in

Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia Loh, Bukan Jawa Apalagi Bali

Pulau Bungin [image source]

Indonesia memang termasuk negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi bila dibanding negara lain. Hal itu tidak lain disebabkan oleh luasnya wilayah negara kita yang juga terdiri dari banyak sekali pulau. Malahan hampir semua pulau yang kita miliki itu dihuni oleh suku-suku tertentu, jadi wajar saja bila total jumlah penduduk Indonesia tergolong sangat banyak dan padat. Tahukah kalian bahwa ada satu fakta mencengangkan yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki satu pulau dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di dunia.

Selama ini mungkin banyak dari kita yag mengira cukuplah Jepang atau Cina saja yang padat. Tapi ternyata tempat tersebut ada di Indonesia tepatnya di Pulau Bungin, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa – Nusa Tenggara Barat.

Pulau kecil ini sudah tidak punya garis pantai

Meskipun letaknya masih mengikuti wilayah Sumbawa, namun kita perlu waktu selama kurang lebih 10 hingga 90 menit untuk sampai di Bungin dari Sumbawa. Kita bisa mencoba transportasi darat maupun laut dengan menggunakan perahu motor. Saking padatnya pulau cantik ini, kita sudah tidak lagi bisa melihat garis pantai yang telah tertutupi rumah-rumah warga. Pulau ini ternyata memiliki luas sekitar 8,5 hektar yang sudah dipenuhi oleh kurang lebih 3400 warga.

Pulau Bungin [image source]
Pantas saja bila kita lihat penampakannya dari atas, hanya ada barisan rumah-rumah saja yang bisa diamati. Menurut penuturan orang-orang yang pernah menginjakkan kaki di sini, lahan kosong Bungin hanya bisa ditemukan di sekolah dasar sebagai tempat bermain. Untuk jalanan di pulau pun di sini hanya selebar 1,25 meter. Tidak bisa dibayangkan bila jumlah penduduk di sana semakin bertambah mungkin kita sudah tidak bisa melihat jalan-jalannya lagi ya.

Written by Faradina

Leave a Reply

Mega Korupsi Terbesar yang Pernah Bikin Indonesia Malu di Mata Dunia

Inilah Desa Tulehu, Pabriknya Pemain Sepak Bola Muda dengan Bakat Emas di Ambon Manise yang Bikin Bangga Indonesia