Meski Mematikan, 5 Racun Ini Ternyata Juga Bisa Membantu Manusia

oleh Tetalogi
07:00 AM on Jan 28, 2016

Mendengar kata racun saja kita sudah tahu apa yang mungkin terjadi jika kita tidak sengaja meminumnya. Yang jelas, sebisa mungkin kita akan berusaha untuk jauh-jauh dari zat seperti ini.

Meski begitu, ternyata racun juga bisa dimanfaatkan untuk kebaikan manusia, lho. Dengan pengolahan yang baik dan dosis yang benar, bisa yang sangat mematikan pun bisa dijadikan obat. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Racun Kobra India

Ular Kobra India dikenal sebagai salah satu ular paling beracun di Asia Tenggara. Bahkan ular ini adalah penyebab kematian paling banyak diantara 10 ribu kematian karena gigitan ular di India setiap tahunnya. Meski begitu, bisa ular yang mematikan ini ternyata bisa juga bermanfaat sebagai obat untuk radang sendi.

Racun kobra India [Image Source]
Racun kobra India [Image Source]
Eksperimen yang dilakukan pada tikus ternyata menunjukkan bahwa dosis kecil bisa kobra ini ternyata mampu mengurangi pembengkakan dan kaku pada sendi. Pasalnya, racun ini mampu menghambat kerusakan kolagen yang jadi penyebab kerusakan tulang rawan. Penelitian lanjutan sedang dikembangkan untuk mengetahui bagaimana hal ini bisa bekerja untuk manusia.

2. Deadly Nightshade

Apapun yang bernama deadly alias mematikan biasanya akan dijauhi. Tanaman deadly nightshade atau belladonna yang mematikan ternyata bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti asma, encok, dan epilepsi. Memakan buah dari tanaman ini bisa menyebabkan susah bicara, muntah, halusinasi, dan bahkan kematian.

Deadly Nightshade [Image Source]
Deadly Nightshade [Image Source]
Meski begitu, kemampuannya untuk menahan beberapa reflek syaraf berarti tanaman ini bisa digunakan untuk mengatur beberapa reflek tubuh jika digunakan dengan benar. beberapa diantaranya seperti memperlambat detang jantung saat proses operasi. Tamanan ini juga penting untuk operasi mata karena mampu membuat pupil membesar sehingga mempermudah operasi.

3. Keringat Katak Fire-Bellied

Ketika merasa terancam, katak ini akan mengeluarkan keringat beracun yang mengakibatkan iritasi kulit parah dan bahkan bisa berakibat fatal jika dikonsumsi. Meski begitu, keringat ini ternyata bisa menjadi obat bagi mereka yang mengalami luka serius.

Katak Fire-Bellied [Image Source]
Katak Fire-Bellied [Image Source]
Menurut Profesor Christopher Shaw, komponen racun pada katak ini bisa membantu memicu pertumbuhan pembuluh darah dan mempercepat proses penyembuhan serta meminimalisir munculnya bekas luka. Uji coba untuk manusia sedang akan dilakukan dan hak patennya sudah didaftarkan oleh China dan Amerika.

4. Ergot

Ergot adalah jamur yang menginfeksi gandum dan tumbuhan biji-bijian. Jamur ini terkenal bisa menimbulkan halusinasi, kejang, dan bahkan kematian jika termakan. “Wabah menari” di Strasbourg tahun 1518 yang menyerang lebih dari 400 orang membuat mereka terus menari disebabkan karena keracunan Ergot.

Ergot [Image Source]
Ergot [Image Source]
Meski begitu, racun ini juga digunakan dalam beberapa obat-obatan tertentu seperti Parkinson, migrain, bahkan diberikan kepada wanita yang baru melahirkan. Ergot menjadi sangat berharga karena mengandung zat kimia yang menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pendarahan.

5. Hemlock

Tanaman ini terkenal sangat beracun. Saking beracunnya binatang ini, manusia bisa tewas ketika memakan daging binatang yang sebelumnya memakan biji tanaman ini. Racun tanaman ini bekerja dengan melumpuhkan beberapa bagian tubuh dan membuatnya mati rasa.

Hemlock [Image Source]
Hemlock [Image Source]
Ilmuwan telah menemukan cara untuk memanfaatkan racun ini untuk perawatan epilepsi dan batuk parah. Racun ini juga dimanfaatkan untuk mengurasi rasa sakit saat gigi bayi tumbuh dan getaran bagi penderita Parkinson.

Dulu manusia hanya tahu bahwa racun hanya bersifat mematikan bagi manusia. Namun ternyata lewat penelitian lebih jauh, dengan pengolahan yang tepat ternyata racun tersebut bisa dimanfaatkan menjadi obat. Siapa sangka jika bahan yang berbahaya ternyata juga memiliki manfaat besar.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content