Putri Duyung Jepang Ternyata Buruk Rupa dan Seram

oleh Admin
07:46 AM on Oct 18, 2014

Selama ini kita mengenal putri duyung sebagai sosok manusia setengah ikan dengan wajah yang cantik dan tampan. Namun dalam budaya Jepang, jauh sebelum bersentuhan dengan budaya barat, mereka juga percaya manusia setengah ikan memang ada. Namun.. putri duyung versi Jepang ternyata buruk rupa dan mengerikan.

Putri-Duyung-Jepang-Ternyata-Buruk-Rupa-dan-Seram-1
Putri Duyung Jepang

Banyak sekali peradaban kuno di seluruh dunia yang percaya bahwa putri duyung benar ada. Setiap kebudayaan punya nama sendiri-sendiri, di Jepang, putri duyung dikenal dengan nama ningyo.Putri-Duyung-Jepang-Ternyata-Buruk-Rupa-dan-Seram-2

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Hingga tahun 1800, Jepang belum bersentuhan dengan dunia barat, sehingga ningyo adalah sosok yang digambarkan sebagai ikan berkepala manusia dan lebih sering digambarkan sebagai monster ketimbang makhluk baik hati.

Beberapa seniman kuno Jepang menggambarkan ningyo sebagai makhluk setengah ikan dan setengah manusia yang menakutkan serta sering berbuat jahat. Mereka digambarkan suka menganggu nelayan bahkan menculik mereka. Bahkan melihat ningyo dilaut dianggap sebagai petanda buruk.

Anehnya, ada juga rumor yang mengatakan bahwa jika seseorang menangkap ningyo dan memakannya, maka orang itu akan berumur panjang bahkan hidup abadi.

Namun waktu terus berlalu, warga Jepang kuno mulai bersentuhan dengan budaya barat. Maka lama kelamaan sosok ningyo menjadi lebih manusiawi. Sebagian ningyo digambarkan sebagai putri cantik di bawah laut. Seniman Kasho Takabatake yang lahir pada tahun 1888 dipaksa menggambar ningyo dalam versi barat namun memiliki sentuhan Jepang. Sehingga terciptalah ilustrasi ningyo yang cantik, dengan wajah ala barat dan kulit yang mulus.Putri-Duyung-Jepang-Ternyata-Buruk-Rupa-dan-Seram-3

Pada akhirnya, makin hari makin banyak seniman yang menggambarkan ningyo sebagai putri cantik dan beberapa kisah menyatakan bahwa ningyo juga bisa jatuh cinta dengan manusia. Entah benar atau tidak, ningyo atau putri duyung masih misteri, karena laut masih sangat luas dan baru sedikit yang sudah dijelajahi manusia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA