in

Cocos, Pulau Kecil Milik Australia yang Mayoritas Muslim dan Berpenduduk Orang Indonesia

Sejarah Orang Melayu di Pulau Cocos dan Kenapa Jadi Bagian Australia

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa bisa ada orang Melayu di pulau antah berantah ini. Ya, hal tersebut tak lain karena pengaruh peristiwa bersejarah di masa lalu. Jadi, dulu sekali sekitar tahun 1800an, seseorang asal Skotlandia bernama Alexander Hare, membawa orang-orang Melayu untuk dipekerjakan di sini. Jumlahnya cukup banyak dan rata-rata berasal dari Indonesia, mulai dari Malaka, Sumatera, Batavia, Cirebon, dan lain sebagainya.

Sejarah orang Melayu di Cocos [Image Source]
Sejarah orang Melayu di Cocos [Image Source]
Perpindahan kemudian sering terjadi di pulau ini. Ada yang keluar dan masuk. Namun, orang-orang Melayu tetap jadi mayoritas. Keadaan seperti ini bertahan beberapa lama sampai akhirnya Inggris menguasai pulau Cocos. Selang waktu kemudian, Australia ganti yang menguasai pulau ini. Namun, sebelumnya para penduduk Cocos diberi pilihan, apakah ingin merdeka, berasosiasi bebas dengan Australia, atau integrasi menyeluruh dengan si negara kanguru. Penduduk Cocos kemudian memilih yang ketiga.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

OK, OMG, dan Ekspresi-Ekspresi Lain yang Ternyata Punya Sejarah Panjang dalam Pembentukannya

Panji Galuh, Kisah Percintaan Ala Romeo dan Juliet di Era Kerajaan Nusantara Kuno