6 Rahasia Gelap di Balik Gemerlapnya Perfilman Hollywood

oleh Norman Duarte
12:00 PM on Oct 20, 2015

Di balik sebuah industri yang hingar-bingar, kehidupan bintang-bintangnya yang glamor, serta film-film fantastisnya yang mendunia, industri perfilman Amerika yang dikenal dengan sebutan Hollywood, menyimpan rahasia-rahasia kelam yang tidak banyak diketahui orang.

Baca Juga : 7 Film Ini Bisa Membuatmu Takut Untuk Menggunakan Obat Terlarang!

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Ada banyak penyelewengan dan pelanggaran yang mereka lakukan, namun semuanya tertutup oleh hingar-bingar film-film mereka yang keren.

Mau tau apa saja rahasia itu? Nih!

1. Kecurangan Pembukuan

Pembukuan keuangan studio-studio Hollywood sangat penuh dengan kecurangan, dan angka-angka yang dirubah. Sebagai contoh, salah satu film Harry Potter dinyatakan merugi oleh studio pembuatnya. Begitu juga dengan sequel Star Wars, padahal film-film tersebut meraih untung sangat besar.  Tetapi kedua film ini hanya sebuah contoh kecil dari praktik kecurangan pembukuan yang ada di Hollywood.

Pembukuan
Pembukuan [imagesource]
Banyak sekali studio-studio besar yang ‘membayar’ fee kepada perusahaan-perusahaan fiktif. Agar terlihat seperti mengeluarkan modal besar untuk produksi film-filmnya.

Tujuan semua ini? Agar studio tidak perlu membayar royalti kepada artis dan awak kru. Dan tentu saja, pajak! Legenda pencipta komik, Stan Lee, harus menuntut studio Sony lewat pengadilan agar mendapatkan hak royaltinya untuk film Spiderman.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA