Inilah 8 Negara dengan Jumlah Pulau Terbanyak yang Menyimpan Keajaiban Bahari

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on May 30, 2016

Negara-negara kepulauan seperti Indonesia selalu menyajikan pengalaman bahari yang memikat. Pulau-pulau kecil yang menyebar dari Sabang hingga Merauke menyimpan banyak sekali keajaiban yang tak pernah dibayangkan oleh banyak traveler. Petualangan yang unik, seru, dan menantang selalu terjadi ketika mencoba melakukan eksplorasi ke pulau-pulau tak bernama dan tak berpenghuni.

Selain Indonesia, banyak negara-negara di dunia ini yang memiliki jumlah pulau sangat banyak. Sebagian dari pulau itu masih sangat perawan hingga menunggu untuk dieksplorasi keindahan dan keajaibannya. Inilah delapan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia yang menyimpan keajaiban bahari tersebut.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Finlandia – Lebih dari 40.000 Pulau

Finlandia adalah salah satu negara di Eropa yang dikenal memiliki jumlah pulau paling banyak di dunia. Di negara yang memiliki luas wilayah terbesar nomor 65 di dunia ini memiliki setidaknya 40.000 pulau. Bahkan bila ditambah dengan pulau yang muncul akibat pengikisan tanah bisa mencapai 100.000 buah.

Finlandia [image source]
Finlandia [image source]
Pulau-pulau di kawasan Finlandia mayoritas adalah pulau karang yang terjal. Di atasnya terdapat beberapa tanaman dan jarang di tinggali. Pulau-pulau yang dekat dengan dataran utama biasanya digunakan untuk membangun semacam kastil atau bangunan-bangunan unik dengan arsitektur cukup kuno.

2. Kanada – Lebih dari 36.000 Pulau

Kanada memiliki lebih dari 36.000 pulau yang menyebar dari perbatasan dengan Amerika hingga menuju kutub utara. Jika Anda mengamati peta negara Kanada, maka akan terlihat di bagian utara negara ini tersebar banyak sekali pulau-pulau hingga berbatasan langsung dengan Greenland dan kutub utara yang sangat dingin dan beku.

Kanada [image source]
Kanada [image source]
Pulau di sekitaran Kanada memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pulau lain. Pulau di bagian utara biasanya masih sangat liar dang wilayahnya ditutupi oleh es yang cukup tebal. Agak ke selatan, pulau-pulau mulai dipenuhi dengan hutan tebal nan hijau serta dihuni oleh beberapa suku lokal. Mengunjungi Kanada tidak akan lengkap sebelum menjelalah pulau-pulaunya yang masih alami dan liar.

3.Swedia – Lebih dari 28.000 Pulau

Swedia memiliki banyak sekali pulau kecil yang menyebar di beberapa wilayah seperti Kepulauan Stockholm dan Kepulauan Smaland. Pulau di kawasan Swedia ini menyimpan banyak sekali potensi untuk dijadikan tempat wisata yang unik karena berbatasan langsung dengan Laut Baltik yang dulu kerap digunakan untuk perang dunia.

Swedia [image source]
Swedia [image source]
Pulau-pulau di Swedia biasanya ditumbuhi oleh banyak sekali pohon yang besar. Dari atas akan terlihat hamparan hijau bergerombol di lautan. Di beberapa pulau biasanya terdapat semacam rumah dan juga mercusuar untuk membantu kapal-kapal yang melintas agar tidak menabrak pulau-pulau kecil yang jumlahnya sangat banyak.

4. Indonesia – Lebih dari 17.000 Pulau

Tidak bisa kita mungkiri lagi bahwa Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang menyimpan sejuta pesona. Negeri ini menyimpan Pulau Bali dan Lombok yang menjadi tujuan utama banyak sekali turis dari berbagai negara. Keindahan budaya dan tempat wisata membuat banyak orang betah dan akhirnya selalu ingin kembali untuk bertandang.

raja ampat [image source]
raja ampat [image source]
Selain Bali dan pulau lain di sekitarnya. Indonesia juga memiliki pulau kepulauan yang sangat unik di Bumi Papua. Raja Ampat menjadi primadona lain bagi wisatawan yang ingin menikmati keajaiban bahari dengan lebih dekat dan menyatu dengan alam. Apabila dua lokasi yang telah disebutkan masih kurang, Kepulauan Derawan masih setia untuk dikunjungi.

5. Filipina – Lebih dari 7000 Pulau

Filipina memiliki setidaknya 7.000 pulau yang menyebar dari utara hingga ke selatan. Pulau-pulau yang ada di Filipina nyaris sama dengan pulau yang ada di Indonesia. Semuanya adalah pulau tropis yang menyimpan banyak sekali keunikan tersendiri. Pulau-pulau kecil di bagian utara Filipina biasanya merupakan pulau karang yang di sekelilingnya di tumbuhi semak hijau yang memikat.

Filipina [image source]
Filipina [image source]
Untuk bisa menikmati keindahan bahari dari Filipina, traveler bisa menaiki perahu dan melintasi kawasan-kawasan pulau karang. Laut yang biru, suasana tenang, serta kealamian dari wilayah kepulauan Filipina bisa membuat semua orang jadi betah dan enggan pulang dengan cepat.

6. Jepang – Lebih dari 7.000 Pulau

Jepang juga memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil dari kawasan Hokkaido hingga Okinawa yang beriklim tropis. Pulau di kawasan Jepang biasanya dimanfaatkan untuk cagar alam atau tempat tinggal penduduk yang menjaga keasliannya. Jika Anda menyukai petualangan di antara pulau-pulau kecil, maka datanglah ke kawasan Okinawa.

Nishinoshima [image source]
Nishinoshima [image source]
Jepang juga memiliki sebuah pulau yang berisi gunung berapi. Pulau ini bernama Nishinoshima yang terletak ribuan kilometer dari Tokyo. Pulau ini adalah kawasan terpencil namun masih memiliki beberapa penduduk yang tinggal. Saat situasi gunung mulai mengancam, pemerintah Jepang biasanya menjemput penduduk untuk mengungsi ke pulau-pulau terdekat.

7. Australia – Lebih dari 3.800 Pulau

Australia juga merupakan negara kepulauan yang menyimpan banyak sekali keindahan bahari. Di kawasan Queensland, tersebar sebanyak 900 pulau dan 2.900 pulau karang atau atol yang sangat Indah. Pulau-pulau dan kawasan di sekitarnya menjadi tempat berkumpulnya fauna laut yang sangat unik. Ketika datang di kawasan ini snorkeling adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Australia [image source]
Australia [image source]
Oh ya, Australia terkenal memiliki tembok karang raksasa bernama Great Barrier Reef. Pulau-pulau karang yang ada di sana menyebar di kawasan ini sejauh 2.300 kilometer. Jadi bisa dibayangkan seperti apa keindahan kawasan bahari dari Australia ini. Sudah pasti indah bin ajaib hingga membuat banyak orang yang datang enggan untuk pulang.

8. Bahama – Lebih dari 3.200 Pulau

Bahama adalah salah satu kepulauan terbaik di kawasan Amerika Tengah. Pulau di kawasan ini menyimpan banyak sekali keindahan dimulai dari pantai yang sangat indah, air yang sangat biru, serta kealamiannya yang masih sangat terjaga hingga sekarang.

Bahama [image source]
Bahama [image source]
Keindahan yang dimiliki oleh Bahama telah terkenal sejak ratusan tahun yang lalu. Buktinya, negeri ini pernah menjadi koloni dari Inggris. Apa yang dimiliki oleh Bahama membuat banyak negara di masa lalu berebut untuk menguasainya. Saat ini, Bahama adalah negara mandiri yang banyak menggantungkan hidup dari sektor pariwisata bahari.

Inilah delapan negara dengan jumlah pulau terbanyak yang menyimpan keindahan bahari. Setiap pulau, setiap laut, dan flora serta fauna di di dalamnya membuat wisatawan yang datang selalu enggan untuk pulang. Oh ya, dari delapan negara di atas mana saja yang ingin Anda kunjungi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA