in

5 Hewan Cantik ini Punah Gara-Gara Diburu Habis-Habisan Oleh Manusia

2. Burung Dodo

Menurut catatan para ilmuwan, burung Dodo mendiami daerah Mauritius yang berbatasan dengan Madagaskar di sebelah baratnya. Pulau ini seperti terisolasi sehingga membuat hewan endemik di sana tidak menyebar. Akibatnya ketika hewan di pulau ini diburu, maka bisa dipastikan itu adalah jumlah terakhir mereka. Pasalnya, takkan ditemui yang sejenis di tempat lain. Kondisi miris ini dialami oleh burung Dodo tadi yang diperkirakan sudah punah sejak sekitar abad 17.

Meskipun katanya daging burung Dodo sangat keras, namun hal tersebut tak menghentikannya untuk jadi hewan buruan [Image Source]
Meskipun katanya daging burung Dodo sangat keras, namun hal tersebut tak menghentikannya untuk jadi hewan buruan [Image Source]
Banyak alasan kenapa burung ini musnah tak bersisa. Pertama karena diburu habis-habisan oleh para pelaut yang singgah dan juga penduduk aslinya. Burung ini punya ciri khas unik berupa badannya yang gempal dan juga tidak bisa terbang. Burung Dodo sendiri tak bisa terbang, sehingga makin memudahkan para pemburu untuk menikmati dagingnya yang katanya terkenal keras itu.

Selain karena memang diburu, hewan ini juga terancam habitatnya. Lagi-lagi oleh para pelaut Eropa yang singgah serta penduduk sekitar. Burung ini sempat dipercaya sebagai mitos. Namun berbekal fosil dan juga catatan perjalanan para penjelajah kuno, akhirnya dipercaya jika burung ini benar-benar eksis.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Naik Angkot Itu Keren

Pernah ‘Menuju Puncak’, Inilah Kabar Terakhir AFI Angkatan Pertama