6 Fakta Botox, Racun Paling Berbahaya di Dunia yang Sering Digunakan untuk Kosmetik

oleh Norman Duarte
11:04 AM on Oct 27, 2015

Jarang banget dari kita yang pernah mendengar kata Botulinum Toxin. Tapi pasti banyak yang sudah pernah mendengar singkatannya, yaitu Botox.

Ya, Botox banyak disuntikkan ke tubuh manusia untuk upaya mempercantik diri. Banyak sekali artis Hollywood yang melakukan suntik ini untuk membuat bagian tubuh mereka terlihat lebih kencang dan padat. Tapi tahu kah Anda apa sebenarnya Botox itu?

Baca Juga
Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh

1. Asal Muasal Botox

Botulinum Toxin adalah protein Neurotoxin. Yang berarti sejenis protein yang meracuni syaraf. Istilah toxin sendiri berarti racun yang berasal dari benda hidup. Batolinum Toxin yang disingkat Botox ini tercipta oleh sejenis bakteri yang bernama Clostridium botulinum.

Asal Muasal Botox
Asal Muasal Botox [imagesource]
Ada beberapa type Botox. Yang paling sering digunakan adalah type A dan B yang biasanya dipakai di dunia medis dan kecantikan.

2. Botox Digunakan untuk Kosmetik

Orang yang pertama kali menggunakan Botox untuk perawatan kecantikan adalah seorang dokter bedah plastik bernama Richard Clark. Ia menyuntikkan botox kepada seorang pasien yang wajahnya asimetris karena kelumpuhan syaraf. Cara ini ternyata berhasil.

Botox Digunakan untuk Kosmetik
Botox Digunakan untuk Kosmetik [imagesource]
Dokter yang lain kemudian menemukan bahwa suntik Botox dapat menghilangkan kerutan pada kulit wajah juga. Sejak saat itu, suntik Botox mulai ramai dipakai untuk membuat seseorang tampak lebih awet muda.

3. Resiko

Meskipun Botox punya banyak kegunaan medis, mereka yang melakukan suntik Botox akan mengalami berbagai resiko kesehatan karena keracunan Botox. Kondisi ini dikenal dengan istilah Botulism.

Resiko menggunakan suntik Botox
Resiko menggunakan suntik Botox [imagesource]
Keadaan ini akan membuat penderitanya terlihat seperti orang yang tidak sadarkan diri, padahal ia sadar sepenuhnya.

Penggunaan Botok bisa berujung lumpuh total
Penggunaan Botok bisa berujung lumpuh total [imagesource]
Yang paling parah, keracunan Botox akan mengakibatkan kematian. Selain juga penyakit kejiwaan, epilepsi, dan kerusakan syaraf.

4. Perang dan Terorisme

Botox teryata tidak hanya identik dengan praktik-praktik dalam dunia kecantikan. Botox ditengarai dapat digunakan sebagai senjata kimia pemusnah massal. Waduuh..

Perang dan Terorisme
Perang dan Terorisme [imagesource]
Penggunaannya pun sangat gampang karena dapat masuk melalui mata, pernapasan, kulit, dll. Sampai sekarang pembuatan Botox masih dalam kontrol ketat pemerintah.

5. Tipe yang Paling Berbahaya

Tipe Botox yang paling berbahaya adalah Tipe H. Jika makhluk hidup terkena kontak dengan bahan ini, maka akan segera mati.

Tipe yang Paling Berbahaya
Tipe yang Paling Berbahaya [imagesource]
Bayangkan bagaimana dahsyatnya racun ini. Korban yang terkena toxin ini akan lumpuh seluruh tubuhnya dan kemudian mati secara menggenaskan.

6. Formula yang Dirahasiakan

Sampai sekarang, para ilmuwan masih merahasiakan formula untuk pembuatan type H dikarenakan resiko dan daya membunuhnya. Ditakutkan jika sampai bocor, toxin ini dapat tersebar dengan sangat mudah melalui udara dan membunuh seluruh kehidupan yang ada di Bumi.

Formula yang Dirahasiakan
Formula yang Dirahasiakan [imagesource]
Merupakan sebuah kenyataan yang mengerikan bahwa orang rela menyuntikkan racun ke dalam tubuhnya sendiri demi tampil cantik tanpa kerutan. Kesehatan adalah harta manusia yang paling berharga yang kadang disepelekan. Orang lebih memilih tampil cantik ketimbang sehat. Lebih memilih obat-obatan ketimbang makanan alami. Lalu ketika semua sudah terlambat, mereka menyesal.

Hargailah apa yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Itulah satu-satunya cara untuk hidup bahagia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA