Rahasia Kecantikan Wanita Jaman Dahulu Ternyata Sangat Menjijikkan

oleh Centralismo
08:00 AM on Jul 26, 2015

Dari masa ke masa, wanita selalu berusaha melakukan perawatan agar dirinya tampak lebih cantik. Berbagai macam metode dan cara dilakukan untuk mendapatkan kulit halus, wajah mulus dan rambut dan menawan. Para wanita tidak segan-segan menghabiskan uang mereka untuk menunjang penampilannya sehari-hari.

Ternyata, sejak jaman dahulu wanita juga melakukan banyak hal-hal gila untuk mendapatkan kecantikan sempurna. Jika wanita masa kini rela mengeluarkan uang ratusan juta untuk kecantikan, wanita jaman dulu rela melakukan hal menjijikkan demi menjadi wanita yang dipuja. Hal menjijikkan apa saja yang menjadi rahasia kecantikan mereka?

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Lemak Babi untuk Rambut yang Menawan

Sebelum hairspray dan gel untuk rambut ditemukan, ternyata wanita jaman dahulu menggunakan lemak babi agar bentuk rambut mereka awet. Pada tahun 1800-an, rambut palsu raksasa yang menjulang adalah salah satu ciri kecantikan. Jadi para wanita berlomba-lomba mengoleskan minyak babi ke rambut palsu mereka agar tampak menjulang dan mengilap.

Lemak Babi untuk Rambut yang Menawan
Lemak Babi untuk Rambut yang Menawan [ImageSource]
Ketika itu penggunaan lemak babi menjadi trend yang dilakukan semua gadis. Namun sayangnya, cara ini memiliki sisi negatif yang lebih menjijikkan lagi. Para gadis jaman dahulu biasa memakai rambut palsu ketika tidur. Sayangnya, mereka lupa bahwa lemak babi yang dioleskan ke rambutnya itu bisa mengundang datangnya tikus. Sehingga banyak gadis yang begitu bangun mendapati rambutnya sudah dihuni oleh beberapa ekor tikus.

2. Lipstik Terbuat dari Kumbang dan Semut

Ini adalah salah satu tips kecantikan dari wanita Yunani kuno. Wanita yang termahsyur karena kecantikannya, Cleopatra, konon mengambil beberapa ekor kumbang dan semut, kemudian menghaluskan kedua binatang itu untuk membuat lipstik. Kumbang Carmine memang dikenal bisa mengeluarkan warna merah yang indah dari tubuhnya.

Lipstik yang Terbuat Dari Kumbang dan Semut
Lipstik yang Terbuat Dari Kumbang dan Semut [ImageSource]
Bayangkan saja, ternyata warna merah merona dari wanita secantik itu adalah darah dari kumbang. Cleopatra memakai ramuan ini untuk memerahkan bibirnya sehari-hari. Konon, hingga sekarang masih ada beberapa perusahaan make up di Yunani yang menggunakan kumbang yang sama untuk membuat kosmetik.

3. Kulit Halus Berkat Kotoran Buaya

Buaya adalah hewan yang banyak berjasa bagi kecantikan wanita. Kita tentu tahu bahwa sepatu, tas atau bahkan baju yang terbuat dari kulit buaya sangatlah mahal harganya dan diburu oleh para fashionista. Tapi ternyata bukan hanya kulit buaya yang bermanfaat, kotorannyapun pernah dijadikan bahan produk kecantikan.

Kulit Halus Berkat Kotoran Buaya
Kulit Halus Berkat Kotoran Buaya [ImageSource]
Para wanita dari Yunani dan Roma percaya bahwa kotoran buaya mengandung sebuah zat yang bisa membuat awet muda. Maka, para wanita Yunani dan Roma zaman dahulu menggunakan masker dari kotoran buaya. Konon, kotoran tersebut membuat kulit mereka menjadi muda, kencang dan jauh lebih halus. Anda berani coba?

4. Kotoran Kucing untuk Menghilangkan Bulu

Pada sebuah buku berjudul “Lemery’s Curiosa Arcana” dituliskan bahwa untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan dari tubuh kita, yang dibutuhkan adalah kotoran kucing. Bulu tersebut ditulis dan populer di tahun 1700-an di Eropa.

Kotoran Kucing untuk Menghilangkan Bulu
Kotoran Kucing untuk Menghilangkan Bulu [ImageSource]
Dalam buku tersebut dituliskan cara membuat ramuan penghilang bulu dengan menggunakan kotoran kucing. Pertama, kotoran kucing dikeringkan dan dijadikan bubuk kemudian dicampur dengan cuka. Kemudian lumurkan ramuan tersebut di tempat-tempat dimana bulu tumbuh. Hmmm, mungkin bulunya rontok karena terlalu bau.

5. Air Seni untuk Nafas Segar

Menjaga nafas tetap segar adalah salah satu aspek kecantikan. Para gadis tentu ingin berbicara dengan percaya diri dengan aroma mulut yang menyenangkan. Jika zaman sekarang ada mouthwash yang bisa kita beli di mini-market, lantas apakah yang digunakan orang di jaman dahulu?

Air Seni untuk Nafas Segar
Air Seni untuk Nafas Segar [ImageSource]
Wanita Romawi kuno ternyata menggunakan air urin alias air seninya sendiri untuk menyegarkan nafas. Menurut mereka, urin mengandung zat amonia yang bisa menghilangkan bakteri juga bisa memutihkan gigi. Sulit dibayangkan betapa mualnya perut jika harus berkumur dengan air urin sendiri.

Demikianlah tadi beberapa cara menjijikkan yang ditempuh para wanita dari jaman dahulu untuk memperoleh kecantikan. Konon, beberapa dari cara di atas juga masih dilakukan oleh para wanita jaman sekarang untuk mempertahankan kecantikan. Menahan jijik sedikit rasanya tidak masalah asal bisa cantik cemerlang.

Dari jaman ke jaman para wanita memang berani melakukan hal gila untuk menjadi cantik. Namun, sebagai wanita yang baik kita harusnya menerima diri kita apa adanya. Tubuh yang kita miliki mungkin tidak sempurna, tapi sudah dipilihkan Tuhan dan itulah yang terbaik untuk kita. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA