4 Alasan Ini Jadi Bukti Kenapa Qatar Begitu Disegani Padahal Hanya Negara Kecil

Negara minyak yang punya banyak pengaruh bagi dunia.

oleh Endah Boom
14:00 PM on Jul 30, 2017

Kembali ke beberapa waktu lalu, marak berita tentang Qatar yang dikucilkan oleh negara-negara tetangganya. Alasannya diketahui karena diduga negara ini mendukung aksi terorisme. Berita ini pun bikin heboh dunia, bahkan digadang-gadang bisa jadi konflik panas yang berpotensi menuju perang. Namun, seiring waktu berlalu, kabar heboh ini lenyap seolah tak pernah terjadi.

Masih soal Qatar, negara ini memang luar biasa. Luasnya mungkin tak seberapa tapi benar-benar cabe rawit. Dalam segi ekonomi misalnya, negara ini salah satu yang terbaik di dunia. Dan gara-gara itu, rakyat di sana seolah tak pernah kekurangan duit. Tentu kehebatan Qatar nggak hanya itu, masih banyak lagi hal-hal hebat tentangnya yang bikin dunia segan.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

Negara yang Kaya Raya dengan Hasil Minyak dan Gas Bumi

Sebelum Perang Dunia II, Qatar adalah salah satu negara termiskin dan terkecil. Sumber penghasilan masyarakatnya berasal dari hasil budidaya mutiara dan perikanan. Keadaan kemudian berubah drastis saat sumber minyak bumi ditemukan dan terus berkembang sampai tahun 40an. Pendapat per kapitanya pun terus meningkat dan menarik banyak ekspatriat. Para migran (kebanyakan dari Asia Selatan) kemudian mengubah banyak hal.

Qatar [Image Source]

Kini, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan hasil minyak dan gas buminya. Sementara itu, kini simpanan minyak Qatar diperkirakan sebesar 15 miliar barel (2,4 km³). Qatar (bersama Bahrain) juga merupakan negara yang masuk dalam jajaran negara dengan tingkat pajak terendah di dunia karena tidak ada pajak penghasilan. Tak heran kalau Qatar termasuk dalam daftar negara dengan indeks pembangunan manusia yang tinggi.

Qatar Jadi Basis Sejumlah Perusahaan Raksasa

Perusahaan di Qatar [Image Source]

Qatar berada di urutan ke-54 sebagai negara terbaik di dunia untuk bisnis oleh Forbes. Hal ini bukannya tanpa alasan. Qatar jadi basis sejumlah perusahaan besar. Sebut saja Qatar Airways, jaringan media Al-Jazeera, dan Qatar Investment Authority yang memiliki saham di Volkswagen, Porsche, dan masih banyak lagi. Dengan keberadaan perusahaan-perusahaan besar di Qatar, roda bisnis dunia pun sedikit banyak dipengaruhi oleh industri bisnis yang dijalankan di Qatar.

Qatar Memiliki Pengaruh yang Begitu Kuat di Jazirah Arab

Qatar [Image Source]

Negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 ini memiliki pengaruh yang cukup kuat di Jazirah Arab. Pengaruh seperti apa yang dimaksud? Jadi Qatar ini mendukung sejumlah kelompok pemberontak selama Kebangkitan Dunia Arab atau yang juga disebut sebagai Musim Semi Arab. Itu adalah masa terjadinya gelombang revolusi unjuk rasa serta protes yang terjadi di dunia Arab. Dukungan yang diberikan Qatar kala itu tak hanya dalam bentuk finansial tapi juga melalui grup media besar mereka, yaitu Jaringan Media Al Jazeera. Dengan besarnya dukungan tersebut, Qatar menunjukkan pengaruhnya yang begitu besar.

Berani Mengalokasikan Dana Besar-Besaran untuk Memperkuat Militernya

MIliter Qatar [Image Source]

Kekuatan militer Qatar pun tak bisa dipandang sebelah mata. Negara ini bisa mengalokasikan dana sampai 1,9 miliar poundsterling untuk meningkatkan kekuatan militernya. Selain itu, pada periode antara 2007 hingga 2011, terjadi peningkatan impor senjata sampai 245 persen. Sementara itu, impor senjata ke Timur Tengah meningkat sampai mencapai angka 86 persen selama periode 2012-2016. Dengan memastikan ketahanan militernya kuat dengan sokongan dana yang begitu besar, Qatar menunjukkan taringnya sendiri di mata dunia.

Negara minyak ini memang punya banyak sekali pengaruhnya di dunia. Dari aspek ekonomi, bisnis, hingga militer, Qatar memiliki campur tangan yang besar di dunia. Meski bukan negara dengan wilayah yang besar, tapi kekuatannya jelas tak bisa diremehkan begitu saja.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA