10 Puncak Gunung Paling Indah Yang Wajib Anda Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Aug 9, 2015

Kita kerap mendengar Seven Summit atau tujuh puncak paling tinggi di dunia. Puncak ini dipercaya mampu memberikan pengalaman yang tak terhingga. Meski, untuk merealisasikannya kita membutuhkan banyak hal. Pertama butuh dana besar, kedua adalah kesiapan fisik dan mental karena pendakian ini risikonya sangat besar. Sebagai ganti dari hal hebat itu, akan kami hadir sepuluh puncak gunung lain yang keindahannya akan membuat anda terpesona.

Puncak-puncak ini mungkin tak setinggi Seven Summit, namun pengalaman yang akan didapat membuatnya layak dikunjungi. Walau hanya untuk sekali seumur hidup! Monggo, inilah sepuluh puncak gunung paling indah di dunia itu!

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Col de Turini – Perancis

Col de Turini adalah sebuah puncak dari sebuah gunung di Perancis. Ketinggiannya mencapai 1.607 meter dari permukaan air laut, dan terletak di jajaran pegunungan Alpen. Col de Turini akan menyuguhkan pemandangan menakjubkan bagi anda. Terutama saat anda sudah berada di peak Col de Turini.

Col de Turini – Perancis [image source]
Col de Turini – Perancis [image source]
Begitu melongok ke bawah anda akan melihat jalanan berkelok yang penuh tantangan. Untuk itulah Col de Turini sering digunakan sebagai track olahraga bersepeda dan olahraga rally kelas dunia seperti Monte Carlo Rally. Lintasan yang penuh tikungan membuat pembalap mendapatkan pengalaman tak terkira. Jika anda berkunjung di sini, cobalah tikungan mengerikan yang akan menguras semua adrenalin.

2. Logan Pass – Amerika

Logan Pass adalah puncak tertinggi dari Going-to-the-Sun Road yang terletak di Glacier National Park, Amerika. Logan pass berada di ketinggian 2.026 meter dari permukaan laut sehingga udaranya sangat sejuk. Jika anda datang ke tempat ini saat musim panas, padang rumput hijau dan bunga liar akan memanjakan mata anda.

Logan Pass – Amerika [image source]
Logan Pass – Amerika [image source]
Tak berhenti di sana. Sebuah gunung menjulang berpuncak salju menambah keindahan Logan pass. Wisatawan yang datang ke sini biasanya menghabiskan harinya dengan mendaki, bersepeda atau sekadar memotret keindahan yang tak ada habisnya.

3. Tioga Pass – Amerika

Tioga Pass akan menghadirkan sebuah pengalaman tak ternilai bagi anda. Jika anda berada di puncak setinggi 3.031 meter, pemandangan seperti gambar di bawah ini bisa anda dapatkan. Gunung yang megah berdiri tegap, lengkap dengan lembah menghijau berdanau di tengahnya. Jika anda datang ke Tioga Pass usahakan membawa memori kamera yang kosong. Segala sudut dari Tioga Pass adalah keindahan yang patut ditangkap dengan kamera.

Tioga Pass – Amerika [image source]
Tioga Pass – Amerika [image source]
Sedikit informasi untuk anda, Tioga Pass berada di daerah Sierra Nevada pegunungan California. Tempat ini banyak dikunjungi saat musim panas karena memiliki udara yang sangat sejuk. Saat musim dingin biasanya tempat ini akan jadi lautan putih karena tertutup guguran salju yang tebal!

4. Ticlio – Peru

Ticlio adalah sebuah gunung di Peru dengan ketinggian nyaris 5.000 meter. Gunung ini selalu ditutupi oleh es saat musim dingin dan semak hijau saat musim panas. Satu hal yang membuat Ticlio menjadi menarik. Di ketinggian yang sangat fantastis, sebuah rel kereta api  masih melewatinya. Ya! Masih ada kereta yang lewat di daerah yang sangat tinggi. Bahkan mendapatkan rekor sebagai kereta yang beroperasi di daerah paling tinggi di dunia.

Ticlio – Peru [image source]
Ticlio – Peru [image source]
Ticlio menghadirkan pengalaman yang hebat bagi anda yang menyukai tantangan dan pendakian. Puncak-puncak terjal yang banyak ditutupi es bisa anda coba sebelum anda mencoba kengerian Gunung Everest. Ticlio dapat dicapai dengan kendaraan bermotor, atau bagi seorang backpaker, kereta akan berhenti di salah satu stasiun kereta di Ticlio.

5. El Pas de la Casa – Andora

El Pas de la Casa adalah sebuah resort ski yang terletak di Andora. Ketinggian dari tempat yang selalu diselimuti salju ini mencapai 2.827 meter dari permukaan air laut. Setiap tahun ada ribuan orang datang untuk menikmati keindahan hamparan salju yang tak bisa dihitung lagi. Selain itu, spot ski yang sangat banyak juga membuat banyak wisatawan rela datang jauh-jauh dari seluruh penjuru Eropa.

El pas [image source]
El Pas de la Casa [image source]
Anda yang menyukai olahraga menantang wajib datang ke salah satu puncak tinggi di Eropa ini. Anda tak perlu khawatir jika ingin meluncur dari atas puncak. Pihak resort telah menyediakan lift yang bisa mengusung anda dari bawah ke atas atau sebaliknya. Setidaknya sejak dibuka pertama tahun 1957, sebanyak 31 titik lift dibangun untuk memanjakan banyak wisatawan.

6. Tizi n’Tichka – Maroko

Tizi n’Tichka adalah sebuah puncak tinggi yang terletak di negara Maroko. Puncak ini berupa perbukitan terjal yang di tengahnya terdapat jalan darat. Sedikit informasi saja buat anda, Tizi n’Tichka adalah area yang yang menghubungkan dataran Marrakesh dan gurun Sahara yang sangat luas. Meski demikian, saat bulan November hingga Maret, tempat ini akan dilanda hujan salju yang kadang sangat deras.

Tizi n’Tichka – Maroko [image source]
Tizi n’Tichka – Maroko [image source]
Dengan ketinggian 2.260 meter dari permukaan laut, Tizi n’Tichka akan menghadirkan udara dingin begitu anda keluar kendaraan. Selain itu, jika anda berhenti di puncak, jalanan terjal akan nampak menakjubkan dengan kelokannya yang mematikan. Berhati-hatilah jika anda mulai masuk di jalanan Tizi n’Tichka karena biasanya cuaca akan berubah dengan drastis dengan cepat.

7. Sani Pass – Perbatasan Afrika Selatan dan Lesotho

Sani Pass adalah sebuah puncak di jalanan yang merupakan perbatasan antara Afrika Selatan dan Lesotho. Bagian bawah dari jalanan ini memiliki ketinggian 1.544 meter, selanjutnya jalanan akan menanjak secara signifikan hingga pada puncaknya, Sani Pass akan memiliki ketinggian mencapai 2.876 meter.

Sani Pass [image source]
Sani Pass [image source]
Jika anda ingin melewati area ini lebih baik anda berhati-hati. Disarankan menggunakan mobil dengan kemampuan yang bagus. Salah sedikit menyetir anda bisa celaka dan masuk jurang. Namun jika sampai di puncak, pemandangan indah khas pedesaan Afrika akan membuat anda terkagum-kagum. Plus, alam hijau dengan bukit yang bergelombang bisa membuat anda gatal ingin menghabiskan semua memori kamera.

8. Khardung La – India

Khardung La adalah sebuah desa yang terletak di puncak sebuah gunung dengan ketinggian 5.359 meter. Kawasan ini masuk ke dalam zona Jammu and Kashmir yang merupakan daerah konflik di India. Anda harus mengurus perizinan jika ingin memasuki kawan super dingin ini. Polisi India selalu berjaga-jaga di jalan masuk menuju tempat yang menghadirkan keindahan tak terbatas.

[image source]
Khardung La [image source]
Begitu masuk area ini, padang salju akan menyambut anda dibalut pegunungan yang sangat tinggi dan terjal. Jika anda menggunakan sepeda, anda bisa mencoba rute menuju padang savana tempat para hewan seperti sapi dan kambing makan. Saat musim dingin datang, banyak sungai-sungai di tempat ini membeku. So, bawalah air secukupnya. Jangan sampai anda bingung minum di air sungai jernih yang membeku.

9. Trollstingen – Norwegia

Trollstingen adalah bagian dari Taman Nasional Norwegia. Tempat ini terdiri jalanan yang sangat menanjak dan penuh dengan tikungan yang sangat menantang. Daerah ini hanya dibuka saat mendekati musim panas dan ditutup saat musim dingin. Tahun ini, Trollstingen dibuka pada tanggal 13 Mei dan akan di tutup mungkin sekitar bulan November.

Trollstingen – Norwegia [image source]
Trollstingen – Norwegia [image source]
Trollstingen memiliki ketinggian di atas 1.000 meter dari permukaan air laut. Pemandangan yang akan anda dapatkan adalah hamparan gunung hijau serta bunga-bunga liar yang mekar saat musim panas. Jika anda ingin merasakan sensasi tentangan dan keindahan Trollstingen, lebih baik mengendarai mobil yang kecil karena bus atau mobil panjang dilarang melintas untuk alasan keselamatan.

10. Furka Pass – Swiss

Furka Pass adalah tempat dengan jalanan berkelok yang pernah digunakan untuk syuting film James Bond berjudul Goldfinger. Furka Pass yang terletak di ketinggian 2.429 meter ini melintasi pegunungan Alpen di Swiss. Sejak digunakan tempat syuting film James Bond, puncak indah ini menjadi incaran para pelancong dari berbagai daerah di Swiss maupun Eropa.

Furka Pass – Swiss [image source]
Furka Pass – Swiss [image source]
Anda akan mendapatkan pemandangan hijau menakjubkan dengan jalanan yang seperti berlapis-lapis. Pengunungan hijau yang dibalut salju akan membuat anda betah berlama-lama memarkir kendaraan untuk sekadar mengabadikan momen. Seiring banyaknya turis yang datang ke tempat ini, pemerintah Swiss memasang plat besi pelindung sepanjang 2.100 meter. Dengan begini turis akan merasa lebih nyaman menikmati keindahan puncak Furka Pass tanpa takut terjatuh.

Well, itulah sepuluh puncak-puncak indah yang ada di dunia. Bagi anda yang menyukai petualangan, tertarikkah anda untuk mengunjunginya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA