Galang, Pulau Indah di Batam yang Dikenal Sangat Angker dan Berhantu

oleh Rizal
11:10 AM on Nov 4, 2016

Tak hanya dikenal dengan sebutan surga gadget harga miring, Batam juga masyhur sebagai salah satu kawasan wisata andalan di Sumatera. Memang tak bisa disangkal kalau tempat ini dan beberapa pulau kecil di sekitarnya menawarkan eksotisme alam yang luar biasa. Namun, di sisi lain, ada satu pulau di sini yang kental dengan hal-hal horor dan menakutkan. Ya, namanya adalah Pulau Galang.

Pulau satu ini sudah sejak dulu banget dikenal sangat angker. Bahkan orang-orang sekitar pun nggak berani mampir selepas magrib karena tahu apa yang bakal mereka jumpai. Pulau Galang sendiri punya riwayat yang mengenaskan. Dulu, tempat ini dijadikan sebagai pulau singgah bagi orang-orang Vietnam yang kabur dari negaranya. Tapi, di sini mereka mengalami nasib buruk. Mulai kematian, penyakit, perkosaan dan hal-hal menyedihkan lainnya.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Kini Galang tak berpenghuni, tapi jejak-jejak mencekam para penghuninya masih sangat terasa. Dan masih soal pulau angker ini, berikut adalah fakta-fakta soal Pulau Galang yang mungkin akan membuatmu merinding.

Sejarah Pulau Galang dan Penduduk Vietnamnya

Galang sebelumnya tak pernah dihuni, hingga akhirnya orang-orang Vietnam memenuhinya di tahun 70an. Alasannya sendiri karena di negara komunis ini tengah terjadi pergolakan besar. Makanya, daripada nyawa melayang tanpa arti, beberapa orang Vietnam memutuskan untuk pergi sejauh-jauhnya hingga akhirnya bersandar di Pulau Galang ini.

Ilustrasi pengungsi Vietnam [Image Source]
Ilustrasi pengungsi Vietnam [Image Source]
Sama seperti para pengungsi lainnya, seperti Rohingya atau Suriah, butuh perjuangan berdarah-darah bagi para pengungsi Vietnam untuk sampai di Pulau Galang ini. Mereka menempati perahu kecil dan berdesak-desakan hingga satu persatu tewas karena keadaan. Berbulan-bulan terombang-ambing di Laut Cina Selatan, mereka akhirnya sampai ke Galang.

Kehidupan di Sana Sangat Miris

Meskipun berhasil selamat dari maut di negeri sendiri, tapi di Pulau Galang para pengungsi Vietnam tersebut tak lantas mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Mereka terlunta-lunta sampai akhirnya PBB membantu dengan mendirikan bangunan-bangunan.

Kehidupan warga Vietnam miris [Image Source]
Kehidupan warga Vietnam miris [Image Source]
Entah, mungkin karena depresi atau semacamnya, kehidupan di sini seperti mati. Orang-orangnya pun juga berkelakuan beringas. Sangat menakutkan tinggal di sana dan gara-gara itu juga sampai dibangun penjara khusus bagi orang-orang seperti itu. Tak hanya itu, hampir seluruh penduduk di sini mengalami sebuah wabah bernama Vietnam Rose atau semacam penyakit kelamin khusus.

Kisah Sedih si Cantik Tinh Nham Laoi

Ketika membahas Pulau Galang tentu tak lepas dari sosok bernama Tinh Nham Laoi. Wanita satu ini memang bukan siapa-siapa, namun namanya terpatri di sebuah monumen di Galang. Wanita ini bisa dikatakan sebagai bukti nyata dari kehidupan miris di pulau tersebut. Tinh Nham Laoi menurut cerita mati karena bunuh diri.

Patung kemanusiaan di Pulau Galang [Image Source]
Patung kemanusiaan di Pulau Galang [Image Source]
Penyebabnya sendiri adalah pemerkosaan hebat yang dialaminya. Sehingga untuk menutupi rasa malu wanita yang katanya cantik ini melakukan bunuh diri. Bagi yang bisa melihat hal-hal gaib, katanya Tinh Nham Laoi suka Wara-wiri di sekitar Pulau Galang. Dan Tinh Nham Laoi menurut mereka yang bisa lihat, tak suka dengan pengunjung yang macam-macam dan bertingkah aneh.

Kuburan dan Arwah-Arwah Gentayangan

Di Pulau Galang masih terdapat sisa-sisa bangunan yang diperuntukkan bagi para pengungsi Vietnam. Mulai dari sekolah, rumah, tempat ibadah, sampai penjara. Kondisinya masih bagus, tapi jangan tanya kalau soal kesan. Jujur saja, kamu mungkin takkan kuat memandangnya lama-lama.

Kompleks kuburan di Pulau Galang [Image Source]
Kompleks kuburan di Pulau Galang [Image Source]
Tak hanya bangunan-bangunan, di pulau ini juga terdapat semacam kompleks perkuburan. Jumlahnya sendiri cukup banyak hingga 500an makam. Katanya, tempat ini jadi salah satu spot paling menakutkan di Pulau Galang. Jangan kata malam hari, siang saja nuansanya sudah sangat mencekam. Di sini juga katanya sering terlihat arwah-arwah gentayangan yang tak terima dengan kematian mereka.

Jadi Wisata Misteri

Begitu menakutkannya Galang, akhirnya sepeninggal orang-orang Vietnam itu, pulau ini pun tak dihuni. Masyarakat sekitar katanya ogah karena nuansanya yang mencekam. Meskipun tidak dihuni, bukan berarti pulau ini tidak bisa dikunjungi. Setiap orang boleh mampir karena Pulau Galang sekarang dijadikan semacam tempat wisata.

Dijadikan tempat wisata [Image Source]
Dijadikan tempat wisata [Image Source]
Di sini kita bisa menikmati sisa-sisa kehidupan para pengungsi Vietnam tersebut. Mulai dari bangunan-bangunannya, sampai monumen Tinh Nham Laoi tadi. Oh iya, ada juga monumen berwujud kapal yang menggambarkan susahnya orang-orang Vietnam menuju Galang. Di satu sisi, Pulau Galang akan jadi wisata sejarah yang menarik. Namun, di sisi lain pulau ini menawarkan nuansa seram dan mencekam yang tak biasa.

Galang yang sekarang terbuka sebagai salah satu wisata andalan Batam. Di sini kita bisa menyaksikan sisa-sisa peradaban orang-orang Vietnam tersebut. Oh iya, kalau ke sini sarannya selalu berdoa dulu dan jangan macam-macam seperti selfie dan sebagainya. Takutnya, penghuni pulau ini marah dan berbuat usil seperti yang pernah dialami oleh beberapa pengunjung.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA