjagat sebagai wakil ketua Badan Futsan Nasional (BFN) – PSSI sejak Januari 2013. Namun jabatan tersebut tidak berlangsung lama, pasalnya Ricky Jo meninggal dunia karena serangan jantung pada 22 Maret 2013.

3. Tantowi Yahya

Salah seorang pembawa kuis lain yang dulu juga sering wara-wiri di TV adalah Tantowi Yahya. Kakak dari Helmy Yahya ini sudah meraih kesuksesan sejak masih muda dengan mendirikan PT Ciptadaya Prestasi yang bergerak di bidang bergerak di bidang rekaman, productions house (PH), artist management, promotion, dan event organizer (EO). Tidak hanya itu saja, Tantowi Yahya juga terkenal sebagai seorang penyanyi musik country dan pembawa acara.

Tantowi Yahya [Image Source]
Tantowi Yahya [Image Source]
Karir terbaiknya sebagai pembawa acara diraih ketika ia membawakan kuis Who Wants to be a Millionaire. Ia bahkan mendapatkan penghargaan Panasonic Awards kategori The Most Favourite Television Quiz Host pada tahun 2003, 2004, 2005, dan 2009. Tahun 2014 lalu, ia mulai terjun dan berkecimpun di dunia politik dengan maju sebagai calon legislatif DPR dapil DKI III. Ia lolos dalam pemelihan tersebut dan menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

4. Helmy Yahya

Helmy Yahya sepertinya layak disebut sebagai raja kuis yang sesungguhnya. Bagaimana tidak, ia telah banyak menghasilkan kuis-kuis lokal yang dirancangnya bersama tim. Ia juga merancang beberapa kuis adaptasi dari luar negeri yang berhasil ditayangkan di stasiun televisi Indonesia. Ia terlibat dalam pembuatan beberapa kuis seperti Serba Prima, Gita Remaja, Berpacu dalam Melodi, Siapa Dia?, Kata Demi Kata, Digital LG Prima, Siapa Berani?, dan masih banyak lagi.

Helmy Yahya [Image Source]
Helmy Yahya [Image Source]
Selain kuis, ia juga terlibat dalam pembuatan beberapa acara reality show di stasiun TV Indonesia. Adik kandung dari Helmy Yahya ini juga sempat terjun dalam dunia politik. Namun ia tidak seberuntung kakaknya dalam bidang tersebut karena 2 kali mencalonkan diri ia ternyata gagal terpilih.

5. Ferdy Hasan

Selanjutnya ada Ferdy Hasan yang dikenal sebagai presenter acara televisi di Indonesia. Awal kesuksesannya sebagai presenter datang ketika ia membawakan kuis Sigma. Sejak saat itu, tawaran untuk menjadi MC pItulun mulai berdatangan.

Ferdy Hasan [Image Source]
Ferdy Hasan [Image Source]
Beberapa acara kuis yang pernah ia bawahakan antara lain adalah Pundi-Pundi, Fotoplay, Kontak, Gladiator 1 Milyar, dan Who Wants to Be a Millionaire Hot Seat. Selain membawakan acara kuis, ia juga menjadi berbagai pemandu acara televisi seperti Selamat Pagi, Welcome to BCA, dan B4M.

Acara-acara kuis yang berkualitas dulu pernah muncul dan menghiasi layar kaca Indonesia. Dengan format acara yang menarik dan pembawa acara yang tepat, kuis-kuis tersebut pernah menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu di televisi. Tidak cuma menguji wawasan, acara tersebut juga bersifat mendidik dan hadiahnya pun menarik. Sayang sekali jika acara yang bermanfaat seperti ini harus ditiadakan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA