in

5 Rahasia Besar Tiongkok Ini Selalu Ditutupi Agar Dunia Tidak Tahu, Kenapa?

3. Menjadi Pencuri Ikan

Tidak bisa ditampik lagi kalau kawasan lautan dunia perlahan-lahan telah dikuasai oleh Tiongkok. Negara ini memiliki banyak perusahaan pengolahan ikan yang sengaja melakukan pencurian ikan di kawasan laut negara lain. Setidaknya setiap tahun ada jutaan ton ikan dicuri dari kawasan Laut China Selatan, Laut Afrika Barat, Laut Jepang, hingga kawasan Oseania.

Kapal diledakkan [image source]
Kapal diledakkan [image source]
Mengetahui banyak kapal berbendera Tiongkok ditangkap hingga diledakkan. Pemerintah Tiongkok tidak mau menanggapi dengan serius. Mereka masih mengatakan bahwa kapal itu tak ada sangkut pautnya dengan negara. Tapi, dari beberapa kapal laut yang tertangkap, beberapa di antaranya berasal dari perusahaan milik pemerintah Tiongkok.

4. Pencemaran Lingkungan

Tiongkok adalah salah satu negara paling tercemar di dunia. Beberapa daerah di kawasan ini memiliki kualitas udara serta air yang sangat buruk. Bahkan, penduduk yang ada di daerah itu tak bisa keluar rumah tanpa masker karena bis amati sesak akibat banyaknya polusi di udara yang dibiarkan begitu saja oleh Tiongkok.

polusi udara [image source]
polusi udara [image source]
Setiap tahun, setidaknya ada 1,2 juta bayi lahir dengan kondisi cacat. Hal ini bisa terjadi karena polusi yang ada di negeri ini semakin parah. Pemerintah Tiongkok tak mau tahu urusan ini. Bahkan organisasi atau LSM yang kerap melakukan protes bisa ditangkap.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Inilah 5 Iblis Pengganggu Manusia yang Nggak Kalah Serem dari Valak di Conjuring 2

5 Fakta Sidratul Muntaha, Pohon Langit yang Tak Bisa Dikunjungi Oleh Siapa pun Bahkan Malaikat Jibril