Heard, Pulau Paling Terpencil di Dunia yang ‘Haram’ Dikunjungi Manusia

oleh Rizal
07:23 AM on Nov 7, 2016

Heard, dari semua pulau yang ada di dunia, mungkin nama satu itu jarang bahkan hampir tak pernah terdengar oleh kita. Memang tak mengherankan sih kenapa seperti itu karena pulau satu ini begitu asing dan sangat jauh dari peradaban manusia. Letaknya sendiri berada di dekat ujung dunia yang antah berantah.

Sebenarnya Heard adalah pulau yang sangat menawan. Letak geografisnya yang unik membuat pulau ini memiliki view yang jarang ada di mana pun. Namun, di balik kecantikan yang dimilikinya, Pulau Heard menyimpan ‘sesuatu’ yang ngeri. Makanya, kemudian muncul larangan untuk berkunjung kemari.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Masih tentang si pulau unik dan misterius itu, berikut adalah beberapa fakta Heard yang pasti belum pernah kamu dengar.

Letak Heard yang Sangat Ekstrem

Di antara pulau-pulau yang ada, mungkin heard satu-satunya yang memiliki posisi geografis paling ekstrem. Kalau kamu buka peta atau Google Map, pasti bakal dibikin geleng-geleng karena hal tersebut. Jadi, pulau satu ini terletak pas di titik yang ke mana-mana sangat jauh. Dari Australia jaraknya mencapai hampir 4 ribu kilometer dan dari Afrika sekitar 3800 kilometer.

Posisi Pulau Heard
Posisi Pulau Heard

Satu-satunya benua yang dekat dengan Heard hanyalah kutub selatan. Pulau Heard dan benua dingin ini hanya berjarak sekitar 1600 kilometer saja. Lantaran posisinya yang begitu terpencil, Heard pun dijuluki sebagai pulau paling terisolir di dunia. Kalau berbicara luas, Heard memiliki lebar wilayah sekitar 368 kilometer atau sedikit lebih kecil dari Semarang.

Dimiliki Oleh Australia

Dengan letaknya yang antah berantah ini, kita mungkin akan berpikir jika Heard tidak akan dimiliki oleh negara mana pun. Tapi, pada kenyataannya, pulau satu ini ada yang punya. Ya, pemiliknya adalah Australia. Tentu hal tersebut jadi sesuatu yang ganjil. Kenapa bisa ya Australia yang sejauh itu bisa jadi pemilik Pulau Heard? Jawabannya masih misteri sampai sekarang.

Pulau Heard dimiliki Australia [Image Source]
Pulau Heard dimiliki Australia [Image Source]
Kalau mempertimbangkan jarak, tentu yang lebih pantas memiliki pulau Heard adalah negara Afrika yang dianggap paling dekat. Namun, pada kenyataannya tidak demikian. Sebenarnya bukan sesuatu yang mengherankan sih kenapa hal ini bisa terjadi. Kalau kita berkaca pada kasus pulau Natal, kamu pasti paham. Ya, pulau satu itu sejatinya begitu dekat dengan Indonesia, namun faktanya yang jadi pemilik justru Australia.

Menyimpan ‘Monster’ Berbahaya

Meskipun letaknya begitu jauh dari peradaban, namun bukan berarti rahasia tentang Pulau Heard tak bisa diketahui. Para pakar geologi sudah berhasil menganalisa penuh pulau ini dan bahkan menyimpulkan satu hal. Ya, pulau ini sangatlah mematikan. Alasannya tak lain karena ada monster besar yang bersemayam di sana.

Puncak gunung api Mawson [Image Source]
Puncak gunung api Mawson [Image Source]
Monster ini sendiri adalah Gunung Api Mawson yang masih aktif sampai hari ini. Diketahui Mawson sendiri sering erupsi dan mengacaukan pulau Heard yang kecil. Jadi, inilah alasan utama kenapa pulau Heard sangat dilarang untuk dikunjungi. Selain karena faktor jarak tempuh yang begitu jauh.

Jadi Rumah dari Hewan-Hewan Eksotis

Pulau Heard sampai hari ini tidak dihuni oleh siapa pun. Alasannya mungkin kamu sudah tahu ya. Meskipun begitu, bukan berarti pulau antah berantah ini sepi sama sekali. Diketahui, ternyata pulau ini jadi rumah bagi beberapa hewan, mulai dari anjing laut, penguin, sampai burung-burung laut.

Dihuni oleh hewan-hewan eksotis [Image Source]
Dihuni oleh hewan-hewan eksotis [Image Source]
Untuk tanaman, hampir tidak ada yang spesial di sini. Pulau Heard hanya ditumbuhi rerumputan dan lumut saja. Tanah di sini diketahui sangat susah untuk menumbuhkan berbagai jenis tanaman karena berbagai faktor. Makanya, akan sangat susah bagi manusia untuk tinggal di tempat ini.

Cuaca Ekstrem Pulau Heard

Berbicara soal cuaca, jelas pulau satu ini cukup ekstrem. Dilihat dari posisi geografisnya, kita pasti sudah bisa menduga kalau tempat ini dingin luar biasa dan pada kenyataannya memang begitu. Diketahui, sekitar 80 persen daratan Heard tertutupi es. Bahkan di beberapa titik, esnya abadi alias takkan mudah hilang.

Cuaca ekstrem di pulau Heard [Image Source]
Cuaca ekstrem di pulau Heard [Image Source]
Tak hanya sangat dingin, di Pulau Heard juga cukup buruk hembusan anginnya. Awan-awannya pun cukup rendah sehingga makin memperburuk kondisi di sana. Meskipun cuacanya buruk dan ekstrem, tapi di satu sisi pulau Heard memiliki pemandangan luar biasa yang takkan mudah didapatkan di mana pun.

Terlepas dari semua kengerian yang ada atau soal larangan berkunjung, hal yang paling mengherankan tentang pulau ini adalah pemiliknya. Bagaimana bisa ya pulau yang letaknya antah berantah ini bisa dimiliki Australia? Tentu ini mengherankan lho apalagi kalau dilihat dari jarak keduanya yang begitu jauh. Entah, mungkin Australia lebih cepat mengklaim Pulau Heard daripada negara lain.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA