Pulau Baru Muncul Tiba-tiba Dari Dasar Laut

oleh Alfry
08:30 AM on Mar 18, 2015

Bumi, dengan segala aktivitasnya masih saja terus membangun. Hal ini dibuktikan dengan munculnya sebuah pulau baru di tengah Samudera Pasifik. Pulau ini memiliki lanskap bebatuan dan berwarna hitam. Namun sebuah gambar dari seorang turis yang nekad datang ke sana menunjukkan bahwa pulau ini memiliki kawah yang cantik, berikut penampakannya.

Pulau yang baru muncul ke permukaan laut ini berada sekitar 45 kilometer dari negara kepulauan Tonga di tengah Samudera Pasifik. Pulau yang belum diberi nama ini juga berada tidak jauh dari Kepulauan Fiji, Selandia Baru maupun Australia. Maka tak heran jika traveler dari negara-negara tersebut banyak yang penasaran ingin datang langsung ke sana.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Pulau Baru di dekat Tonga oleh GP Orbassano via BBC
Pulau Baru di dekat Tonga oleh GP Orbassano via BBC

Meski para ahli menyatakan bahwa pulau tersebut masih labil dan berbahaya untuk dikunjungi namun ada saja traveler nekad yang datang secara diam-diam. Gianpiero Orbassano contohnya, ia adalah seorang pemilik hotel di Nuku’alofa, Tonga nekad menyambangi pulau ini karena rasa penasaran yang tinggi. Ia bersama dua orang temannya menjejakkan kakinya di pulau baru dan memamerkan beberapa foto hasil jepretannya di media sosial.

Kawah cantik di pulau baru oleh GP Orbassano via Facebook
Kawah cantik di pulau baru oleh GP Orbassano via Facebook

Dilongok Travelingyuk dari BBC Travel, pulau tersebut terbentuk akibat letusan gunung berapi di dasar laut yang bernama Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha’apai. Sejak Desember 2014 gunung ini tercatat sudah meletus sebanyak lima kali. Pada letusannya yang terdahsyat membuat daratan di dasar laut terangkat dan terbentuklah pulau baru sepanjang setengah kilometer.

Pesisir pantai di pulau baru oleh GP Orbassano via BBC
Pesisir pantai di pulau baru oleh GP Orbassano via BBC

Pulau ini benar-benar masih perawan, belum ada tanda-tanda kehidupan di dalamnya. Bahkan lanskap pulau baru ini masih tandus dengan permukaan tanah yang terasa panas. Namun demikian Orbassano telah merencanakan sebuah paket wisata mengunjungi pulau tersebut dalam waktu dekat. Rencananya paket tur itu akan berangkat dari Tonga.

Traveler yang ingin traveling menuju tonga bisa menggunakan jasa maskapai Virgin Australia, Air New Zealand dan Fiji Airways. Maskapai-maskapai tersebut melayani rute dari kota-kota besar di Australia menuju Tonga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA